Ngga terasa (eh terasa dink hehe).. Khansa udah 1 bulan lebih 12 hari. Slain pup, pis, nangis, bobok.. Khansa udah senyam senyum (terutama kalo habis nen, ato pas bobok), ngliatin wajah saya (apalagi kalo pas saya ajak ngomong *senangnyaaa walopun saya tahu penglihatannya belum berfungsi secara sempurna), bersuara “ah eh” (apalagi kalo habis mandi *khansa terlihat senang kalo pas mandi), suka ngeliat ke arah cahaya, suka ngangkat kepala kalo ditengurepin ato digendong posisi berdiri (biasanya biar sendawa kalo habis nen). Oya, kalo lagi marah kakinya nendang-nendang dan tangannya ninju-ninju. Ummu bima yang saya minta bantuannya untuk melatih Khansa minum ASIP disendoki selama 2 hari ini aja agak kewalahan, tenaganya kuat banget sih dek, katanya. Na’am itulah yang bikin saya cepet kurus hehe.. disamping jadwal tidur yang ngga teratur, nggendong khansa yang udah 4,5 kilo-an, juga mengatasi tendangan dan tinjunya dikala rewel :D

Saya barusan lihat di blognya ummu nabila di sini, banyak info tentang perkembangan bayi yang saya dapatkan -jazahallahu khoiron yaa umma nabila- ^_^. Diantaranya yaitu tahapan perkembangan kemampuan bayi :

  • Usia 0-1 bulanKemampuan yang dicapai: Mulai memilah-milah dan mengenali beberapa rangsang dari luar dirinya
  • Usia 1-2 bulanKemampuan yang dicapai: Mengangkat kepala, Memberi respon terhadap suara, Berkomunikasi melalui tatapan, gerakan tubuh dan tangisan, Dapat melihat benda dengan pola hitam-putih, Dapat mengikuti dan memfokuskan pandangan pada sebuah objek.
  • Usia 2-3 bulanKemampuan yang dicapai: Mengangkat kepala dan menahannya untuk beberapa saat, Mulai tersenyum jika mendengar suara ayah atau ibu, Mulai berceloteh “ahh ” atau “ohh” dan mendekut (coing).
  • Usia 3-4 bulanKemampuan yang dicapai: Menunjukkan ekspresi dengan tertawa, Mengangkat kepala dengan stabil, Mengenali muka bau dan mulai mengenali sosok orang tuanya, Mulai tertarik memberhatikan tubuhnya sendiri.

Untuk hal-hal lainnya (misalnya mengenai mainan yang dapat merangsang perkembangan bayi)  bisa dilihat diblog ummu nabila. Selain info dari ummu nabila di atas, berikut saya copas dari sini hal-hal yang terkait dengan perkembangan bayi dari usia 1 – 3 bulan…

**********

Belajar dan Bermain: bayi 1-3 bulan

Pada usia 1-3 bulan, bayi sudah lebih menyadari dan memperhatikan lingkungan sekitarnya, dibanding saat baru dilahirkan. Pada usia ini ia sudah mampu mengenali suara dan wajah Anda, dan ia juga sudah dapat merespon senyuman Anda serta sudah dapat dilibatkan dalam permainan.

Apakah yang bayi pelajari?

Bayi akan dengan seksama memperhatikan ekspresi wajah dan mendengarkan suara anda. Dengan mendengar, ia akan belajar tentang pentingnya berbicara sebelum ia mengerti atau mengucapkan kata-kata. Di masa ini, ia juga mempelajari bahwa ia ternyata memiliki kemampuan bersara. Pastikan untuk selalu menjawab ocehannya, pasti ia akan lebih berminat mengekspresikan dirinya.

Pada usia ini,  telapak tangannya sudah terbuka (dan ia juga menyadari perkembangan ini). Ia mulai menggunakannya untuk mempelajari dunia di sekitarnya. Ia bermain dengan memasukkan tangannya ke mulut dan mencoba mengerak-gerakkan tangannya sejauh sudut pandang matanya. Dengan cara ini ia mulai belajar memperkuat koordinasi mata-tangan. Dalam posisi berbaring ia akan sangat senang memainkan tangan dan kakinya. Setelah ini ia pasti akan mulai dapat menendang dan menggenggam.

Sementara bagi Anda sendiri, Anda akan mulai mengenali kebiasaan-kebiasaan hariannya. Misalnya kapan anak terjaga dan siap untuk bermain dan belajar atau saatnya ditinggal sendirian. Pada saat  tertentu, bayi juga perlu melindungi dirinya sendiri dari stimulasi yang berlebihan dengan ’berdiam diri’ sejenak.

Apa yang harus saya lakukan?

Ingatlah bahwa bermain dalam konteks ini bukan sekedar bermain biasa. Di fase ini bermain merupakan cara mereka belajar. Jadi tunjukkan antusiasme ketika bayi menunjukkan minat untuk bermain. Manfaatkan setiap kesempatan untuk berinteraksi dengannya – jika ia sedang berminat. Jangan memberi stimulasi yang berlebihan dengan memberi terlalu banyak aktivitas dalam satu waktu, berikan juga kesempatan kepada dirinya untuk bermain sendiri.

Saat ini, bayi Anda akan senang mendengarkan musik, bunyi mainan, senandung (tak perlu malu apakah senandung Anda sumbang atau tidak, sebab ia belum meegerti) Penglihatannya juga mulai meningkat, jadi ia akan tertarik pada gambar yang berwarna terang di buku atau yang digerakkan atas pundaknya. Bila dihadapkan pada cermin, ia takkan berhenti memperhatikan dirinya.

Seiring dengan perkembangan telapak tangannya (yang sudah terbuka), berikan padanya mainan yang dapat digenggam dan berbunyi (mainan yang bila digoyang mengeluarkan bunyi/suara). Perhatikanlah bagaimana ia mencari sumber suara/bunyi dari mainannya itu. Berikan juga mainan dengan bentuk, ukuran, warna, berat dan tekstur yang berbeda-beda, untuk dipegangnya. Gantung benda-benda itu di atas boks agar ia dapat memperhatikannya. Sesekali ajak ia untuk bermain tepuk tangan, untuk membuat tangannya bergerak. Atau bermain ’mengayuh sepeda’ untuk menggerakkan kedua kakinya. Permainan tubuh ini akan membantunya mengkontrol gerakannya.

Saat bayi telah mampu mengangkat kepalanya, Anda dapat memperkenalkannya dengan permainan di bawah ini atau permainan yang dapat Anda buat sendiri:

Cium Pipi & Kening. Sambil bayi berbaring, peganglah pundak juga kepalanya dengan kedua telapak tangan, lalu angkat dengan perlahan sambil mengatakan ’Mama mau cium kamu ya’. Lakukan berulangkali ke bagian wajahnya yang lain.

’Naik Kuda’. Letakkan bayi di pangkuan, pegang ketiaknya. Kemudian duduklah diujung kursi lalu naik dan turunkan tumit Anda. Anda juga dapat membuat ritme yang berbeda-beda sehingga dapat memberikan kesenangan dan mendorong perkembangan bahasanya.

Tahapan Tumbuh-Kembang Bayi 1-3 bulan

Ada beberapa hal yang mestinya dapat mereka dikuasai pada masa sekarang. Pada akhir usia tiga bulan, kebanyakan bayi akan:

  • Senyum pada orangtuanya.
  • Senyum pada orang lain
  • Dapat menjangkau, mengambil dan memegang obyek.
  • Dapat mengangkat kepala dengan baik
  • Mulai berceloteh (babbling)
  • Memasukkan benda-benda ke mulutnya

Dalam perkembangannya, setiap bayi mengalami proses yang berbeda-beda. Ada yang lebih cepat dan ada yang lebih lambat. Bila salah satu bayi berkembang lebih lambat dari bayi seusianya itu bukan berarti ia tidak normal. Jika bayi Anda terlihat lebih lambat, jangan langsung berasumsi bahwa ia tidak normal, tapi konsultasikan hal ini dengan dokter anak Anda.

 

About these ads

About ummuyusufabdurrahman

Serius bisaa.. becanda bisa.. serius sambil becanda bisaa.. becanda sambil serius bisa.. :)) Translation : Serious yess.. joking yess.. seriously joking yess.. joking seriously yess.. halah yes yess.. :))

One response »

  1. tri wahyuni says:

    kenapa pup bayi berusia 2 bulan masih cair

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s