Alhamdulillah genduk Khansa sudah berusia 16 bulan, sudah mulai bisa berkomunikasi sehingga tangisnya pun jarang terdengar (waktu bayi sering menangis karena itu cara mereka berkomunikasi sehingga mendapat perhatian dari orangtua).

Selain sudah bisa menirukan gerakan sholat, Khansa juga sudah bisa menirukan gerakan wudhu. Bahkan pernah sesudah adzan dia langsung masuk kamar mandi untuk berwudhu mendahului mamaknya *hadeh, kudu lebih diawasi nih*

Perintah berisi permintaan ringan sudah bisa dia mengerti dan dilaksanakan, misalnya minta tolong untuk buang sampah, mengambilkan barang, meletakkan baju kotor ke ember, me-lap lantai/meja, menjemur handuk (walopun akhirnya digeletakkan karena tangannya ngga nyampe).

Perintah untuk melakukan gerakan-gerakan juga sudah bisa dilakukannya misalnya berdiri, jongkok, jinjit, naik, turun, lompat, injak-injak (kalo yang ini karena sering disuruh injak-injak punggung yang pegel xixixi), jalan mundur, renang (padahal belum pernah diajak berenang *mesakne)

Dia sudah bisa membedakan bagaimana mengaji, menulis, membaca. Kalo mengaji kedua tangannya ditaruh didepan kemudian bergumam mmmlahhh…(selanjutnya hanya khansa yg tahu), menulis maka tangannya akan membentuk gerakan seperti menulis, kemudian membaca maka dia akan mengeja mm..baa…(seterusnya juga hanya khansa yang ngerti xixi). Kalo berhitung dia paling hapal kata ua (dua). 

Khansa mulai diperkenalkan beda antara besar dan kecil. Yang menjadi perumpamaan adalah gajah dan semut. Kalo gajah besaaar (sambil tangan membentuk lingkaran besar), kalo semut keciiil (jempol dan telunjuk disatukan).

Untuk toilet training belum saya berlakukan karena *ehm* masih belum bisa terima kalo ompolnya dimana-mana (padune males). Tapi khansa sudah bisa memberitahu kalo dia eek *sambil nunjuk pantat* (walopun eeknya sudah keluar, ato pas ngomong pas keluar -_-’).

Beberapa kata sudah bisa diucapkan dan dia mengerti, walopun kadang ada yang jauh dari kata asli. Mudah-mudahan perbendaharaan katanya semakin banyak dan benar dalam pelafalan, sehingga bahasa planet semakin berkurang :D . Juga ada beberapa kata yang berbeda tapi diucapkannya sama, misalnya jerapah dan sampah = papah; abi dan umi = bah; mas, bude, orang lewat = mbah. Kata favoritnya adalah ndaak, wawah (dawah=jatuh), dan ka (buka)

Dia sering banget ngajak “ngobrol” dengan bahasanya sendiri, biasanya bernada agak marah-marah, sambil nunjuk-nunjuk dengan ekspresi yang lucu, dan kami selaku ortu yang bingung cuma bisa nanggepi “oh ya?, gitu tho?, terus gimana?” *ra nyambung yo ben, sing penting teteup dijak komunikasi :D *

Menirukan perilaku orangtua dan orang di sekitarnya itu sudah pasti. Bahkan dia sudah bisa packing sodara pemirsa! Saya juga kaget suatu saat dia menggotong barang dagangan, kemudian mengambil koran dan berlagak hendak packing. Lain waktu dia ambil penggaris kemudian berpura-pura seperti mengukur kardus mainan tersebut (biasanya saya atau zauji melakukan itu untuk mengukur volume sebagai perkiraan ongkir). Jadi ya ngga heran kalo bapaknya dokter biasanya anaknya dokter, karena mereka biasa melihat orangtuanya beraktivitas demikian sehingga menirunya. Lha kalo Khansa, apakah dia akan menjadi pengusahawati ato lainnya?wallahu a’lam. Yang penting menjadi insan yang bermanfaat dan membawa kebaikan, tanpa melanggar syariat Allah *panjang benerr*

Oya, ada satu kebiasaan buruknya yang harus dihilangkan yaitu kebiasaannya memukul dan menggrawuk (opo iki bahasa indonesiane). Sementara ini saya menanganinya dengan melakukan hukuman diam di pojok. Biasanya tempat menghukumnya di pojok kasur, ataupun di atas kursi. Dia sudah hafal dua spot tersebut, sehingga ketika kami hendak mengangkatnya ke spot tersebut sesudah memukul biasanya dia meronta. Alhamdulillah sudah mulai berkurang kebiasaan memukul ke saya dan zauji, yaa.. masih ada ketika dia jengkel ketika diisengin zauji atau digemes-gemes . Tapi kalo mukul temen (terutama yg sebaya) masih berlanjut hiks.. saya bingung gimana menghukumnya, dilarang sih udah, tapi kalo dia mukul pas di lapangan lha ta suruh diem di pojokan mana? apalagi kalo dia nangis ala stereo, bisa malu saia. Any idea untuk mengatasi yang satu ini?

Yah, begitulah perkembangan genduk yang alhamdulillah saat ini berusia kurleb 16 bulan. Mudah-mudahan semakin baik perkembangannya.

Untuk melengkapi postingan ini, berikut saya copas artikel dari sini

**********

PERKEMBANGAN BAYI  USIA 15-16 BULAN

Bagaimana aku tumbuh:

  • Aku senang manjat benda2 dan biasanya aku suka melakukannya sendirian.
  • Aku dapat memanjat tangga menggunakan tangan dan lututku.
  • Aku dapat memanjat keluar dari kursi tinggi dan kereta bayi, bahkan dari boks bayiku.
  • Aku selalu bersiap untuk bergerak. Aku dapat berlari sedikit.
  • Aku sedang belajar berjalan mundur.
  • Aku senang membawa sesuatu di masing2 tanganku.
  • Aku dapat membalikkan halaman buku, namun hanya beberapa halaman saja dalam sekali waktu.
  • Aku menunjukkan padamu betapa mandirinya aku dengan melakukan hal2 yang aku mau, bukan yang kau inginkan lho yaaa ;p

Bagaimana aku berbicara:

  • Aku mengucapkan 3 atau 4 kata yang sederhana selain “Mama” dan “Papa”.
  • Aku belajar menjalin percakapan yang sesungguhnya dengan orang lain.
  • Aku dapat mengikuti permintaan yang sederhana seperti “Berikan bolanya padaku”.
  • Aku dapat memahami petunjuk yang sederhana seperti “Tidak”, “kesini deh”, “itu lihat”
  • Aku dapat memberitahumu apa yang aku mau dengan mengatakan atau menunjukkan sesuatu padamu.
  • Aku dapat menunjukkan gambar yang kau sebut, jika benda dalam gambar tsb akrab denganku.
  • Aku biasanya tidak terlalu suka bila kau membacakan seluruh isi cerita padaku. Aku lebih senang menunjuk gambar2 dalam buku, dan memintamu untuk bercerita tentang mereka.
  • Aku mulai sering mengucapkan kata “tidak”.

Apa yang aku pelajari:

  • Aku senang merasakan bermacam2 benda yang berbeda, benda yang kasar, halus, lembut. aku tidak suka benda2 yang menempel di jariku.
  • Aku dapat melemparkan bola kecil, namun belum bisa melempar dengan lurus.
  • Aku dapat membuat goresan dengan pensil atau krayon.
  • Aku barangkali mampu membangun menara dari dua balok.

Bagaimana sikapku ketika bersama dengan orang lain:

  • Aku senang diperhatikan.
  • Aku sangat mudah untuk dibuat senang.
  • Aku dapat mengenali diriku pada bayangan kaca ataupun pada foto.
  • Aku senang menirukan gerakanmu ketika melakukan sesuatu, seperti menyapu, lap meja, atau sulak2.
  • Jika kau memberitahuku bahwa kau senang dengan apa yang aku lakukan, maka aku akan sering melakukannya.
  • Aku akan mengambilkan benda2 untukmu, namun kadang2 saja.
  • Aku selalu ingin tahu dimana kau berada.
  • Aku mungkin belum dapat memberikan sesuatu dengan baik, namun aku senang mengambilkan barang2.
  • Aku lebih senang melakukan segalanya dengan caraku. aku agak sulit diajak bekerja sama.
  • Aku cukup egois.

Apa yang bisa kulakukan untuk diriku sendiri:

  • Aku senang melakukan hal2 sendirian, namun aku belum dapat melakukannya dengan baik.
  • Aku dapat memberitahumu ketika aku ingin pipis atau buang air besar. namun aku masih terlalu muda untuk diajari menggunakan toilet.
  • Aku sudah sedikit bisa menggunakan sendok, namun aku mungkin masih akan belepotan menggunakannya.

Permainan yang aku sukai:

  • Aku senang memutar2 tombol.
  • Aku senang melempar, mendorong, dan memukul benda2.
  • Aku senang memutar roda.
  • Aku senang bermain dengan sendok2, cangkir2, dan kotak2.
  • Aku senang membawa boneka atau mainan kesayanganku kemanapun aku pergi.
  • Aku senang bermain kotak pasir.
  • Aku senang bermain bola denganmu.
  • Aku hanya bermain sebentar saja dengan setiap mainanku.
About these ads

About ummuyusufabdurrahman

Serius bisaa.. becanda bisa.. serius sambil becanda bisaa.. becanda sambil serius bisa.. :)) Translation : Serious yess.. joking yess.. seriously joking yess.. joking seriously yess.. halah yes yess.. :))

2 responses »

  1. rosa says:

    Anak ku juga begitu,hihihi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s