Yuk Masak Kambing!

Alhamdulillah Idul Adha tahun ini dapet daging kambing di lingkungan tempat ana tinggal. Lumayan banyak (kalo untuk dimakan berdua).

Sperti taun lalu, agak bingung juga ni daging kambing mau dimasak apa. Suami ana pengen dimasak gule. Berhubung belum  bisa, ana tanya ke umi. Kata umi ana kalo gule agak ribet, trus bliau mengusulkan bikin glowar aja. Caranya hampir sama kaya bikin kaldu.

Bahan :

bawang merah

bawang putih

cabe merah

jahe

kunyit

laos

daun salam

Cara memasak :

Iris tipis smua bahan kecuali daun salam. Masukin smua bersama dengan daging kambing. Tambah garam dan gula secukupnya (aku tambahin lada biar ada tambahan rasa pedas). Ana coba dan  alhamdulillah jadinya lumayan ladziiz.. seger. Kata suami ana rasanya dah kaya gule (??).

Karena daging kambingnya lumayan banyak, jadi masih ada sisa. Babak kedua ana masak oseng-oseng aka daging kambing gongso. Resepnya seperti ini..

Bahan :

bawang merah

bawang putih

cabe merah

cabe ijo

saus tiram

Cara memasak :

Iris tipis smua bahan kemudian ditumis, masukkan daging kambing, siram dengan kecap, tambahkan sedikit saus tiram, aduk supaya kecap dan saus tiram meresap pada daging, tambahkan  garam, gula, dan sedikit lada. Masukkan 50ml air, tunggu hingga agak asat dan matikan kompor. Hidangan siap dinikmati. PS : supaya daging kambing agak empuk bisa dibalut daun pepaya atau dibalur nanas terlebih dahulu.

Alhamdulillah jadinya enak  juga (kata swami lhoo) hihi.. Ana seneng deh kalo masakan ana bisa jadi, apalagi kalo bisa dimakan.. nah, kalo enak itu bonus ;p

Skarang ini masih sisa daging kambing buat babak ketiga. Insya Allah pengen ana buat gule. Tapi kemarin umi ana mberitau, ternyata bumbunya banyak juga, dan banyak yang ana belum punya di rumah seperti daun koro keling, jinten. Ya udah, kalopun Insya Allah jadi bikin gule,dengan bumbu seadanya aja. Tapi kalo ngga jadi, apapun masakannya.. smoga hasilnya bisa dinikmati suami ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s