Donat Kentang

Jumat yang lalu saya mendapat resep donat kentang dari teman SMA saya , ummu hammam. Karena bahan dan cara pembuatannya cukup sederhana, saya berminat mempraktekkannya. Hanya ada satu alat yang saya ngga punya, yaitu timbangan :D .. jadi ketika membuat penuh dengan perkiraan. Akhirnya mulai hari sabtu saya mengumpulkan bahan sperti fermipan dan susu bubuk, untuk bahan lain sperti terigu, gula, mertega, garam, saya sudah punya di rumah.

Minggu sore saya mulai membuatnya. Stelah smua bahan di campur, zauji membantu mengaduk adonan hingga kalis. Stelah dibagi-bagi menjadi bebrapa adonan kecil, didiamkan dulu slama kurang lebih 20 menit hingga adonan mengembang. Smentara menunggu adonan mengembang, saya membuat ayam kecap untuk makan malam. Ba’da magrib saya coba menggoreng adonan 3 buah diberi lubang dulu ala donat) hmm.. rasanya lumayan enak, bisa dimakanlah.. mengingat kemampuan memasak saya yang agak minim hihi..

Stelah itu saya tinggal kajian sebentar di rumah tetangga hingga jam 20.10. Saya lanjutkan menggoreng donat yang tersisa stelah makan malam. Suami membantu melubangi donat. Sayangnya percobaan donat isi sari kurma gagal, karena adonannya membuka sehingga sari kurmanya hampir smuanya keluar mengotori wajan.

Alhamdulillah hasilnya (kata zauji) enak. Saya kirimkan ke tetangga dan saya bawa ke kantor.. alhamdulillah laku alias habis dimakan smua ^^

Ini resep donat yang saya pake

Donat kentang

Bahan:
500 gr tepung terigu protein tinggi
50 gr susu bubuk
11 gr ragi instant
200 gr kentang, kukus, haluskan dan dinginkan
100 gr gula psir
75 gr mentega
½ sdt garam
4 btr kuning telur
100 ml air dingin

Cara membuatnya:

1. Dalam wadah, campur tepung terigu, gula, susu bubuk, ragi instant, aduk rata, masukkan kentang halus ,tuang telur dan air dingin, uleni hingga rata dan setengah kalis.
2. Beri mentega dan garam, uleni terus hingga kalis elastis. Istirahatkan 15 menit.
3. Bagi adonan, masing-masing 50 gr, bulatkan. Diamkan 20 50 gr, bulatkan. Diamkan 20 menit, hingga mengembang.
4. Lubangi tengahnya, menjadi bentuk donat, segera goreng sampai kuning kecoklatan.
5. Angkat, tiriskan. Taburi gula donat, atau hias dengan coklat.

Leave a Reply

