Tongseng Sapi

Kira-kira seminggu yang lalu saya mencoba bikin tongseng sapi, hasil dari mengintip resep di blog ummu shofiyyah.

Waktu itu saya bikinnya agak terlalu kental dan pedas. Setelah saya konsul dengan ummu shofiyyah, maka banyaknya santan n cabenya direvisi ^^. Jazahallahu khairan yaa umma shofiyyah, saya jadi nambah lagi daftar masakannya :)

Ini resepnya.. (saya copas dari blog ummu shofiyyah)

Bahan :

  • ¼ daging sapi
  • ¼ buah kol
  • 2 buah tomat ukuran kecil, masing-masing belah 4
  • 65 ml santan kental (ana pake 1  kotak kecil santan sun kara 65 ml)
  • 10 buah cabe rawit merah, iris-iris (atau diutuhin saja jika tidak suka pedas,atau diris sebagian ..pokoknya sesuai selera deh..yang kurang pedes juga bisa ditambahin)
  • 2 batang sere memarkan
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 cm lengkuas
  • 4 sdm kecap manis
  • 5 butir cengkeh
  • garam
  • gula secukupnya
  • bawang goreng
  • air

Bumbu halus :

  • 5 buah bawang putih
  • 10 buah bawang merah
  • 5 buah cabe merah kriting
  • 2 sdt ketumbar
  • 1 sdt merica
  • ½ sdt jinten
  • 3 cm kunyit
  • garam

Cara membuat :

  • Daging potong-potong, rebus hingga setengah empuk
  • Tumis bumbu halus, sere, daun jeruk, lengkuas dan cengkeh sampai harum
  • Tuangi rebusan daging
  • Tambahkan kecap manis dan cabe rawit dan gula
  • Rebus kembali sampai daging empuk
  • Setelah daging empuk, tambahkan santan, aduk-aduk biar tidak pecah
  • Masukkan kol dan tomat
  • Biarkan sampai mendidih kembali dan kol layu
  • Matikan api
  • Taburi bawang goreng

Dan, ini dia hasil masakan saya..

Alhamdulillah zauji suka..

3 Comments

  1. assalamu’alaikum
    hemm… ladzidz…
    tapi kok warnanya kuning ya ukh..kalo bikinan ana warnanya coklat…
    mungkin kuahnya kebanyakan ukh..ato kunyitnya kegedean..hehe
    gapapa lah beda warna… yang penting zaujuki suka ya…

    wa’alaikumussalam warohmatulloh wabarokatuh..
    hihi iya mungkin ukh, kebanyakan kunyit.. ana kemarin asal potong aja :D
    alhamdulillah, zauji suka ukh (sambil kepedesan hehe).. jazakillahu khoiron atas share ilmunya, tambahin lagi donk ukh daftar resep anti, buat referensi ana blajar masak ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s