Onde-Onde Ketawa

ayo ngguyuuu.. :D

Hehe.. namanya lucu juga, onde-onde ketawa.. mungkin karena bentuknya yang agak merekah seperti orang ketawa. Saya mendapat resep ini dari ummi (kemarin ummi datang ke rumah saya dengan membawa segepok resep, uhibbuki ummi ^^).

Kemarin saya mencoba membuatnya.. eh, ternyata ada sedikit kesalahan teknis. Bahan yang harusnya ana campurkan yaitu baking powder, malah yang saya masukkan ovalet. Padahal dua bahan itu berbeda fungsi, satunya pengembang dan satunya pelembut. Alhamdulillah hasilnya tidak jauh berbeda.. rasanya tetap sama, hanya saja agak kurang mengembang. Insya Allah lain kali buat lagi, dibungkusin, trus dijual deh :D

Onde-Onde Ketawa

Bahan :

  • 300 gr tepung terigu
  • 125 gr gula halus
  • 1 sendok teh baking powder
  • 2 butir telur (kecil)
  • 1 sdm margarin (dicairkan)
  • 1 sdm maizena
  • 100 gram wijen
  • 1 sdm vanili

Cara membuat :

  1. Campur terigu, gula halus, maizena, baking powder, dan vanili.
  2. Masukkan telur dan margarine cair sambil diaduk rata.
  3. Bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil kemudian gulingkan dalam wijen (wijen dibasahi air lebih dulu kemudian ditiriskan, agar lengket dengan adonan)
  4. Goreng dengan minyak panas (api sedang).. minyak agak banyak, agar smua terendam.

Dinikmati sebagai camilan, atau teman minum teh ^^

5 Comments

  1. Mb, maaf, tapi kalo ga salah baking powder diragukan kehalalannya loh! saya ga pake itu. kalopun mau pake, soda kue aja, sejenis tapi beda status! kita musti cermat dengan bahan2 kue, termasuk juga ovalet, harus cari yg halal…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s