Belajar Sulam Pita

Hari sabtu yang lalu ummi datang ke Jakarta dan menginap di rumah tante di daerah  Cibubur karena ada keperluan keluarga. Oleh karena ummi ngga sempat ke Cibinong,  lalu saya ikut menginap di sana bersama adik saya.

Alhamdulillan saya diberkahi ummi yang mempunyai berbagai macam ketrampilan, seperti memasak, sulam pita, menjahit, membatik. Ketrampilan itu ummi dapatkan dari kursus, membaca, dan juga belajar di rumah pintar (di kelurahan kami ada yang dinamakan rumah pintar, dimana ibu-ibu bisa share ketrampilan kepada ibu-ibu lainnya). Di rumah, ummi membuat berbagai macam handycraft dari sulam pita seperti handuk kepala, tutup gelas, dan tas.

Kemarin ummi mengajari saya cara sulam pita. Ternyata lumayan susah, mengingat karakter dasar saya yang dari dulu agak kurang menyukai kegiatan berbau-bau feminin :D. Untuk sulam pita ini juga membutuhkan ketelatenan, kesabaran, dan orang yang betah duduk diem lama, qodarullah utk hal ketiga saya tipenya seperti itu, jadi ngga perlu banyak penyesuaian ^^. Yang perlu latihan sepertinya adalah dua hal sebelumnya plus sense of art, dan padu padan warna ;p  .Alhamdulillah sudah bisa beberapa teknik sulam seperti membuat mawar, daun, batang.

Buatan saya masih belum rapi dan halus, smoga dengan smakin sering praktek maka akan menjadi lebih baik. Untuk hasil perdana saya, gambarnya ada di bawah ini (masih semrawut :D ) …


 

22 Comments

  1. assalamu’alaikum…
    salam kenal dari surabaya….sulam pita!!! untuk kategori pemula, hasil kreasi anti dah lumayan bagus. aku juga baru belajar sulam pita, tapi lum punya hasil kreasinya. tapi masih suka nyari model-modelnya di internet…..

  2. salam kenal ummi, sy mau tanya klo rumah pintar untk kursus sulam pita di surabaya apakah ada ?? klo ada bisa minta alamatnya, sy tertarik sekali soalnya sama sulam pita dan berbagai kerajinan2 yg lain

  3. asslkm, salam kenal dari saya umi putri di tenggarong. kami lg asyik nyulam pita nih, awalnya cuma nyoba aja ternyata keterusan bikin usaha hehe….berdua dgn teman kami buka usaha sulam pita di jilbab dgn harapan akan banyak wanita yg tertarik utk pake jilbab, insya allah berkah amin ya robbal alamin !!!

  4. assalamualaikum….salam kenal.saya kebetulan tinggal di semarang….klo di semarang daerah mana ada les sulam pita atau belajar ma umi bisa ngg? semoga bisa bermanfaat…..nantinya,amin……..widya

    • wa’alaikumussalam warohmatulloh..
      kalo di semarang saya kurang tahu ada tempat les dimana mba widya hehe..
      kalo saya di cibinong, yang di semarang ibu saya

      kalo emang serius mau kumpulin aja beberapa orang yang mau kursus mba, paling 2-3 hari aja waktunya, insya Allah nanti diusahain aku minta tolong ibuku utk jadi tutornya, mengenai biaya ntar mba nanya aja sama ibuku :)

      misalnya oke utk lebih lanjut bisa email ke saya di dian.24@gmail.com ya mba widya, terima kasih ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s