List Peluang Bisnis

Setelah mengalami kejenuhan bekerja di kantor seperti yang saya tulis di sini, sekarang saatnya untuk mulai menggali dan mencari peluang bisnis apa yang kira-kira bisa saya kerjakan di rumah.

Sepertinya perlu ditulis nih list peluang usaha saya, biar ngga lupa :D

Pertama..

Saya punya keinginan untuk membuat tempat les bahasa inggris untuk anak-anak karena dulu saya pernah menjadi english teacher di Fun and Creative English Center for Kids di Tanah Mas, Semarang selama kurang lebih 3 tahun (sejak tahun 2003 hingga 2005). Saya suka mengajar anak-anak . Memang sih, kadang melelahkan dan agak menguras energi karena dulu sistemnya belajar sambil bermain, tapi lebih banyak hal yang menyenangkan ^^

Tapi untuk usaha les bahasa inggris anak-anak spertinya perlu banyak waktu dan pikiran dalam mewujudkannya. Pelan-pelan, tapi masukkan saja dulu dalam daftar rencana usaha :D

Kedua..

Saya ingin membuat makanan kecil dan menjualnya. Zauji mendukung (banget) untuk niat saya ini. Zauji bersedia membantu menitipkan makanan ke kantin di kantornya, ataupun ke tempat lain yang memungkinkan. Saat ini baru terpikir untuk membuat martabak mie dan onde-onde ketawa. Bisanya baru itu siy ^^ . Tapi sepertinya bikin pancake seperti teman saya Fitri asyik juga, dia sudah menitipkan ke pantry kantor suaminya dan menerima pesanan, alhamdulillah usahanya lancar. Kapan-kapan Insya Allah nyoba bikin.

Oya, ada satu target pembuatan makanan lagi.. kata ummi bliau akan diajari bikin peyek oleh tetangga saya yang punya usaha itu -di Semarang- yang mau pindah ke Surabaya. Peyek tetangga saya itu emang terkenal enak, saya suka. Rasanya gurih dan renyah, ada peyek  teri, peyek kacang tanah, peyek kacang ijo. Insya Allah saya pengen minta diajarin ummi untuk membuatnya. Siapa tahu bisa meraih hati konsumen di Cibinong dan sekitarnya ^_*

Ketiga…

Tadi ngobrol sama teman saya bernama Mba Sri yang bertugas di koperasi kantor. Ternyata kami sama-sama pengen keluar dan ingin buka usaha di rumah. Bliau sudah merintis dengan usaha perawatan wajah dan tubuh khusus wanita di rumahnya. Sekarang dia berniat untuk kursus salon dan rias pengantin.  Mba Sri bilang kalo nanti mau usaha bareng lumayan nyambung,  mba sri ladies beauty treatment sedangkan saya menyediakan busana muslimahnya *disambung-sambungin, namanya juga usaha ;p

Kalo saya sementara ini baru merintis usaha dengan menjual jilbab secara eceran yang saya titipkan di koperasi kantor dan membelikan pesanan dari konsumen (teman kantor ataupun sodara, suami ikut andil dengan menawarkan ke teman-teman kantornya). Baru satu produk, jilbab zahrah. Sekarang sedang mencari produk lain untuk dijual seperti gamis, jilbab bahan kaos, manset.

Saya ngobrol juga dengan Bu Sri  kemungkinan untuk buka lapak di Pemda Cibinong. FYI, di jalan Pemda Cibinong tiap minggu dari pagi hingga sore ada pasar kaget yang menjual berbagai macam barang. Di situ kami bisa share tempat dan menjual barang hasil “kulakan” kami masing-masing.

Daftar selanjutnya..

Beberapa hari yang lalu saya chat sama teman SMA namanya Dewi, dan dia menawarkan saya untuk menjadi agen dari produk usahanya meliputi perlengkapan muslim, dan juga ada jas hujan fashion (belum tau gimana bentuknya). Insya Allah model usaha akan kami bahas kemudian setelah dia meluncurkan web usahanya skitar awal April. Smoga bisa menjadi salah satu peluang usaha.

Hmm.. ada lagi sih satu usaha yang ingin saya buka.. tapi spertinya perlu lebih mengasah ketrampilan, yaitu buka warung :D. Pengennya sih warung mie hotplate, soalnya kayaknya belum ada yang jual di daerah cibinong. Kalo warung mie bakso sudah banyak (banget). Jadi nanti rencana menunya mie siram saus asam manis, mi siram saus tiram, dan lain-lain. Salah satu yang menjadi dasar pengen buka warung dengan menu mie karena… saya suka mie! :D

Untuk sementara cukup itu brainstorming listnya ^^ . Belum tau mana yang akan diwujudkan. Smoga Allah membantu dan memudahkan jalan kami.





3 Comments

  1. Ummu …. subhanallah .. banyak ceritanya, aku baca minggu kmrn, aku sampe kasih commment nya panjang dan lebar, akhirnya malah tercipta satu postingan hehe. Moga ummu slalu istiqomah, dan dikabulkan segala hajatnya amiiin …

Leave a Reply

