Insya Allah Sehat dengan Bekam

Pada hari Jumat yang lalu om dan tante saya bekam di rumah saya. Berawal dari obrolan saya dan om yang saat itu sedang ngga enak badan. Saya lalu mengusulkan ke beliau, “coba bekam aja om.. tetangga saya ada yang bisa”. Ternyata om tertarik, dan kemudian zauji buatkan janjian ke teman kantornya, Mas Fajar (yang bisa membekam). Rupanya tante juga kepingin, kata bliau hasil cek kolesterol bliau tinggi, dan beberapa hari ini lehernya kaku-kaku dan merasa pusing. Akhirnya kami buatkan janji juga untuk bliau. Qodarullah istri mas Fajar -mba Sinta- juga bisa membekam.

Sebelumnya saya sudah wanti-wanti sama om dan tante untuk ngga makan paling engga 2 jam sebelumnya (sesuai pesan yang membekam). Tapi setelah sampai di rumah saya, tante ngga tahan untuk makan pecak mangut dan sayur bayam yang sudah saya sediakan untuk makan siang :D Kata bliau “ini ngga tiap hari ada”, dan juga berdalih kalo makannya ngga sampe kenyang kok hihi.. *padahal saya liat setelah nggado/ njambal sayur bayam, bliau ambil nasi dan makan pecak mangut. Alhamdulillah yang datang gantian karena putra mas fajar sedang tidur, jadi mba Sinta diantar ke rumah setelah om saya selesai bekam sehingga ada jeda waktu lumayan lama.

Alhamdulillah setelah bekam, baik om dan tante saya ada perubahan. Bi idznillah kaku leher tante saya hilang, dan om langsung tidur dengan nyenyak (padahal bliau tu jarang tidur siang, dan cenderung insomnia).

Hmm… mengapa bekam?

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

“Sesungguhnya sebaik-baik apa yang kalian lakukan untuk mengobati penyakit adalah dengan melakukan bekam” (HR Abu Dawud no. 3857 dan Ibnu Majah no. 3476, Al-Hakim IV/410, Ahmad II/342 dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, lihat Shahiih Ibni Majah II/259 no 2800 dan Silsilah Al-Ahaadiits Ash-Shahiihah no. 760)

Kapan waktu yang baik untuk bekam?

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Barangsiapa yang ingin berbekam, hendaklah ia berbekam pada tanggal 17,19,21 (bulan Hijriyyah), maka akan menyembuhkan setiap penyakit” (HR. Abu Dawud no. 3861 Al-Hakim, Al-Baihaqi IX/340 Dari Abu hurairah Radhiyallahu ‘anhu. Lihat Silsilah Al-Ahaadiits Ash-Shahiihah no 622)

Hari yang paling baik untuk berbekam adalah pada hari Senin, Selasa dan Kamis. Sebaliknya hindari berbekam pada hari Rabu, Jum’at, Sabtu dan Ahad (HR Ibnu Majah no. 3487, Shahiih Ibn Majah II/261, Silsilah Al-Ahaadiits Ash-Shahiihah no. 766)

Selebihnya bisa dibaca di sini.


Bagaimana cara bekam?

Naah, ini agak panjang :D  … silakan dibaca aja di sini ya..

Slain bekam, pengobatan yang diajarkan Rasulullah -sholallahu alaihi wasallam- yang lain adalah :

1. Pengobatan dengan madu

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman tentang madu yg keluar dari perut lebah:

يَخْرُجُ مِنْ بُطُوْنِهَا شَرَابٌ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيْهِ شِفَاءٌ لِلنَّاسِ

“Dari perut lebah itu keluar minuman yg bermacam-macam warna di dlm terdapat obat yg menyembuhkan bagi manusia.”


2. Pengobatan dgn habbah sauda`


Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ هَذِهِ الْحَبَّةَ السَّوْدَاءَ شِفَاءٌ مِنْ كُلِّ دَاءٍ إِلاَّ مِنَ السَّامِ. قُلْتُ: وَمَا السَّامُ؟ قَالَ: الْمَوْتُ

“Sesungguh habbah sauda` ini merupakan obat dari semua penyakit kecuali dari penyakit as-samu”. Aku bertanya: “Apakah as-samu itu?” Beliau menjawab: “Kematian.”

Untuk lebih lengkapnya tentang thibbun nabawi bisa dibaca di sini..

Insya Allah sehat dengan tuntunan Rasulullah -sholallahu alaihi wasallam-





1 Comment

  1. beberapa waktu lalu ada seminar sehat ala rasul, intinya menyebutkan hal2 di atas. bahkan membahas ttg imunisasi yg macem2 yg tidak perlu, karena dikhawatirkan tercampur dg bahan2 yg haram, spt issue2 yg rame waktu lalu yg imunisasi flu ada mengandung babi.
    Nah hal itu yg masih aku pertanyakan, karena agenda imunisasi bayi kan banyak, dan skrg sedang menanti kelahiran bayi.
    Intinya di seminar itu disebutkan, madu, habbatussauda, dan kurma adalah obat utk segala hal.

Leave a Reply

