Sambal Tempe-New Version

Beberapa waktu lalu saya di-tag temen SMA saya –Ayoejati Handari- di FB tentang resep sambal tempe olahan ARTnya (mba Naniek). Kata dia resep ini pernah diikutkan di kompetisi resep masakan rumahan yg diadakan Indosiar yang dipandu oleh ibu siska suwitomo sekitar tahun 95-an dan terpilih menjadi resep yang dipraktekkan di acara masak-memasak di stasiun TV swasta itu.

Pembuatannya agak lain dari sambel tempe yang biasanya saya buat, dimana tempe digoreng/dibakar dan sambal dibuat tersendiri, baru setelah itu dipenyet di atas sambal. Resep sambal tempe yang satu ini yaitu tempe bersama bahan lain direbus lebih dulu, baru ditumis dengan bumbu-bumbu lain. Oleh karena penasaran, kemarin saya mencoba membuat sambal tempe-new version itu untuk sarapan. Hasilnya.. enyak! Walopun ada satu bumbu yang kurang saya tambahkan, yaitu kencur.

Ini dia resepnya (saya copas dari tulisan temen)

SAMBAL TEMPE TUMIS SO **** SO YUMMY (nama resep dari temen saya ^^)

  • Tempe 1 papan (kalo di tukang sayur yg harganya 2ribuan), dipotong-potong besar
  • 10 cabe merah
  • 2 siung kecil bawang putih
  • 1 ruas kencur

Bahan-bahan tersebut direbus sampai mendidih dan layu, kemudian dihaluskan bersama 2 lembar daun jeruk, garam, gula jawa, dan sedikit terasi.

Setelah halus, keluarkan dari cobek dan ditumis dgn sedikit minyak goreng, dan 1lembar daun salam…

Ini dia hasil masakan saya  (dari jauh kok mirip nasi goreng yak :D  )

sambal tempe yummi

Silakan di coba.. ^^

Leave a Reply

