Tidak Cukup Hanya “Jazakalloh”

Sering sekali dalam pergaulan sehari-hari ataupun dalam penulisan artikel, comment, sms atau lainnya ketika ingin mengucapkan terimakasih hanya dengan ucapan jazakalloh, tidak diucapkan secara lengkap yaitu dengan jazakalloh khoiron. Padahal bila kita hendak mengikuti tuntunan Rasulullah -sholallahu ‘alaihi wasallam- ada satu hadits yang dapat kita jadikan rujukan untuk mengucapkannya secara utuh :

Hadits Usamah bin Zaid radliallohu anhu bahwa Rasululloh Shallallohu alaihi wasallam bersabda:

من صُنِعَ إليه مَعْرُوفٌ فقال لِفَاعِلِهِ جَزَاكَ الله خَيْرًا فَقَدْ أَبْلَغَ في الثَّنَاءِ

“Barangsiapa yang diberikan satu perbuatan kebaikan kepadanya lalu dia membalasnya dengan mengatakan : jazaakallahu khaer (semoga Allah membalasmu dengan kebaikan), maka sungguh hal itu telah mencukupi dalam menyatakan rasa syukurnya.”

(HR.At-Tirmidzi (2035), An-Nasaai dalam Al-kubra (6/53), Al-Maqdisi dalam Al-mukhtarah: 4/1321, Ibnu Hibban: 3413, Al-Bazzar dalam musnadnya:7/54. Hadits ini dishahihkan Al-Albani dalam shahih Tirmidzi)

Baru saja saya browsing, dan menemukan satu hal yang menjadi penguat bahwa sebaiknya kita mengucapkannya secara lengkap yaitu di web sini . Tertulis di web belajar bahasa arab tersebut bahwa ucapan “jazakalloh” saja tidaklah cukup sebagai ucapan atas balasan kebaikan orang lain pada kita.

Hal ini disebabkan jazakallahu khoiron artinya adalah semoga Allah membalasmu dengan kebaikan, dan apabila kita hanya mengucapkannya sepotong yaitu “jazakalloh” saja, maka ini adalah kurang tepat karena maksud dari jazakallah di atas adalah apa? Semoga Allah membalas dengan kebaikan atau dengan keburukan? Maka menyebutkan kalimat yang Rasulullah ajarkan adalah lebih baik, “jazakallahu khairan, jazahullahu khairan, jazakumullahu khairan dst…. sesuai konteksnya.”

Untuk lebih lengkapnya dapat dibaca di artikel yang saya link di atas, dan harap dibaca juga comments atau pembahasan di bawahnya karena ada beberapa hal yang dapat diambil manfaatnya.

Wallahu a’lam.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s