Fidyah atau Mengqodho puasa yaa..??

Hmm.. tadinya sempet bingung juga mengenai hal ini, apakah membayar fidyah ataukah mengqodho puasa untuk membayar puasa ramadhan saya yang bolong. Sebagai bumil, di bulan Ramadhan ini saya sudah bolong satu hari. Kemudian saya browsing untuk mencari syari’at yang mengatur hal ini.

Ketika sedang mencari-cari, saya menemukan dua artikel yang berbeda pada kesimpulannya.

Saya liat artikel di sini , pada kesimpulannya bahwa pembayaran puasa bagi bumil dan ibu menyusui adalah dengan mengqadha puasanya.

Sedangkan yang saya lihat artikel di sini, dinyatakan bahwa pembayaran puasanya adalah dengan membayar fidyah.

Akhirnya saya konsultasikan ke ummu rofiff mengenai hal ini, dan ummu rofiif memberikan solusi dengan memberikan satu artikel di  sini dimana di dalamnya diulas lebih jelas mengenai tiga perbedaan pendapat dari para ulama disertai dasarnya masing-masing. Pada artikel yang terakhir ini, penulis melihat bahwa yang rojih adalah pendapat yang menyatakan bahwa untuk ibu hamil dan menyusui pembayaran puasanya adalah dengan membayar fidyah Karena pendapat ini adalah pendapat yang ditegaskan oleh dua shahabat terkemuka, yaitu ‘Abdullah bin ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma dan ‘Abdullah bin ‘Umar bin Al-Khaththab radhiyallahu ‘anhuma. Wallahu a’lam. Jazahallahu khairan ummu rofiif atas pencerahannya.

Oya, sedangkan untuk ukuran fidyah adalah ½ sha’ makanan pokok = 1,5 Kg dan diberikan kepada satu orang miskin per hari (yang digantikan) . Untuk kriteria orang miskin adalah apabila yang bersangkutan tidak bisa mencukupi kebutuhan pokoknya. Tentunya orang miskin yang muslim dan taat dengan agamanya. Selengkapnya bisa dilihat di sini

2 Comments

Leave a Reply

