Pusing Saat Hamil

Sekarang usia kehamilan saya sudah minggu ke 18 (jalan ke 19, Insya Allah). Sperti yang saya ceritakan di postingan yang lalu-lalu,  seringkali saya rasakan pusing.. kadang pusing ringan, kadang lumayan berat ampe migrain n muntah-muntah. Hari ini browsing di internet tentang kehamilan 18 minggu dan saya temukan di sini beberapa hal berikut yang menjelaskan penyebab pusingnya saya.

Berikut saya copas dari artikel tersebut :

Saat hamil, Ibu pasti merasakan sakit kepala karena kadar gula dalam darah yang tidak stabil. Coba deh, makan sedikit tapi sering supaya perut tetap terisi. Hubungi tim ahli kami bila Ibu masih butuh informasi.

Selama hamil, jantung Ibu akan bekerja 40 sampai 50 kali lebih keras dari sebelum hamil. Dan besar kandungan yang makin menekan saluran darah, biasanya akan membuat Ibu pusing.

Cobalah beristirahat dan jangan terlalu cepat bangun dari tempat tidur. Makan camilan sehat seperti makanan dari gandum, buah atau sayur, agar gula darah tetap stabil.

Kalo tentang keadaan bayi dalam rahim, kurang lebih dalam waktu kehamilan 18 minggu sperti ini :

Wah, bayi Ibu kini panjangnya sudah 18 cm. Lucunya, ia kini sudah mengembangkan kebiasaan tidur. Gerakannya pun makin sering Ibu rasakan. Serangkaian sidik jari yang unik mulai terbentuk pada jari tangan dan kakinya. Bila ia laki-laki, jenis kelaminnya sudah bisa dibedakan dan terlihat pada hasil USG.

Gerakan pertama bayi antara minggu ke-16 sampai minggu ke-20 akan Ibu rasakan begitu lembut karena bayi Ibu masih sangat kecil. Gerakan lembut ini kadang terasa seperti dalam perut ada kupu-kupu.

Ow, makanya saya belum begitu merasakan “tendangannya” hehe.. cuma memang kadang rasanya nyut gitu (itu karena gerakan bayi, kontraksi, ato laper ya? hihi)



Leave a Reply

