Tahu Gimbal Semarang

Saya termasuk orang yang suuukaa makan, salah satu makanan kesukaan saya yang khas kota Semarang yaitu tahu gimbal. Kalo di Semarang, biasanya banyak berjajar di daerah Jalan Pahlawan.. tapi yang jadi langganan saya dan biasanya paling rame yaitu tahu gimbal Pak Edy. Rasanya pas, manteb, enak lah. Kalo bentuk makanannya sendiri hampir sejenis ma gado-gado, pakenya bumbu kacang. Hanya saja sayurannya ngga selengkap gado-gado, hanya kol dan seledri, ada tambahan tahu goreng yang dipotong dadu, dan yang jadi ciri khasnya yaitu gimbal udangnya.

Dulu waktu zauji pergi dinas, saya pernah dimasakin ummi tahu gimbal.. rasanya enaakk.. Akhirnya beberapa waktu yang lalu saya coba bikin sendiri, dan hasilnya.. alhamdulillah mirip bikinan ummi hihi.. *nyama-nyamain sendiri

Ini dia resepnya… afwan untuk takaran bahan dan bumbu saya asal banget (feeling_mode :on), jadi coba dikira-kira sendiri yaa :D

Bahan :

  • Udang
  • Tepung bumbu
  • Tahu putih, potong dadu
  • Kol, potong tipis
  • Seledri, cincang

Bumbu :

  • Bawang putih
  • Kacang tanah, goreng
  • Kecap
  • Garam
  • Gula jawa
  • Cabe merah
  • air asam jawa

Cara membuat :

  1. Goreng tahu yang sudah dipotong dadu
  2. Masukkan udang dalam tepung bumbu (bisa ditambahi ulegan bawang putih), goreng — tepung bumbu agak tebel ya
  3. Uleg bawang putih dan cabe merah, masukkan kacang yang sudah diuleg, tambahkan garam, gula jawa, dan asam jawa. Masukkan air secukupnya hingga agak encer, tambahkan kecap, aduk.

Penyajian :

  1. Masukkan tahu, gimbal udang, irisan kol, ke dalam piring saji
  2. Tambahkan saus kacang yang sudah jadi
  3. Taburi sledri di atasnya
  4. Tahu gimbal semarangan siap dinikmati ^^

Nah, ini gambarnya buatan saya.. yang sudah terlanjur dimakan hihi.. acak-acakan bin amburadul

tahu gimbal acak-acakan

Nah, kalo sbelum dimakan.. sperti ini hasilnya (ini tahu gimbal buatan ummi, tapi punya saya mirip ini lho sbelum diadul-adul hehe). Kalo punya ummi ditambahkan telor mata sapi nyam nyam.. tambah enyaakk :)

tahu gimbal plus saus kacang bikinan ummi

1 Comment

Leave a Reply

