Sinau Basa Arab

Beberapa minggu belakangan ini zauji intensif mengikuti kajian bahasa arab khusus ikhwan yang ada diadakan seminggu sekali oleh ikhwah salafy di komplek kami. Ilmunya belum ditransfer sepenuhnya ke saya, tapi sedikit demi sedikit kadangkala kami main tebak-tebakan arti bahasa arab.

Misalnya saja beberapa waktu lalu sambil jalan-jalan sore, zauji menghapalkan kata ganti orang. Saya memberi soal dalam bahasa Indonesia dan zauji yang menjawab dalam bahasa arab. Yaa.. masih yang mudah sperti, anta, anti, antum, antuna, huwa, hiya.

Kemudian waktu saya setrika malem-malem, zauji mengambil buku pelajaran bahasa arab tingkat dasar karya al ustadz muhammad asasuddin yang sudah lama saya beli, dan mulai membaca sambil mengartikannya satu per satu. FYI, ini buku pelajaran bahasa arab untuk anak-anak hehe.. Alhamdulillah, dapet beberapa kosakata yang simple. Misalnya :

  • Baabun : pintu
  • Miftaahun : kunci
  • Diilun Diikun : ayam
  • Hishoonun : kuda, etc..

Masih sederhana banget yaa hehe.. biar aja deh, sing penting sinau sik :D.

Eh, pas lagi tebak-tebakan itu zauji kan bacanya rebahan di karpet sambil nemenin saya setrika.. lama-lama kok suaranya mbleret, gak berapa lama saya tengok ternyata udah pules -_-‘. Ya wes, akhirnya selesai setrika baru saya bangunin sambil bilang “mas, miftaahun baabun”, maksudnya “kunci pintu”.. zauji langsung melek sambil ngomong “halah, ngawur” hihi.. maklum.. kan belum tau cara ngubahnya jadi kata kerja.

Hari minggu kemarin zauji membawa buku yang menjadi panduan belajar bahasa arab di komplek kami. Nama bukunya Al Muyassar Fii Ilmi An-Nahwi karya Al Ustadz Aceng Zakaria bin Ahmad Kurhi terbitan Ibnu Azka Press. Kalau kata muallimnya buku ini lebih mudah mempelajarinya. Tadinya mau fotocopy buku temennya karena tanya di toko buku sini ngga ada yang jual. Saya bilang, coba cari dulu di internet. Alhamdulillah dapet di gema-ilmu.com. Harganya untuk yang Jilid Pertama 16ribu dan yang Jilid Dua 20ribu.

Ini dia penampakan bukunya,

muyassar jilid 1
muyassar jilid 2

Ayo zauji, belajar yang semangat yaa.. jangan lupa istrimu ini ditransfer ilmunya ^^

4 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s