Masih Menunggu…

Na’am… masih menunggu kelahiran si kecil. Keluarga dari Semarang juga masih mendampingi saya hampir seminggu ini.

Perkiraan dokter yang Insya Allah akan ada mules spontan dari waktu kontrol sabtu yang lalu belum terjadi. Padahal saya sudah berusaha tiap hari jalan-jalan ditemani zauji, dan kadang bersama abi serta dua krucil kakak saya (salma dan mila). Biasanya kalo jalan pagi skalian belanja sayur di dekat gerbang komplek (sekarang lumayan rajin belanja soalnya hampir tiap hari ummi masak, saya mah kerjaan yang ringan-ringan aja.. bikin minuman anget, roti bakar, atau masak nasi hehe.. alhamdulillah dibantuin ma kakak juga untuk melakukan pekerjaan rumah).

Hari kamis yang lalu waktu libur, kami sekluarga melakukan kegiatan olahraga bersama di kantor zauji. Adik saya yang lagi libur dari kerja juga ikut nggabung. Zauji menawarkan abi untuk main tenis di kantornya yang qodarullah waktu itu kosong ngga ada yang main. Jadilah kami bersama-sama berangkat dengan membawa bekal buras, gorengan, minum, nasi uduk dan nasi kuning bungkus (berasa piknik hihi..). Sementara zauji dan abi tenis, saya ditemani ummi jalan-jalan di sekitar kantor. Stelah itu yang main tennis gantian, ummi, adik, dan kakak. Sementara saya cukup menjadi penonton karena waktu sebentar main badminton sama abi bagian bawah perut terasa agak “cenut-cenut” (ngga tau basa indonesianya apa :D ). Sempat melanjutkan jalan-jalan dengan zauji tapi baru sebentar sudah balik lagi karena perut bawah terasa kencang lagi. Wah, udah GeEr aja kalo hari itu mau lairan hehe..

Qodarullah sampe jumat ini belum juga ada tanda-tanda.  Jadi ya, kalo emang sampe waktu kontrol besok belum juga keluar, tinggal menunggu gimana hasil pemeriksaan dan kebijakan dari dokter, Insya Allah.

Kadang saya merasa “kok lama ya?”, keluarga sudah menunggu, jatah cuti saya juga terus berkurang.. tapi kemudian saya tersadar bahwa Allah maha mengetahui dan selalu memberikan yang terbaik bagi hambaNya (ummi dan abi tadi juga sempat mengingatkan). Na’am, perhitungan Allah selalu tepat dan ilmunya maha sempurna.  Apalagi kemudian saya teringat satu hadits yang pernah saya baca (saya nukilkan dari isi artikel di sini)…

**********

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengingatkan hal ini dalam sabdanya:

« يُسْتَجَابُ لِأَحَدِكُمْ مَا لَمْ يَعْجَلْ يَقُولُ دَعَوْتُ فَلَمْ يُسْتَجَبْ لِي»

رواه البخاري من حديث أبي هريرة

وفي رواية مسلم بلفظ: لاَ يَزَالُ يُسْتَجَابُ لِلْعَبْدِ مَا لَمْ يَدْعُ بِإِثْمٍ أَوْ قَطِيعَةِ رَحِمٍ مَا لَمْ يَسْتَعْجِلْ قِيلَ يَا رَسُولَ اللَّهِ مَا الِاسْتِعْجَالُ قَالَ يَقُولُ قَدْ دَعَوْتُ وَقَدْ دَعَوْتُ فَلَمْ أَرَ يَسْتَجِيبُ لِي فَيَسْتَحْسِرُ عِنْدَ ذَلِكَ وَيَدَعُ الدُّعَاءَ

Akan dikabulkan do’a salah seorang diantara kalian selama ia tidak terburu-buru (dalam do’anya) dan berkata: “Saya telah berdo’a, tapi belum juga dikabulkan!” (Diriwayatkan oleh Al-Bukhari dari shahabat Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu). Dalam riwayat Muslim dengan lafazh: “Senantiasa dikabulkan do’a seorang hamba selama ia tidak berdo’a dalam perkara dosa atau dalam rangka memutus hubungan silaturrahim, serta tidak terburu-buru.” Maka ada yang bertanya, “Wahai Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, apa maksudnya terburu-buru (dalam do’a)?” Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab: “Yaitu orang yang berdo’a tersebut berkata: ‘Saya sudah berdo’a dan berdo’a, tapi belum juga dikabulkan.’ Kemudian ia jenuh/bosan untuk berdo’a dan akhirnya meninggalkan do’a (tidak lagi berdo’a).”

Makna terburu-buru dalam berdo’a disini yaitu sebagaimana dijelaskan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dalam hadits, yakni terburu-buru untuk melihat hasil do’anya. Dan bukan maknanya, terburu-buru dalam melafazhkan do’a, walaupun yang demikian ini mengurangi adab dalam berdo’a.

**********

Insya Allah ibu akan sabar menunggumu, Nak.. ^^

2 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s