Ternyata Butuh Khadimah :D

Sedari awal pernikahan hingga melahirkan Khansa, saya berkeinginan untuk meminimalkan adanya khadimah. Na’am, saya ingin berusaha mengurus rumah tangga sendiri. Kalaupun saya memerlukan khadimah, itu pada saat saya saya masuk kerja karena saya membutuhkannya untuk menjaga anak saya (walopun terasa berat).

Tadinya sempet khawatir juga, siapa orang yang akan saya mintai tolong untuk momong. Qodarullah ketika salah satu tetangga saya menjenguk, saya sempat bilang ke beliau untuk mencarikan info orang yang bisa dimintai tolong menjaga anak saya ketika saya sudah masuk kantor. Beliau lalu mengusulkan satu nama, seorang ummahat yang rumahnya di dekat rumah saya -ummu bima-. Saat ini suaminya tidak berpenghasilan tetap dan ummu bima sepertinya membutuhkan pekerjaan.

Ngga berapa lama tetangga saya datang dan mengabarkan kalo ummu bima bersedia membantu saya. Bahkan sebenarnya beliau sudah lama ingin bilang ke tetangga saya tersebut bahwa kalo saya sudah mulai masuk kantor bliau mau membantu memomong anak saya. Alhamdulillah, kerisauan saya berkurang.

Ummi yang ketika itu masih di rumah saya sudah bilang untuk bersegera saja meminta tolong ummu bima membantu di rumah, ngga perlu menunggu sampai saya bekerja. Tapi saya kekeuh ingin berusaha mengurus rumah sendiri dulu. Mungkin ummi melihat bahwa saya masih dalam masa pemulihan dan memerlukan bantuan untuk menyelesaikan pekerjaan rumah, apalagi bliau mendengar kabar kalo zauji Insya Allah bulan Maret mau dinas dalam waktu agak lama. Ya, saya bisa mengerti.. mungkin ummi kepikiran juga kalo bliau sudah pulang Semarang maka saya akan kerepotan  mengasuh Khansa sambil mengerjakan pekerjaan rumah.

Setelah 15 hari mengurus rumah dan Khansa, kemudian pertahanan saya untuk menghandle semua pekerjaan sendiri mulai luluh. Hal ini berawal dari Khansa yang sudah beberapa hari terakhir mulai agak rewel kalo malam hari. Dia bangun dan menangis, begitu terus sampe Subuh (mudah-mudahan semakin lama semakin berkurang rewelnya *berdoa dalam hati). Saya dan zauji bergantian menggendong. Hal ini membuat saya agak kecapekan. Apalagi keesokan harinya masih harus beberes rumah, nyuci, setrika, masak, mandiin Khansa, dll. Dan pada hari Selasa 22 Feb akhirnya saya meminta bantuan ummu bima untuk mencucikan popok Khansa yang sudah mulai menggunung. Saya merasa hari itu ngga sanggup untuk mencuci popoknya karena malam harinya begadang sampe subuh dan merasa agak capek. Ya, bayi seusiaKhansa seringkali ganti popok dan alas ompol. Saya sekarang bahkan memakaikan pospak kalo malam hari supaya popok bersih tetap ada dan ngga kerepotan berkali-kali mengganti popoknya. Juga untuk menghindari  supaya Khansa ngga masuk angin ato kembung, karena dia kalo pipis ato pup ngga bangun dari tidur jadi ngga ketauan, kami yang harus menengok untuk mengetahui apakah dia pispup ato engga.

Alhamdulillah merasa sangat terbantu dengan adanya ummu bima. Saya jadi ada waktu untuk beristirahat di siang hari dan melakukan pekerjaan lain, misalnya memasak (dan blogging hehe). Kalo sbelum ada bliau hati rasanya agak kemrungsung, maklum harus berpacu dengan waktu ketika khansa bobok untuk melakukan pekerjaan lain. Dan yang paling membutuhkan lumayan banyak waktu dan tenaga adalah mencuci popok dan menyetrika. Karena untuk mencuci popok bayi dan alas ompol kan perlu disikat dulu satu persatu pada bagian yang terkena pup, habis itu direndam, baru dicuci. Insya Allah baik saya sekluarga dan ummu bima mendapatkan berkah kebaikan dari hal ini. Sekali lagi.. alhamdulillah ‘ala kulli hal :D

*two thumbs up buat para SAHM (stay at home mom) yang melakukan semua pekerjaan sendiri, apalagi kalo anaknya lebih dari satu..  masya Allah.. sangat menginsipirasi saya (walopun saat ini saya belum bisa melakukannya)  ^_^

4 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s