Nasib ASIP :'((

Sejak hamil saya sudah belajar dan mempersiapkan diri mengenai laktasi. Selain cara menyusui yang benar juga bagaimana menyimpan ASIP (ASI Perah) untuk persiapan ketika nantinya Insya Allah saya kembali bekerja. Sebelumnya saya sudah sering melihat teman-teman kantor saya yang memeras ASI mereka, jadi sudah ngga asing dengan yang namanya ASIP dan tetek bengeknya (botol penyimpan ASIP, alat pompa ASIP, dsb).

Untuk botol penyimpan ASIP, saya sudah memesan sebanyak 20 botol kaca dengan tutup karet dari sebuah online shop di Bandung. Kalo untuk alat pompanya saya ngga beli. Sempet siy liat-liat di online shop, tapi berdasar pengalaman teman-teman saya yang sudah mencoba alat pompa ASI pada akhirnya mereka kembali pada alat pemberian Allah yaitu tangan hehe.. Sedangkan untuk botolnya, setelah browsing dan liat-liat rekomendasi para ummahat akhirnya pilihan jatuh pada botol susu tommee tippee 150 ml karena bentuk dotnya yang mirip dengan nen punya ibu, slain juga ada lubang anti koliknya.

Waktu berkunjung ke rumah teman saya -Ummu Musa- yang habis melahirkan, dia bilang sudah mulai melatih anaknya untuk minum ASIP melalui dot (padahal anaknya masih 2 minggu). Dia bilang sebaiknya dari awal sudah dibiasakan supaya bayi ngga menolak.

Berbekal info dari ummu musa, akhirnya kemarin saya mencoba meminumkan ASIP yang sudah saya peras 3 hari sebelumnya dan saya simpan di freezer. Menjelang sore waktu Khansa udah mau bangun tidur dan gelagatnya sudah haus, saya segera ambil botol ASIP yang sudah saya pindah dari freezer ke rak bawah lemari es, dan meletakkannya di mangkok yang sudah saya beri air dingin. Karena takut Khansa kelamaan nunggu, saya lalu merebus air dan mencampurkannya ke dalam mangkok agar ASIP cepet adem.

Setelah itu saya tuang ASIP ke dalam botol susu yang sudah saya sterilkan dan saya minumkan ke Khansa yang sudah bangun tidur dan emang pengen nen. Reaksinya ketika botol masuk ke mulut.. agak kaget dan terdiam bentar, kaya mikir “iki opo tho sing dilebokne nang mulutku mbe ummi?” hehe sok teu.. Setelah itu dikunyah-kunyah sebentar, keluar ASIPnya, dan setelah itu dengan sukses.. DITOLAK. Dia ngga mau, bahkan akhirnya nangis (maknya dalam hati ikut nangis, mikir gimana nasib ASIP 50 ml yang udah susah payah diperes).

Akhirnya saya neneni biasa. Dan beberapa menit kemudian Khansa saya gendong, dan spertinya dia pengen nen lagi. Wah, kesempatan niy.. saya ambil botol susu tadi dan saya masukkan lagi ke mulutnya. Kali ini agak lama dia kunyah-kunyah dotnya. Na’am, dikunyah.. bukannya dikenyot -_-‘ , padahal kalo ngga salah air susunya baru keluar kalo dia isep. Capek “ngunyah” tapi yang keluar dikit, akhirnya dilepeh lagi. Dengan terpaksa dan dalam tempo sesingkat-singkatnya ASIP saya buang karena sudah terlalu lama dalam suhu ruangan.

Wah, jadi PR saya niy bagaimana meminumkan ASIP ke Khansa. Padahal waktu terus berjalan dan tanggal 25 April Insya Allah saya sudah harus mulai ngantor :'(

 

4 Comments

  1. Assalamualaikum. Slm kenal mb…Mb mungkin karena mba nya sendiri yang memberi ASIP lewat dot makanya bayinya menolak. Mungkin bisa tolong abinya. karena klo ada uminya pasti dede bayi maunya mimi langsung k uminya. Sama2 belajar neh, mb. Coz anakku 2 bulan 10 hari. Sebentar lagi aku masuk kerja n dia bakal minum ASIP ku.

    • wa’alaikumussalam warohmatulloh wabarokatuh..

      iya, waktu itu saya yang ngasih asip pake botol.. tapi pas yang minumin yang mbantu momong sama ama eyangnya juga, dia tetep ngga mau.. dotnya dikunyah-kunyah aja, ngga mau diisep :'(
      wah, usia anak kita selisihnya deket ya..
      iya nih, Insya Allah bentar lagi masuk..
      smoga kita diberkahi Allah kemudahan ya ukh ^_^

Leave a Reply

