Bayi “Bau Tangan”?

Sudah sering saya dengar dari tetangga ketika saya sedang menggendong Khansa di luar rumah, mereka bilang “awas bau tangan” atau “wah, udah bau tangan nih”. Saya lalu bertanya dalam hati, apa salahnya dengan menggendong bayi dan “bau tangan”? Memang sih saya lebih capek karena harus menggendong Khansa, bahkan kadang dalam waktu agak lama kalo dia lagi rewel. Lha wis gimana, belum punya stroller jhe hehe alesan aja.. engga dink. Kalo ngga salah, ketika masih hamil saya pernah baca bahwa dengan menggendong bayi maka hubungan antara ibu dan anak akan lebih dekat dan menimbulkan rasa nyaman pada anak. Tapi karena seringnya tetangga mengingatkan, maka saya browsing lagi mengenai manfaat menggendong bayi dan hubungannya dengan bau tangan.

Alhamdulillah di beberapa artikel yang saya baca lebih banyak manfaat yang didapat bayi dengan digendong. Kita tidak perlu khawatir dengan adanya istilah “bau tangan”. Dari artikel yang saya baca di sini yaitu mengenai 13 Hal Penting Saat Merawat Bayi, di nomor 7 disebutkan bahwa :

Timang bayi
Hingga saat ini masih terdengar persepsi keliru, sehingga muncul saran untuk tidak sering-sering menggendong bayi. Khawatir nanti “bau tangan” dan bayi menjadi manja. Hal ini tidak benar. Justru banyak penelitian mengungkapkan, bayi yang segera mendapat perhatian sesaat setelah menangis, entah dengan ditimang maupun didekati, kelak akan tumbuh menjadi pribadi yang kuat secara emosional. Ia pun nantinya menjadi orang mandiri serta lebih percaya diri.

Sebaliknya, bayi-bayi yang tidak mendapat perhatian dan dibiarkan menangis terlalu lama, saat dewasa akan menjadi pribadi yang kurang mandiri, peragu, atau tidak mempunyai kepercayaan diri yang kuat.

Gimana, masih takut bayi kita “bau tangan”? Bagi saya -walaupun kadang merasa lelah- tapi dengan adanya manfaat bagi perkembangan psikologis anak kita baik sekarang maupun di masa yang akan datang, maka tidak perlu takut untuk menggendong anak kita dan khawatir mereka akan jadi “bau tangan”. Mereka patut mendapatkan hak untuk merasa nyaman dan terlindungi, and that’s our job as parent, right?  Kalo masih ragu, yuk baca lagi artikel lain mengenai Manfaat Menggendong Bayi yang saya ambil dari sini.

**********

Manfaat Menggendong Bayi

Gaya pengasuhan menggendong atau babywearing tercetus dari secarik kain sederhana yang digunakan untuk menggendong bayi. Tak hanya jalinan kelekatan saja yang dihasilkan dari menggendong, namun ada berbagai manfaat yang muncul dari kegiatan menggendong bayi.

Untuk bayi :

  • Menenangkan. Anda dan bayi bergerak dan beraktivitas bersama. Buah hati Anda akan mendengar suara Anda ketika Anda berbicara dengan orang lain. Ia ikut merasakan emosi Anda, dan yakin Anda memberinya rasa aman serta nyaman. Keadaan ini membuat ia tak punya alasan untuk rewel karena ia masih menempel pada ibunya.
  • Mengajarkan bayi bergembira. Umumnya bayi tidak ingin sendirian saat terjaga. Ia butuh seseorang berada di dekatnya. Ketika dalam kandungan, bayi setiap saat mendengar suara Anda dan belaian tangan Anda. Ketika menggendong, Anda menciptakan langkah-langkah berirama, mengajaknya tersenyum, mengajaknya ngobrol. Itu semua merupakan cara mengajarkan bayi bergembira.
  • Menstimulasi sistem keseimbangan. Sistem keseimbangan terletak di bagian dalam telinga, yang bekerja sebagai sensor keseimbangan tubuh. Stimulasi saat Anda melakukan gerakan lembut pada saat menggendong seperti mengusap atau membelai bayi, membantu bayi untuk bernapas sehingga sistem keseimbangan tumbuh dengan lebih baik. Sistem keseimbangan yang baik dapat meningkatkan kemampuan motorik.
  • Mengajarkan tentang dunia. Bayi ikut melihat apa yang Anda lihat saat ia dalam gendongan. Ia diajak untuk siap  berinteraksi dengan lingkungannya. Dalam dekapan Anda, bayi dapat melihat dan mengamati kejadian di sekitarnya dengan perasaan aman. Ketika ia melihat ekspresi Anda, ia juga belajar tentang emosi.
  • Belajar bicara. Bayi yang sering digendong punya keterampilan bicara lebih baik. Sebab bayi sudah memerhatikan dan menyimak percakapan Anda. Bahkan bayi bisa merasa ikut diajak bicara, karena posisi bayi berada dalam level mata dan suara yang jaraknya cukup dekat dengan Anda.

Untuk Anda:

  • Mudah disusui. Perangkat “Baby B” Babywearing dan Breastfeeding saling mendukung dalam manfaat yang satu ini. Saat menggendong, memudahkan Anda untuk menyusui bayi. Anda juga dapat memberikan posisi nyaman untuk bayi menyusu, dibandingkan bila ia hanya tidur di atas tempat tidur.
  • Sambil bekerja. Menggendong bayi dapat membuat kehidupan Anda menjadi lebih mudah. Anda tak harus menunggui bayi di kamar sepanjang hari. Menggendong bayi dapat membebaskan Anda untuk  tetap beraktivitas. Saat ia terjaga dari tidurnya, Anda bisa segera mengajaknya ngobrol.
  • Anda lebih perhatian. Posisi bayi di pelukan Anda yang dekat dengan pandangan Anda menjadikan Anda menjadi lebih memerhatikan gerak-gerik bayi. Keamanan dan kenyamanan bayi lebih mudah Anda rasakan. Anda pun jadi lebih mengenal kebiasan buah hati Anda. Anda belajar untuk peka dan merespon bayi dengan tepat.
  • Mudah ditidurkan. Bila bayi sulit tidur, menggendong bisa jadi langkah selanjutnya setelah Anda yakin popoknya kering dan perutnya kenyang. Menggendong bisa jadi cara untuk menidurkan bayi dengan lebih mudah, diiringi nursery rhymes. Alunan musik, suara merdu Anda ditambah ayunan lembut adalah ramuan ampuh untuk menidurkan bayi.  Bayi pun tidur lebih nyaman dan lama.
  • Praktis bepergian. Sebentar atau lama tak jadi soal, sebab Anda tinggal ambil gendongan dan si kecil pun nyaman keluar rumah bersama Anda.

**********

Smoga nukilan artikel di atas bisa bermanfaat bagi yang membaca. Dan Insya Allah saya sudah ngga khawatir lagi dengan adanya istilah “bau tangan”. Insya Allah bayi akan tumbuh dan berkembang, dan pada saatnya nanti Insya Allah mereka akan menjadi pribadi yang lebih mandiri. Ngga ada salahnya kalo sekarang kita agak berpayah sedikit untuk memberikan rasa nyaman pada anak kita, apalagi kalo manfaat yang akan datang akan lebih banyak bagi dirinya. Someday mungkin kita akan merindukan saat-saat bisa menggendong dan memeluk anak kita. Just (try to) enjoy it! ^_*

 

Timang bayi
Hingga saat ini masih terdengar persepsi keliru, sehingga muncul saran untuk tidak sering-sering menggendong bayi. Khawatir nanti “bau tangan” dan bayi menjadi manja. Hal ini tidak benar. Justru banyak penelitian mengungkapkan, bayi yang segera mendapat perhatian sesaat setelah menangis, entah dengan ditimang maupun didekati, kelak akan tumbuh menjadi pribadi yang kuat secara emosional. Ia pun nantinya menjadi orang mandiri serta lebih percaya diri.  

Sebaliknya, bayi-bayi yang tidak mendapat perhatian dan dibiarkan menangis terlalu lama, saat dewasa akan menjadi pribadi yang kurang mandiri, peragu, atau tidak mempunyai kepercayaan diri yang kuat.

4 Comments

  1. Tp pengalaman ana um. Anak pertama: sering digendong.nangis dikit lgsg ditimang.akhirnya emang jd hrs gendong biar gak nangis. Anakny cndrg lbh manja. Anak ke2:klo nangis,ditepuk2 ato dibelai,gak lgsg digendong.digendong klo emang perlu.anaknya lbh mandiri.gak cengeng.gak th jg sih itu faktor utm keseringan digendong ato bkn.

  2. Ass. Assalamu’alaikum. Pengalamanku, anakku hny digendong saat diperlukan aja. Alhamdulillah,berkat didikan ku anakku lebih mandiri dan tdk manja. Apalg aku kan ngurus bayi sendiri. Ga pny pembantu. Kalo aku sering gendong2, kpn wkt nya aku masak dan nyuci dooong..

    • wa’alaikumussalam warohmatulloh wabarokatuh..

      saya juga waktu Khansa masih bayi merah blm ada yg mbantu mba.. jadi ya waktu beberesnya kalo pas dia siang lagi tidur
      alhamdulillah walopun dulu sempet gendongan, tapi sejak umur 2,5 bulanan udah ngga sering digendong.. paling digletakin aja di kasur or karpet mainan sendiri, jadi saya bisa nyambi macem2.. dan itu sampe sekarang dia berumur 8 bulan..
      kalopun dia rewel karena udah ngantuk, pengen nenen, ato bosan :)

      kayaknya siy menurut analisa sotoy saya hehe.. bayi bau tangan tu ada masanya, Insya Allah kalo udah ganti fase dia akan mau bau lantai, bau kasur, bau karpet hehehe…
      sepertinya tdk masalah mau anaknya gendongan atau engga, yang penting mereka merasa nyaman dan terlindungi, Insya Allah :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s