Ngopor Ayam

Opor ayam

Hari Minggu yang lalu rencananya saya pengen bikin ayam bakar. Bumbunya pake bacem aja, sekalian masukin sama tempe dan tahu, habis itu ayamnya dipanggang. Berhubung zauji lebih suka ayam kampung ato pejantan daripada ayam potong, maka Minggu pagi kami sekeluarga berencana untuk belanja di pasar tiban dekat gerbang perumahan yang menjual ayam pejantan. Qodarullah ketika baru jalan kaki 50meteran sudah gerimis mengundang. Akhirnya kami putuskan untuk pulang karena kasihan dengan Khansa (mana payungnya cuma satu, nyumplik lagi). Lagipula ternyata Khansa baru digendong udah bobok nyenyak, efek bangun jam 4 hehe.. Kemudian zauji yang keluar sendiri untuk membeli ayam, sedangkan saya di rumah menjaga Khansa plus nyiapin sarapan.

Setelah zauji pulang saya tanya lagi, pengen dibikin apa ayamnya? zauji bilang pengen opor. Welah, padahal sudah saya siapin tempe dan tahu beserta bumbunya. Ya wis, dalam rangka membahagiakan suami (tjieeeh..) akhirnya untuk pertama kalinya saya bikin opor ayam. Hihi.. padahal udah dua tahun 5 bulan nikah tapi belum pernah mbikinin opor. Lha wis gimana, opor kan identik dengan Lebaran, sedangkan waktu itu kami pulkam dan lebih enak masakan ummi dan ibu daripada saya donk *halah ngeles..*

Setelah buka-buka kamus catatan dari ummi, inilah resep opor ayam ala kadarnya dengan bumbu “secukupnya” alias cuma perkiraan. Hasilnya, alhamdulillah ngga mengecewakan.. bagi saya hihi..

Bahan :

  • 1 ekor ayam pejantan
  • santan (saya memakai kara ukuran kecil 2 buah *dasar ngga mau repot ;p)

Bumbu :

  • Bawang Merah
  • Bawang putih
  • Ketumbar
  • Merica
  • Kemiri
  • Jinten
  • Kunyit
  • Sere
  • Daun salam
  • Daun jeruk
  • Laos
  • Gula
  • Garam

Cara memasak :

  1. Haluskan bawang merah, bawang putih, merica (saya pake merica bubuk), ketumbar, jinten, kunyit kemudian tumis dalam wajan bersama dengan  daun salam, daun jeruk, dan laos
  2. Rebus ayam dalam panci hingga empuk
  3. Masukkan bumbu yang sudah ditumis ke dalam panci berisi rebusan ayam
  4. Tambahkan gula dan garam
  5. Masukkan santan kara ke dalam panci, aduk hingga matang
  6. Tambahkan bawang goreng jika suka
  7. Opor ayam siap disantap

4 Comments

  1. Dino iki aku yo masak opor. Opor andelanku nek lagi akeh jadwal manggung :P
    Lha wis (menurutku) gampang, soale ng nggonku bumbune sebagian besar bubuk, ngulek pun ta blender sik ben cepet. Kari camplang cemplung, nunggu umup, mateng!!! gyahahaha :D
    Menurutku kayane daging ayam rasane luwih gurih nek ngrebuse karo bumbu…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s