Ummahat Hebat!

Masya Allah dan subhanallah.. dua kata itu yang bisa saya batin dalam hati ketika blogwalking ke blog para ummahat-hebat.

Memang selama ini saya sering blogwalking ke beberapa blog “ummahat” dan “moms”. Sengaja saya bedakan namanya untuk membedakan dari segi isi blognya. Keduanya mempunyai banyak sisi kebaikannya. Kalo dari blognya “moms” saya belajar mengenai parenting. Memang dalam hal ini terdapat banyak pengaruh dari dunia barat. Sebut saja misalnya mengenai ASIP dan sgala tetek bengeknya, cloth diaper (clodi), RUM, macam-macam MPASI (puree, dll), metode BLW, mendudukkan anak di high chair ketika makan, dan lain-lain. Untuk hal mengenai keduniawian yang mereka tulis saya kurang begitu memperhatikan ;p

Begitupun dengan blog ummahat, saya pun belajar mengenai parenting. Dalam hal ini khususnya mengajari anak mengenai agama. Misalnya bagaimana cara ummu ahmad menuntun Ahmad menghapal ayat-ayat Al Qur’an, dan juga cara kreatif ummu fatih dalam mengajari Fatih, serta ummahat lain yang ngga bisa saya sebut satu persatu.

Dan kemarin saya semakin “tercengang” (bisa dibilang begitu) dengan adanya blog milik umm an nu’man, umm maymoonah, dan beberapa blog lain yang saya masukkan dalam link “Educate Your Children!” (biar ngga kehilangan jejak).

Hal ini berawal dari berkunjung ke rumah maya ummu fatih, disana saya lihat lapbook bikinan ummu fatih. Kemudian saya ikuti link yang jadi acuan pembuatan lapbook tersebut yaitu blog umm an-nu’man, kemudian berlanjut ke blog-blog selanjutnya yg berisi berbagai kreativitas ummahat dalam mendidik anak. Bagaimana cara mereka mengajari anak doa-doa, ibadah (haji, sholat), dan hal lainnya. Saya amazed dengan cara mereka menggabungkan permainan (yang memang merupakan dunia anak) dengan pendidikan. Sehingga anak pun merasa senang dan tidak merasa terbebani. Walaupun memang memerlukan effort lebih dengan berbagai handcraft yang harus dibuat. Tapi hey, Insya Allah ngga ada yang sia-sia dalam hal yang bermanfaat.

Membaca isi blog-blog tersebut membuat saya semakin tersadar bahwa semakin besar anak maka dia akan lebih membutuhkan bimbingan orangtua, dan peran ibu disini sangatlah besar dalam mendampingi perkembangannya yaitu sebagai ustadzah dalam madrosah pertama mereka bernama keluarga.

Mungkin untuk saat ini stimulan yang diperlukan Khansa masih dalam hal warna, bunyi, dan gerak. Saya sudah berusaha sedapat mungkin untuk memenuhi kebutuhan stimulannya, misalnya dengan mengajaknya bercerita, mendengarkan berbagai macam bunyi baik melalui mulut maupun dengan memperdengarkan murrotalnya ahmad saud, dll. Sebenarnya ada hal yang ingin saya lakukan untuk merangsang motorik Khansa tapi sampai saat ini belum bisa yaitu mengajaknya berenang. Kalau mengajaknya berenang di kolam umum sepertinya belum tega. Maklum, kolam renang umum airnya dingin dan juga banyak kaporitnya yang ngga baik untuk seorang bayi dengan sensitifitasnya. Belum lagi kalo ada campuran pee atau ludahnya orang-orang (wah, nambah deh bakteri n kuman-kuman). Ingin mengajak ke tempat khusus renang buat bayi kok di daerah bogor, depok, cibinong saya googling belum ada. Adanya di daerah darmawangsa jakarta yang cukup juauh dari tempat saya tinggal.

Kembali ke lapbook (lho?). Alhamdulillah dengan blogwalking ke para ummahat tersebut sangat menginspirasi dan memotivasi saya dalam mendidik Khansa kelak, dan semakin menambah azzam saya untuk jadi SAHM (kalo bisa WAHM bi-idznillah hehe).

Salut untuk para ummahat yang berusaha keras dalam mendidik anak-anaknya dengan sepenuh hati. Menyeimbangkan pengetahuan dunia dan agama. That’s why I call them ummahat hebat ^_^. Na’am, saya belajar banyak dari mereka. Smoga Allah merahmati mereka dan memberkahi dengan segala kebaikan.

Smoga Allah membimbing saya dan zauji dalam mendidik keturunan kami untuk kelak kami pertanggungjawabkan di hadapan-Nya.Wallahul musta’an.

7 Comments

  1. aamiin….weh nama saya disebut, jadi keGRan nih. Iya, saya juga terinspirasi dulu ketika blogwalking ke blog ummahat /ke praktisi homeschooling. waktu itu belum punya blog, akhirnya jadi kepingn juga bikin blog. Ternyata mendidik anak tue ga bisa sambil lalu, perlua perjuangan panjang untuk bisa menjadikan anak-anak kita seprti apa yang kita inginkan (anak shaleh/shalehah maksudnya).
    Saya juga takjub dengan para ummahat praktisi Homeschooling, wuih….super keren kreatifnya. I’m really impressed.

    Oh ya, bagus sekali sedari kecil diberikan stumulus. membacakan buku, bercerita, didengarkan murrotal, dan segala aktiviatas yang bisa mendukung perkembangan motoriknya. Fatih, sedari kecil juga saya bacakan buku, alhamdulillah samapi sekarang ia suka sekali dengan buku. Dan ini jadi senjata ampuh untuk saya, ketika ia sudah sulit dikendalika. Biasanya kalo pas dia lagi ga mood, trus saya bilang “baca-baca yuk”, ia nurut kemudian ngambil buku yang mo dibaca….walopun lum bisa baca, tapi ia menikmati ketika saya membacakannya buku, anteng sambil komentar2 gambarnya. Masya allah….kosa katanya juga makin banyak umm. Ehm….katanya sih dengan membacakan buku sedari kecil bisa merangsang minat baca….

    Semangat ya umma khansa!!
    Semoga Allah senantiasa membimbing kita dalam mendidik putra-putri kita, meneguhkan keistiqomahan kita, menjadikan amalan ini sebagai ladang pahala yang mengantarkan kita di kehidupan akhirat yang lebih baik…..Aamin

    • waah.. yang dibicarain muncul whehehe..
      na’am umm.. smoga kita bisa menjaga amanah Allah dengan baik ya.. amin, smoga doa anti diijabah Allah
      tetep semangadh berkarya ya ummu fatih ^_^

      mas fatih suka baca ya?biasanya anti beri bacaan apa umm?ana menghindari yang ada gambar mahluk hidupnya, jadinya agak susyah karena rata-rata buku yang dijual di umum banyak gambarnya *walopun sebenernya dengan adanya gambar dan warna itu merangsang kreatifitas anak juga siy* , bisa sih diakali dengan ditipe-ex bagian wajahnya :D
      minta rekomendasi buku2 mas fatih dooonk.. hehehe..

  2. subhanalloh .. tfs ya ummu khansa, ina ikut follow blog para ummahat hebat itu juga ya … Kebetulan ina juga barusan baca ttg metode montessory di urbanmama. Nah kalo versi mereka pasti kan dijamin halal hehe …

  3. buat khansa, saya rekomendasikan buku-buku terbitan hikmah anak sholih n the group, yogyakarta. dulu saya borong dari teman (www.rumah-edu.com). isinya sesuai sunnah insyaAllah n ga ada gambar makhluk hidup. trus waktu suami ke jogja n lihat2 di toko buku sarana hidayah, eee ternyata lebih murah. kami dapat diskon 30%…. via paket, teman yang sangat baik hati. bisa lihat2 judul bukunya di rumah-edu.com trus belanja di http://www.sarana-hidayah.com/. ato…bukunya bikin sendiri aja, nukil dari kitab2/buku2 bermanhaj salaf…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s