Arabic Quartet Game

Pas lagi blogwalking keee… mana ya tadi?hehe saking banyaknya blog yang dikunjungi, sampailah saya ke blog BAM (Bacaan Anak Muslim) . Blog ini saya lihat isinya sangat bermanfaat, Insya Allah, terutama bagi para ummahat yang concern dengan pendidikan Islam bagi anak(-anak)nya.

Ketika sedang menyusuri isi BAM, saya tertarik dengan salah satu postingannya yaitu Arabic Quartet Game. Di sini dijelaskan satu permainan kartu untuk mengenalkan anak mengenai kosakata bahasa arab.  Ketika saya download kartunya.. masya Allah, hati saya langsung riang gumbira. Mengingat kemampuan bahasa arab saya masih suangat tuerbatas (kalo dikasi level dibawah prebasic deh hehe), saya senang dengan adanya beberapa kosakata arabic di kartu tersebut yang Insya Allah bisa menambah khasanah mufrodat bahasa arab saya.  Apalagi untuk gambar-gambarnya sudah diedit sehingga bentuk mahluk hidup pun tersamarkan.

Na’am, sebelumnya saya memang sudah pernah download beberapa kosakata di blog ummu ahmad yang sangat bermanfaat -jazahallahu khairan-, tapi berhubung ada beberapa mufrodat yang ngga ada harokatnya sehingga membuat saya jadi agak kebingungan dalam membacanya (ummu ahmad, tolong ajarin saia donk hehe).  Untuk yang di kartu ini semua ada harokatnya jadi saya ngga perlu menebak-nebak bin mengarang indah dalam mempelajarinya, Insya Allah.

Bagi yang mau download kartunya silakeun menuju ke sini . Di bawah ini adalah cara bermainnya yang saya copas dari artikel BAM. Monggo ditranslate sendiri yaa *males.com* ;p

Bisa dimainkan dengan suami atau keluarga di rumah. Let’s play the game! Btw sik.. sik.. aku kan ngga punya printer hihi.. *minta zauji meluncur ke warnet terdekat*

**********

How to play:

  • Shuffle all the cards before playing.
  • Distribute 4 cards to each player, and pile the remaining cards on the table.
  • The first player asks other player the name of the card s/he wants to collect. For example s/he wants to collect animal cards. So s/he needs to collect 3 other cards mentioned on the card he have from other player to make a quartet
  • If the player whom he asked has the card, s/he has to give it to the first player, and the first player could continue asking other cards to whom he wishes. If the card he was asking is not available, then he should take a card from the piling cards, and the game continued to the next player.
  • The game continued by the nest player as explained above until the piling of cards all gone

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s