Perkembangan Bayi Usia 4 Bulan

Sungguh menarik bila mengamati perkembangan anak-anak. Mulai dari bayi merah yang bisanya hanya tidur, pup, pipis, bangun, nangis menjadi sosok yang terus berkembang baik fisik maupun psikologisnya. Bagitupun saat saya flash back melihat foto Khansa ketika masih bayi, begitu imyut, pipinya tembem warna pink, dengan bibir, jari tangan dan kaki yang mungil, dan sekarang alhamdulillah dia sudah menjadi bayi yang lumayan ndut dengan berat 7,3 kilo (pada akhir bulan yang lalu), masih dengan pipi tembem warna pinknya, bibir juga masih mungil hanya saja sekarang kerap dipakai memakan atau mengemut (tdk sesuai EYD) apa saja yang ada di dekatnya. Tangan dan kaki juga sangat aktif untuk menendang, menghentak, menarik, menggenggam, badannya mengglundung kesana kemari (telentang, tengkurap, dibalikin, tengkurap lagi, dibalikin tengkurap lagi, capee deeh).

Suaranyapun bervariasi sudah ngga hanya nangis lagi. Na’am sepengetahuan saya ketika masih masa new born baby tangis adalah sarana komunikasi bayi untuk mengekspresikan keinginannya entah lapar, bosan, risih ngompol/pup, dll, jadi jangan heran kalo bayi memang sering menangis. Tapi Insya Allah seiring dengan perkembangan kemampuannya berkomunikasi maka tangisannya akan berkurang.

Khansa juga suka mengamati segala sesuatu yang bergerak, ayam, kipas angin, orang-orang, dll biasanya dia liatiiin aja, dan kalo senang sambil jikrak jingkrak dan bilang “oh, oh”. Jadi ya ngga herang kalo dulu pas dipangku Mbah Ook di kursi depan mobil dia clingak clinguk.

Bismillah, smoga anak-anak kita senantiasa mengalami perkembangan yang baik ya umm.. baik dari segi jasmani, psikologi, kemampuan motorik, serta akhlaknya.. dan smoga kita senantiasa diberkahi Allah petunjuk dalam membimbing dan mendidik mereka.

Berikut saya copas dari sini mengenai tumbuh kembang bayi usia 4 bulan.

**********

Tumbuh Kembang Bayi 4 Bulan

Ekspresi dan Tingkah Polah si Kecil

Hore, si kecil kini sudah berusia empat bulan! Jangan lupa untuk selalu mencermati setiap tanda tumbuh kembang  bayi anda, ya. Apa sajakah itu?

  1. Umumnya pergerakan lengan dan kaki lebih terkontrol
  2. Mulai belajar tengkurap, atau bahkan sudah bisa tengkurap.
  3. Ketika telentang, umumnya bayi 4 bulan akan meluruskan kakinya, dan membuat gerakan dengan tangan dan kakinya, seolah-olah tengah berenang.
  4. Saat duduk, kepalanya tegak
  5. Banyak menendang. Bayi 4 bulan juga gemar memercikkan air dengan tangan kakinya saat tengah berada dalam bak mandi.
  6. Kepala dan mata bergerak dalam suatu gerak yang terkoordinasi.
  7. Bayi  4 bulan sering menggunakan kedua tangannya untuk memegang barang , seolah-olah tengah mengira-ngira ukuran benda tersebut. Untuk kemudian memasukkan benda tersebut ke dalam mulutnya.
  8. Dengan mudah, bisa mencari benda-benda dengan menggunakan matanya.
  9. Senang mengamati orang atau benda yang bergerak atau melakukan kegiatan.
  10. Senang mengeksplorasi tubuhnya dengan menggunakan tangan.
  11. Senang menemukan hal-hal baru di sekitarnya.
  12. Mulut bayi 4 bulan adalah sumber utamanya untuk mengeksplorasi obyek.
  13. Lebih suka warna cerah seperti merah dan kuning, daripada warna netral seperti hitam dan putih.
  14. Suka mendengarkan obrolan orang. Bayi 4 bulan juga gemar mengoceh  untuk kesenangan sendiri seperti berujar “da, ba, ma, pa, ga”
  15. Mendengarkan dirinya sendiri berbicara . Bayi 4 bukan juga mulai memperhatikan bahwa ocehannya akan mempengaruhi tindakan orang dewasa , misalnya “mmm” akan membuat ibunya menyusuinya. Tertarik pada sumber suara di sekitarnya.
  16. Saat lelah akan menunjukkan tanda-tanda seperti menguap, menggosok mata, menolak untuk bermain, menghisap jempol, gelisah, dan rewel.
  17. Jika bayi 4 bulan mulai tumbuh gigi, bisa menjadi rewel dan sering ngiler.
  18. Tengah mengembangkan kepribadian uniknya, yang mulai bisa anda raba dari rutinitas hariannya-amatilah seberapa aktifnya dia, seberapa intens ia saat menanggapi hal-hal.
  19. Saat tingkah lakunya mulai tidak dapat diterima, hendaknya orangtua bereaksi dengan  menggunakan intonasi suara dan ekspresi.
  20. Mengekpresikan perasaan senang, sedih, puas dan letih. Saat menemukan suara atau hal baru biasanya tangisnya akan mereda.
  21. Mulai mengenali anggota keluarga lain yang tinggal bersamanya. Bayi 4 bulan juga senang tertawa dan bermain bersama orang-orang.
  22. Saat rewel kerap menuntut perhatian. Bayi 4 bulan juga kerap menangis kala diganggu saat tengah asyik bermain.
  23. Ada kalanya bayi 4 bulan berusaha menenangkan dirinya saat sedang menangis. Meski tak jarang dia akan berteriak dan rewelnya makin menjadi-jadi saat frustasi.
About these ads

29 Comments

  1. thx u yaa infonya… bener bgt loh, anakku (4 bln) seneng ngobrol..walopun cuma “zzzz….ma, zzz…da” (dg mulut yg penuh air liur) tapi kyk yg nyambung kl ditanya..hehehe makin lucuuu… makasiiii yaaaa…

  2. assalammu’alaikum Wr Wb…

    Bunda,artikelnya bagus banget… alhamdulillah dari uraian perkembangan 4 bulan, anak saya Muhammad Syathir Abdul Malik sudah masuk dalam fase tersebut, cuma memang untuk tengkurap belum bisa balik sendiri pdahal tinggal 4 hari lagi masuk 5 bulan..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s