Perkembangan Bayi 5 Bulan

Alhamdulillah tanggal 6 ini Khansa memasuki usia 5 bulan.

Polahnya semakin banyak, membuat saya dan zauji harus menggunakan tenaga ekstra untuk mengasuhnya. Lha bayangin aja, kalo dimandiin di baby bather udah mlorot mlorot (saya ngga pakein sabuknya karena udah sesak khawatir sakit karena menekan perutnya), pokoknya lengah dikit bisa-bisa dia udah ndlosor di lantai kamar mandi deh. 

Khansa sukanya diberdiriin, habis itu biasanya kakinya lonjak-lonjak (yang kadang kalo keseringan berakhir dengan minta dipijitin waktu bobok). Tengkurepnya semakin cepat yaitu 1 gulingan per detik *halah*, bahkan beberapa waktu lalu zauji tertawa geli liat Khansa bangun tidur secara spontan langsung tengkurap padahal masih ngantuk, alhasil dia teklak tekluk sambil tengkurap, dibalikin zauji ke posisi telentang eh molor lagi -_-‘

Oya, sekarang kalo tengkurep suka nungging nungging pantatnya dan kakinya njejak-njejak kasur, kayaknya siy mau ngrangkak tapi kok jentat jentit aja ngga bergerak dari tempatnya hihi. Kalo diposisikan duduk udah tegak badannya, kadangkala condong ke depan kaya nyari-nyari sesuatu. Tangannya udah semakin serabutan menggeret (wis jan ora sesuai EYD blas) apa aja yang ada didekatnya dan genggamannya makin kuat, jangan harap langsung dilepas kalo udah megang rambut.

Kalo Khansa liat saya dan zauji makan ikutan klamut-klamut mulutnya seperti gerakan mengunyah. Ketika saya suapin air putih dia udah bisa menelan dengan baik, bahkan dengan menggunakan gelas juga sudah bisa. Alhamdulillah ‘ala kulli hal. Smoga perkembangannya semakin lama semakin baik.

Hmm.. mengingat Khansa udah memasuki 5 bulan, ini berarti Insya Allah satu bulan lagi menuju proses MPASI (Makanan Pendamping ASI). Insya Allah kalo untuk perlengkapannya udah siap, ada blender, food maker (kado), dan peralatan makan (kado juga). High chair ngga usah beli, pake baby bather Khansa aja hehe… *ngirit* . Insya Allah siy pengennya ngga usah digendong kesana kemari kalo makan, biar ngga kebiasaan sampe gedhe (dan biar ngga bikin capek yang nggendong :D  ). Resep juga Insya Allah udah ngumpulin, kayaknya sebelum Khansa lair deh mulai ngumpulinnya ;p . Bismillah.. mudah-mudahan proses MPASI berjalan lancar dan Khansa juga doyan maem.

Berikut saya copas perkembangan bayi usia 5 bulan yang saya copas dari sini.

**********

Tumbuh Kembang Bayi Usia 5 Bulan

 

Perkembangan Motorik kasar

* Bila bayi mengamati sesuatu pada satu sisi, ia akan memiringkan kepala dan badan sehingga membuatnya terguling. Karena itu, hati-hati jika menaruh bayi, perhatikan sekelilingnya, apakah cukup aman dan tidak berisiko membuatnya terjatuh.

* Kepalanya sudah bergerak-gerak dengan aktif jika ditelungkupkan. Ia pun mulai bisa bertopang tegak pada kedua lengannya (dengan ujung-ujung jari kaki menahan pada alas). Dalam posisi telungkup pun ia mudah untuk bergerak memutar.

* Ketika dari posisi telentang, kedua tangannya ditarik, kedua lengannya akan melengkung dan kepala bayi menunduk ke depan sehingga dagu menyentuh dada. Ketegangan otot perut dan pangkal paha juga menyebabkan pinggul tertekuk. Bayi pun dapat duduk dengan dibantu.

* Kalau bayi “diberdirikan” dengan memegang kedua ketiaknya, tampak kedua kaki bayi bisa tegak. Bertumpu pada kedua kaki dengan posisi seimbang bisa dilakukan dalam hitungan 1-2 detik.

Perkembangan Motorik halus

* Bayi sudah mencoba meraih mainan yang digerak-gerakkan di depan pandangannya atau yang ditaruh di dadanya.

* Telapak tangannya sudah membuka sehingga orangtua bisa memegang kedua tangannya dan membantu si kecil untuk bertepuk tangan.

* Sudah bisa memerhatikan suatu objek yang berjarak.

Perkembangan sosial-emosi

* Bayi mulai memunculkan berbagai suara sebagai ekpresi rasa senang atau tidak senang ketimbang menangis.

* Dapat memberi respons dengan mengoceh atau tersenyum pada orang dewasa yang mengajaknya bercanda.

* Bisa membedakan wajah-wajah yang tersenyum, suara-suara ramah maupun yang menunjukkan amarah. Respons yang diberikan berbeda terhadap apa yang dilihat. Maka itu, seringlah memberikan senyuman serta suara riang gembira pada bayi. 

* Dapat menikmati permainan, baik bermain sendiri dengan suatu objek atau bermain sosial semisal bermain cermin. Ia akan tersenyum ketika melihat bayangannya di cermin.

* Mengulurkan tangan minta digendong ibu atau orang yang sudah dikenalnya.

* Jika ada bayi lain, biasanya ia memberikan respons untuk menarik perhatian. Seperti dengan menendang-nendangkan kaki, tertawa, main ludah atau melambungkan badannya ke atas-ke bawah.

Perkembangan Kognitif

* Dapat bereksplorasi sensori dengan menggunakan tangan dan mulut. Lantaran itu, ia memasukkan segala sesuatu ke dalam mulut.

* Bisa meraih suatu objek dengan sengaja.

* Seringkali terlihat memainkan tangan, kaki serta jemarinya sambil mengamati dengan penuh perhatian.

* Mulai memahami air muka dan nada suara orang dan serta dapat memerhatikan dan menafsirkan perilaku orang yang senang, marah, dan lainnya. Bayi pun akan memberi respons dengan menunjukkan wajah ketakutan, keheranan atau lainnya.

Perkembangan Bahasa

* Bisa berteriak-teriak ketika ditinggal sendirian atau tak ada orang di dekatnya.

* Mengoceh dan menyuarakan suara-suara seperti “aaah”, “ee”, atau “oy”.

* Jika diajak bercanda bisa mengungkapkan rasa senang dan gembiranya dengan tertawa.

*Mulai memberi respons dengan mendengar dan memerhatikan suara musik yang diperdengarkan, adakalanya dengan mendekut.

* Orangtua bisa mestimulasi dengan memperdengarkan kata-kata yang familiar (sudah dikenalnya). Bayi akan mencoba-coba untuk menirukan suara-suara itu.

Ukuran Tubuh

Berat badan sekitar 5,3-7,3 kg, panjang badan 59,8 -65,9 cm, dan lingkar kepala 39-45 cm.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s