Stripping Clodi

Kurang lebih dua – tiga minggu yang lalu saya rasakan clodi Khansa performance-nya sudah mulai menurun. Pernah sampe nembus basah ke celananya Khansa, padahal baru dipakai sekitar 2 jam-an. Padahal biasanya kalo dipake dengan kurun waktu segitu masih oke-oke saja. Sebelumnya memang saya pernah baca-baca kalo suatu saat ada penurunan performa clodi, yang biasanya disebabkan oleh adanya tumpukan residu detergen yang menempel pada clodi ataupun kurang bersih pada waktu melakukan pembilasan. Hmm.. ketika saya perhatikan ummu bima waktu mencuci clodi Khansa memang detergennya lumayan banyak. Saya lalu memberitahukan ke beliau bahwa untuk mencuci clodi tidak perlu terlalu banyak menggunakan detergen, cukup 1/4 takaran dari detergen biasanya.

Setelah googling, saya temukan cara untuk stripping clodi (cara mengembalikan performance clodi), yaitu :

  1. Cuci clodi seperti biasa, ngga usah dikeringkan dulu.
  2. Panaskan air sampai mendidih.
  3. Tuang air mendidih ke dalam ember berisi clodi-clodi yang sudah dicuci dan dibilas hingga bersih.
  4. Diamkan sampai 15-20 menit, buang airnya.
  5. Keringkan clodi di bawah sinar matahari (kalo saya clodinya dikeringkan dulu dengan mesin cuci baru dijemur).

Alhamdulillah sesudah distripping clodinya Khansa sudah lebih baik performanya. Kata ummu bima insertnya jadi ngga basah waktu mau mengganti clodi yang dipakai Khansa.

Tapiii.. ternyata eh ternyata ada yang kurang sesuai pada waktu stripping clodi tersebut. Waktu itu kan distripping smua baik insert ataupun covernya, barusan saya googling lagi ternyata di sini disebutkan bahwa ngga boleh merendam pocket diaper atau cover dalam air panas karena dapat merusak lapisan PUL pada clodi. Jadi kalo ada repell pada inner clodi (yang dapat disebabkan oleh pemakaian nappy cream pada kulit bayi ataupun penggunaan pelembut pakaian sehingga inner yang harusnya meneruskan pipis bayi ke dalam insert menjadi bersifat menolak air, akibatnya terjadilah repell), maka cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan sabun cuci piring ketika mencucinya. 

Oya, untuk menambah info per-clodi-an kita, berikut saya copas dari sini artikel mengenai detergen yang -Insya Allah- aman untuk mencuci clodi. Skalian pengingat-ingat buat saya juga. Selama ini pakenya daia bunga, dengan adanya berbagai pilihan ini siapa tau bisa beli merk lain yang lagi ada promo or murah pas lagi blanja hehe.. *1r1t.com*

**********

Detergen Yang Aman Untuk Cloth Diaper

Berikut ini adalah laporan hasil survey deterjen di-pasar yang tidak aman dan yang ‘sementara’ aman untuk popok kain modern.

Pedoman:
Mencari deterjen biodegradable ramah lingkungan yang biasa-biasa saja

Tidak mengandung: bleach, enzym, softener, pencerah optik sinar matahari, pencerah warna pakaian

Hasilnya…

Deterjen yang tidak aman:
Rinso Matic 1kg 23450 (mengandung enzym) tidak aman
So Klin Bio matic 1kg Rp 19970 (mengandung enzym) tidak aman
So Klin softener 10970 (mengandung Softener) tidak aman
Deterjen Carefour enzym 1kg Rp 13200 (mengandung enzym) tidak aman
Surf Lime (mengandung Optical Brightener/Oxigen) tidak aman
Surf Putih (mengandung Optical Brightener/Oxigen) tidak aman
Rinso Colour and Care 800gr Rp 11290 (mengandung Optical Brightener) tidak aman
Rinso Molto Ultra Rp 12360 (mengandung Softener dan Enzym) tidak aman
Rinso anti noda(mengandung Enzym) tidak aman
Total Pelangi 900gr Rp 11700 (mengandung Optical Brightener) tidak aman
Total Putih 900gr Rp 9500 (mengandung Optical Brightener dan Softener) tidak aman
B29 Pink powder + softener 800gr RP 11740 (mengandung Softener) tidak aman
Bu Krim 5000 lemon 550gr Rp 4590, (mengandung Optical Brightener) tidak aman

Deterjen yang sementara aman*:
Daia Bunga 900gr Rp 9000 (berhadiah mangkok), sementara aman

Daia Lemon 900gr Rp 9000 (berhadiah mangkok) , sementara aman
Attack Clean Maximiser 450gr Rp 8200, sementara aman
Attack Easy 700gr Rp 10890, sementara aman
Rinso Excel 1kg Rp 19900, sementara aman
B29 Water guard 1800gr Rp 18690, sementara aman
B29 Rose Rp 10690, sementara aman
Deterjen bubuk carefour 500gr Rp 3450, sementara aman
Viso 900gr Rp 9450, sementara aman
Deterjen BOOM putih 550gr Rp 4790, sementara aman

* Perhatian bahwa pabrik deterjen tidak memberikan info detail kandungan aktif dalam produk mereka dan seringkali merubah komposisi bahan aktif dalam produk mereka setiap saat, sehingga Bunda/Ayah perlu mengecek ulang kandungan aktif pada kemasan deterjen saat membeli.

Sumber : greennappy.blogspot.com

4 Comments

  1. assalamualaykum,,googling nemu blog anti, seru juga ceritanya. umm ana nunggu cerita lahirannya khansa kok ga ada ya? padahal ana dah ngikutin dari minggu 36,,sesama pasien dokter tofan ana jadi penasaran gmn lahiran sma dr Tofan? di HGA bukan? klo boleh tau habis brp lahiran disana? afwan umm banyak nanya,,jazakillah khair

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s