Gule Kambing

gule mbeek
gule mbeek

Idul Adha yang lalu alhamdulillah kami mendapatkan daging kambing yang lumayan banyak. Ketika saya tanyakan ke zauji, pengen dimasak apa? zauji bilang “gule”.. doeenng.. mikir deh gimana resepnya, lha wong ngga pernah bikin gule. Kalo seng tong siy pernah seperti yang saya tuliskan resep di sini hasil contekan ke ummu shofi :)

Akhirnya saya browsing dan menemukan resep gule kambiang di sini , usai ngapalin resep mulai deh berperang dengan daging segedhe gaban yang harus dipotong kecil-kecil. Lumayanlah, tergores di jempol dikit.. dikit siih, mung perihe rak njamak.. lha wong pisone segedhe sarivan (masih inget kan?gaban,sarivan,gogle V? kalo ngga inget berarti ngga sejaman ama saya hihi.. wis tuwek).

Alhamdulillah di warung udah ada bumbu gule sachet, emang siy ngga dalam bentuk bubuk ataupun cair, tapi masih dalam bentuk utuhan. Di dalamnya ada ketumbar, jinten, dan teman-teman. Kalo saya lihat  sudah mewakili bumbu yang ada dalam resep.

Sesudah berkutat dengan iris mengiris daging, meres santan klapa (dipisahkan santan kental dan cair), merebus cabe, memblender bumbu dan mengulegnya dikit supaya haluz, kemudian memasak daging hingga empyuk yang memakan waktu hampir sejam (enak kali ya kalo ada panci prestoh), akhirnya jadi juga gule kambing ala chep markochep (btw kuningnya kok jadi berkilauan begindang ya?)

gule mbeek

Ini resepnya, monggo dimodif sendiri :)

Bahan:
2 sendok makan minyak goreng
2 batang serai, memarkan
5 lembar daun salam
4 lembar daun kunyit >> skip, ngga ada
1 kg daging kambing, potong-potong
2 liter santan dari 2 butir kelapa
Bawang goreng untuk taburan

Bumbu Halus:
200 gr cabai merah, rebus
10 butir bawang merah
5 siung bawang putih
2 cm jahe
4 cm kunyit
½ sdt jinten
1 sdt ketumbar
Garam secukupnya

Cara Membuat Resep Masakan Gulai Daging Kambing:
1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, serai, daun salam, daun kunyit hingga harum
2. Masukkan daging kambing, masak hingga setengah matang
3. Tuang santan aduk rata. Masak hingga daging empuk. Angkat, sajikan dengan taburan bawang goreng

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s