Resep MPASI : Bubur Kentang

bubur kentang
bubur kentang

Alhamdulillah proses MPASI Khansa sudah berjalan kurleb 4 bulan, dan untuk masalah maemnya Khansa saya sudah ngga seketat dulu lagi. Pemberian makana yang bergula ataupun bergaram sudah mulai sedikiiit.. demi sedikiiit.. saya perbolehkan. Kalo saya lagi makan roti, biskuit ataupun sayur berkuah biasanya sambil saya suapkan ke Khansa. Kalo saya rasa kandungan garam or gula pada makanan tersebut berlebih ya paling cuma sesuap dua suap aja.

Resep yang mau saya share ini sebenernya udah luamaa sekali mulai saya praktekkan yaitu ketika Khansa usia 7 bulan. Tapi sampe saat ini masih sering saya bikin, walopun spertinya Khansa udah mulai bosan dengan tema lembek-lembek hehe.. Yup, Khansa udah bisa maem nasi utuh tanpa disaring. Kemarin saya suapin nasi dengan sedikit kuah sayur asem dia enjoy memakannya. Kayaknya siy dia enjoy maem apa aja. Apa karena waktu hamilnya dia saya juga blang bleng apa aja diuntal ya?haha..

Pertama mbuat bubur kentang di rumah tante di Cibubur. Waktu itu tante lagi ada arisan n mau bikin sup iga. Saya pakai kuah kaldu supnya sebagai salah satu bahan pembuatan bubur Khansa. Tapi kalo menurut primbon siy katanya protein hewani mulai diberikan ketika bayi 8 bulan hehe.. maaf emak-emak agak ndableg :))

Oya, FYI.. untuk MPASI Khansa memang sehari-hari saya buat sendiri, ngga pake bubur instant. Mengapa?ada beberapa faktor, antara lain kandungan garam yg ada pada bubur instant dapat memperberat kerja ginjal si kecil, kandungan gulanya dikhawatirkan bisa mengakibatkan kerusakan gigi, bahan pengawet yang ada dalam kemasan bubur instant, dan juga berkurangnya nutrisi yang ada karena proses pembuatannya. CMIIW yaa :) . Tapi kalo ada ibu-ibu yg memberikan bubur instant ya monggo, kembali pada pilihan masing-masing. Insya Allah semua orangtua memilihkan yang terbaik untuk anaknya :)

Dulu pernah saya pake tepung G**** , saya pake untuk selang seling dengan fresh food yang saya masak. Beberapa waktu yang lalu mampir di grup HHBF (Home made Healthy Baby Food) disampaikan oleh adminnya bahwa lebih disarankan pemakaian bahan segar daripada tepung, termasuk g****. Dengan tepung anak tidak belajar kenal rasa, tekstur dan aroma bahan makanan utuh. Pemakaian tepung, walaupun non instan organik, akan meningkatkan kadar gula dalam darah, kondisi ini akan memaksa pankreas anak menghasilkan insulin untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Wallahu a’lam.

Oya, berikut resep bubur kentang Khansa ato basa buleknya mashed potato (ndak iyo?haha.. ngarang). Untuk sayuran yang ada di dalamnya bisa dimodif mau pake apa aja monggo.

Bahan :

  • daging
  • kentang, kupas, iris
  • wortel, kupas, iris
  • daun bawang
  • sledri
  • brokoli

Cara memasak :

  1. Rebus daging, ambil kuahnya
  2. Rebus kentang, wortel, brokoli, daun bawang, sledri (atau sayur lainnya) dengan kuah kaldu
  3. Kalau sudah empyuk diangkat smua sayurnya kemudian diblender (tambahkan sedikit kuah kaldu)
  4. Sajikan dalam piring, dan siap disantap

Kalo mau untuk emak or bapaknya bisa ditambahkan gula, garam, ataupun keju untuk membuatnya.. insya Allah lebih yummi

Ini dia penampakannya..

bubur kentang

4 Comments

Leave a Reply

