Mengatasi Nenen Lecet

injury

(maap kalo judul dan pembahasan agak pulgar)

Sudah beberapa hari ini saya selalu pringas pringis nahan sakit ketika neneni Khansa. Hal ini tak lain tak bukan karena nenen saya lecet karena bekas gigitan Khansa. Bahkan ngga sekedar lecet, sudah mulai ada pembukaan *halah, macam mo lairan ajah*. Pokoke rasanya pueriiih bukan main-main..

Dulu pernah salah satu teman saya bilang untuk mengatasi put*ng (ngga pake beliung) yang lecet bisa memakai daun sirih. Cukup ditempelkan saja di daerah yang luka. Saya sudah mempraktekkannya dengan cara mencuci daun sirih dengan air hangat kemudian dipenyet-penyet sebentar, baru kemudian ditempelkan ke kendi yang lecet. Tapi saya rasakan kok cara ini belum mempunyai pengaruh yang signifikan. Akhirnya kendi yang lecet ngga saya nenenkan ke Khansa karena luka mulai menganga dan agak berdarah, tapi saya peras dan saya masukkan botol asip yang sudah cukup lama absen dari peredaran. Walhasil kendi yang satunya mulai menyusul rekan sebelahnya yaitu agak luka karena sering dinenen Khansa.. benul-benul dilemma dan perjuangan busui -_-‘

Alhamdulillah ketika sedang membuka-buka grup Reos, untuk kesekian kalinya saya mendapat pencerahan. Ini grup walopun kumpulan pedagang (dan juga beberapa pembeli) tapi membahas berbagai macam permasalahan di dunia *halah*, istilah saya Reospedia lah hehe..

Qodarullah ada mak-mak Reos yang menanyakan hal ini, dan kemudian berdatanganlah berbagai saran dan petunjuk dari mamake yang lain (that’s why I love this group, just ask.. and they’ll response fast.. maklum, kan recommended online seller ya, jadi udah biasa fast response ke pelanggan wikikik.. *dipas-paske*)

Dan ini adalah rangkuman saran dari mamake Reos tersebut :

  1. Olesi dengan ASI sebelum menyusui >> banyak yang rekomen
  2. Olesi dengan perminyakan (minyak zaitun, minyak kelapa, minyak goreng)
  3. Olesi dengan persalepan (kamilosan,medela purelan,bepanthen) >> sebelum dinenekan harap dicuci/dibersihkan dulu
  4. Ramuan : air perasan kunyit parut+minyak klapa dipanasin sedkit trus dioleskan ke “kendi”

Naah, dari beberapa saran di atas saya sudah mencoba diolesi minyak zaitun yang dihangatkan terlebih dahulu dan juga mencoba diolesi ASI. Alhamdulillah sudah mulai ada perubahan, walaupun tadi lukanya sempet menganga lagi karena saya nenenkan ke Khansa (lha wis mesakne yang satu ASInya udah agak kosong karena dimimik terus)

Bismillah.. smoga luka saya bisa sembuh dan sepertinya harus hypnoparenting ke Khansa niy biar ngga nggigit-nggigit (point sing kedua iso rak yoo.. hiks..). Semangadh! insya Allah perjuangan ini membawa kebaikan dengan tercukupinya kebutuhan ASI Khansa *amin* (doa dewe amin dewe whehehe..)

Leave a Reply

