Help Others = Help Yourself

help

Tiga hari yang lalu saya disms teman kuliah saya yang sesama pemilik online shop, one of my best friend. Dia meminta bantuan untuk ditransferkan sejumlah uang ke rekening suppliernya untuk membayar barang kulakannya. Selama ini dia memang mempunyai deposit di tempat saya untuk keperluan mentransfer ke beberapa tempat kulakannya karena teman saya belum punya token. Qodarullah jumlah uang yang hendak dibayarkan melebihi dari depositnya, dan qodarullah waktu itu saldo saya mepet banget.

Tadinya uang yang ada di tabungan mau saya bayarkan untuk kulakan saya, dan apabila saya menalangi teman saya maka saldonya ngga cukup. Sempat bingung juga, kulakan saya harus segera dibayar karena besok adalah deadline-nya.Tidak banyak sih sebenarnya dana yang harus saya talangi, hanya 35ribu. Tapi berhubug saldo memang sudah sangat tipis, jadi walaupun sedikit tetap saja tidak cukup untuk melakukan transaksi lain.

Akhirnya saya ambil keputusan untuk minta dipending pembayaran kulakan saya, agar saya bisa membantu teman saya terlebih dahulu. Saya bilang ke supplier saya minta dispensasi membayar ketika awal bulan (nunggu gajian). Dia bilang ngga apa-apa, tapi khawatir barangnya keburu habis. Duh gimana ya, padahal barang di tempat saya sudah menipis sedangkan requestnya lumayan banyak. Ya sudahlah, pasrah saja. Saya sms lagi, kalau memang barang sudah habis ya ngga apa-apa. Mudah-mudahan ada rizki tak terduga jadi saya besok bisa membayar kulakan saya.

Sesudah itu saya mentransferkan sejumlah uang untuk membayarkan kulakan milik teman saya.

Subhanallah, malamnya beberapa orang memesan beberapa barang di tempat saya. Dan keesokan paginya beberapa transferan dari customer saya masuk di rekening tabungan saya, dan alhamdulillah jumlahnya mencukupi jumlah uang yang harus saya bayarkan ke supplier saya, bahkan lebih! berlipat-lipat dari 35rb yang saya bantu ke teman saya.

Masya Allah.. hati ini rasanya tak henti bersyukur dan seakan tak percaya, karena hal ini benar-benar diluar dugaan saya. Betapa Allah Maha pemberi pertolongan kepada hambaNya :’)

Benarlah suatu hadits mengatakan barang siapa menolong saudaranya, maka Allah akan menolongnya :)

Rasulullah Shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda (artinya) :
“Barangsiapa menolong saudaranya, maka Allah Azza wa Jalla akan menolongnya” [Muttafaq ’Alaih]

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam pun telah bersabda (artinya) :
“Barangsiapa yang (membantu) kebutuhan saudaranya, maka Allah (membantu) kebutuhannya. ” [Hadits ini hadits Ibnu Umar Radhiyallahu ‘anhu] HR. AI-Bukhari dalam Al-Mazhalim (2442), dalam Al-Birr wash Shilah (2580).

Rasulullah Shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda (artinya) :
“Barangsiapa yang membebaskan satu kesusahan seorang mukmin dari kesusahan-kesusahan dunia, maka Allah Azza wa Jalla akan melepaskannya dari satu kesusahan di antara kesusahan-kesusahan akhirat. Barangsiapa memberikan kemudahan kepada orang yang kesulitan, maka Allah akan memudahkan dia di dunia dan akhirat. Barangsiapa yang menutup aib seorang muslim, maka Allah Azza wa Jalla akan menutupi aibnya di dunia dan akhirat. Dan Allah Azza wa Jalla akan selalu menolong seorang hamba selama hamba itu menolong saudaranya” [Diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam Shahih-nya]

6 Comments

  1. saya ingat semalam membaca artikel… tentang mulianya tugas seorang relawan… satu yang diingat, bahwa apa yang kita beri itu bagaikan bola karet yang dilemparkan ke dinding, ketika kita melemparkannya dengan lambat, bola itu juga akan lambat kembalinya ke kita…(atau mungkin juga nggak kembali lagi ya..♓ é ² ♓ é ² ♓ é ² ♓ é ²), namun ketika kita melemparkan dengan keras dan tepat sasaran… insyaa Allah kembalinya juga demikian ke kita… kira kira begitu yang saya pahami dari artikel tersebut but …ini teori menurut logika aja kali yaa… yang jelas apa yang kita beri mau lambat ataupun cepat… yang penting adalah keikhlasan untuk membantu sesama, balasannya tentu mengharap dari Allah saja yaa.. seperti bunyi hadits2 yang mbak indri sebutkan di atas… ^^

Leave a Reply

