Olshop Story: Jangan Sembunyikan Cacat Barang

hide

Hari ini saya mengirim satu barang kepada konsumen. Ketika saya cek barang, ternyata ada yang posisinya salah. Saya berusaha membetulkannya, qodarullah mengakibatkan sobekan kecil pada barang tersebut. Saya kemudian berusaha menutupinya sehingga sobekan tersebut tidak terlihat.

Waktu saya mau kirim ada perasaan bersalah di hati saya, teringat pada satu hadits bahwa tidak boleh menyembunyikan cacat barang ketika berdagang (walopun sebenarnya kalo saya cuek hal itu -insya Allah- ngga akan terlihat). Saya juga ingat pengalaman kemarin ketika kulak barang dan ketika sampai di tempat saya kardusnya penyok-penyok, waktu saya bilang ke seller dia bilang kalo dari suppliernya sudah jelek kardusnya. Saya merasa terdzolimi karena dia tdk bilang ke saya kondisi barang yg sebenarnya.

Karena hati semakin tak tenang dan daripada rizki menjadi tdk berkah, akhirnya saya sms kepada customer, saya bilang apa adanya bahwa ada sobekan pada barang tersebut. Dan sebagai kompensasi (bentuk pertanggungjawaban saya), maka saya akan merefund barang tersebut senilai sekian rupiah, atau mengirim paket via reguler (customer sebelumnya minta memakai oke). Dalam hati juga udah pasrah misalnya customer mau membatalkan akadnya.

Alhamdulillah responnya baik, dan dia mau menerima kompensasi dengan pengiriman via reguler. Ya Allah, habis itu hati rasanya plong, legaa banget.. transaksi tetap berjalan, dan -insya Allah- tidak ada pihak yg merasa terdzolimi nantinya ^^

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,
“Seorang muslim adalah saudara muslim lainnya, tidak halal bagi seorang muslim menjual barang kepada saudaranya yang di dalamnya ada cacat, kecuali ia menerangkan cacat tersebut.” (Hadits riwayat Ibnu Majah,2/754; Shahihul Jami’, 6705.)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s