Bahaya Mengguncang Tubuh Bayi

Beberapa waktu lalu zauji menemukan satu artikel kesehatan yang penting bagi kami selaku orangtua, yaitu Bahaya Mengguncang Tubuh Bayi. Padahal seringkali hal ini -mengguncang tubuh bayi, baik disengaja ataupun tidak- dapat kita temukan pada kehidupan sehari-hari, termasuk pada kehidupan saya :'( *ngaku*

Ya, sebelum membaca artikel ini seringkali saya ataupun zauji bermain dengan Khansa dengan cara yang “ternyata” tidak diperbolehkan dalam artikel tersebut. Diantara permainan yang dilarang dan -sadly- kami lakukan yaitu melempar bayi ke udara, lari-lari sambil menggendong bayi dipunggung, main kuda-kudaan (bayi naik ke punggung, ke kaki dan digoyang-goyangkan), memutar bayi. Hwaa… ternyata semua permainan kesukaan Khansa tidak boleh dilakukan.

Beberapa point penting yg tertulis di artikel adalah..

Jika bayi mengalami guncangan yang keras, maka bisa menyebabkan otak di dalam tengkorak bergerak yang mengakibatkan memar jaringan otak dan merobek pembuluh darah.

Bayi memiliki kepala lebih besar dibandingkan dengan anggota tubuh yang lain, dan otot lehernya masih lemah. Jika diguncang, kepalanya akan tersentak ke depan dan ke belakang.

Sentakan-sentakan itu akan mengguncang otak dan merusaknya.

Pembuluh darah kecilnya akan ikut rusak, menimbulkan pendarahan di otak dan sekitarnya, dan juga di mata bayi.

 Baiklaaah… sudah ngga boleh lagi bermain yang terlalu ekstrim dengan Khansa :D , ngga jadi deh pengen ngajak Khansa naik jet coaster atau histeria *hayah*

So, becareful ya parents.. monggo dibaca artikel selengkapnya yang saya copas dari sini 

**********

BAHAYA MENGGUNCANG TUBUH BAYI

Pernah melihat orangtua yang melempar-lemparkan bayinya ke udara lalu menangkapnya untuk mendengar sang bayi tertawa? Atau mengguncang-guncang bahunya keras sambil berekspresi lucu? Jika Anda melakukan demikian, maka berhentilah segera. Dan jika melihat orang lain berbuat begitu pada bayi mereka, cegahlah, karena sangat berbahaya.

Sindrom bayi terguncang atau shaken baby syndrome adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan salah satu bentuk kekerasan pada bayi akibat mengguncangnya terlalu keras. Seringkali hal ini terjadi karena orangtua merasa kesal bayinya tidak mau berhenti menangis atau terus merengek.

Kondisi ini biasanya terjadi pada bayi berusia kurang dari 1 tahun yang bisa mengakibatkan cedera otak parah dan permanen, cedera tulang belakang, pendarahan di mata (pendarahan retina) bahkan hingga kematian.

Data statistik dari Pusat Pengendalian Penyakit dan Pencegahan Amerika Serikat (CDC) korban dari sindrom bayi terguncang ini umumnya berusia 3-8 bulan, dan sekitar 25 persennya meninggal akibat cedera yang dialaminya.

Dikutip dari Medicinenet, Senin (2/8) bayi memiliki otot leher yang sangat lemah serta memiliki kepala yang berat dan besar untuk ukuran tubuhnya. Selain itu terdapat ruang antara tengkorak dan otak yang memungkinkan untuk perkembangan otak bayi.

Jika bayi mengalami guncangan yang keras, maka bisa menyebabkan otak di dalam tengkorak bergerak yang mengakibatkan memar jaringan otak dan merobek pembuluh darah.

Pada umumnya luka yang timbul termasuk pendarahan di sekitar otak, pendarahan di mata dan sumsum tulang belakang serta cedera pada leher. Namun pada beberapa kasus kadang ditemukan adanya patah tulang rusuk atau patah tulang lainnya. Biasanya luka yang timbul akibat sindrom ini tidak langsung terlihat. Tapi beberapa bayi terkadang mengalami muntah atau menjadi lekas marah.

Gejala umum yang sering terjadi ketika bayi mengalami SBS adalah :

  1. Lesu
  2. Penurunan nafsu makan, atau muntah tanpa sebab yang jelas
  3. Memar di lengan atau dada yang tidak biasa
  4. Bayi tidak tersenyum atau bersuara
  5. Tidak mau menghisap atau menelan
  6. Sulit bernafas
  7. Kejang
  8. Kepala atau dahi tampak lebih besar dari biasanya
  9. Tidak mampu mengangkat kepala
  10. Mata tidak fokus atau tidak dapat mengikuti gerakan

Bayi yang mengalami cedera akibat sindrom ini membutuhkan perawatan darurat, termasuk bantuan pernapasan dan juga operasi. Selain itu seringkali bayi memerlukan pengeringan darah di sekitar otak untuk mengurangi cedera, serta dibutuhkan perawatan lain termasuk pemeriksaan mata (opthalmologic) dan juga saraf (neurologis).

Goyangan ini yang mengakibatkan kerusakan otak serta pendarahan di dalam otak dan pada permukaan otak, sehingga dapat menimbulkan masalah serius pada otak sang bayi, dan dapat mengakibatkan masalah yang berlangsung permanen, seperti :

1. Kerusakan otak

2. Cerebral palsy

3. Kebutaan

4. Epilepsi

5. Kesulitan berbicara

6. Kesulitan belajar

7. Kesulitan koordinasi

8. Serangan jantung

9. Keterbelakangan mental

Berikut adalah TIPS untuk Mencegah

1.  Jangan pernah mengguncang bayi di bawah umur 3 tahun, dengan alasan apapun juga.

2.   Beritahukan pentingnya melindungi kepala bayi anda kepada baby sitter atau pengasuh bayi anda.

3.  Pastikan semua orang yang dekat dan sering menggendong bayi anda tahu benar bahayanya seorang bayi jika diguncang-guncang atau digoyang.

4.   Menghindari memegang bayi selama berargumen.

5.   Hindari mendisiplinkan atau menenangkan bayi dan anak ketika orangtua sedang marah.

6.   Jika orangtua tidak bisa mengendalikan emosinya, usahakan untuk beristirahat sejenak dan biarkan bayi ditangani oleh anggota keluarga lain atau teman.

7.   Jika dengan sengaja/tidak sengaja, anda mengguncang-guncang bayi anda, segera bawa bayi anda ke dokter untuk diperiksakan. Pendarahan di dalam otak hanya dapat diobati jika anda segera memberitahukan kepada dokter bahwa anda baru saja mengguncang bayi anda. Cara ini akan menyelamatkan.

Pada beberapa orang anak bahkan dapat menimbulkan kematian. Ini dikenal dengan shaken-baby-syndrome. Kenapa berbahaya?

1. Bayi memiliki kepala lebih besar dibandingkan dengan anggota tubuh yang lain, dan otot lehernya masih lemah. Jika diguncang, kepalanya akan tersentak ke depan dan ke belakang.

2. Sentakan-sentakan itu akan mengguncang otak dan merusaknya.

3. Pembuluh darah kecilnya akan ikut rusak, menimbulkan pendarahan di otak dan sekitarnya, dan juga di mata bayi.

Resiko terbesar adalah pada bayi dibawah satu tahun, tapi tidak menutup kemungkinan dapat terjadi di usia yang lebih besar. Yang harus diwaspadai adalah guncangan-guncangan ini dapat terjadi justru ketika kita asyik bermain dengan sang bayi.

Ada beberapa permainan dan aktivitas yang harus dihindari untuk mencegahnya, antara lain:

1. Melempar bayi ke udara.

2. Lari-lari sambil membawa bayi di punggung atau di kepala.

3. Kuda-kudaan (bayi naik ke punggung, naik ke kaki dan digoyang-goyang).

4. Memutar bayi.

Jangan lupa mengingatkan orang-orang di sekitar sang bayi , seperti saudara-saudaranya, pengasuhnya, kakek-neneknya, untuk tidak mengguncang bayi.

(Dari beberapa sumber)

4 Comments

  1. lha kalo buat anak 5 th-an seumur ahmad gmn? dia kalo main perang2an sama abinya mengerikan gitu. sampai pukul2an gitu, jungkir2, kebalik2, gedebak-gedebuk, banting2an di atas kasur, loncat2 sampai keselek n batuk2, susah distop…wah..wah…

    trus pas blm 3th ahmad pernah lhoh didorong temennya jatuh mak glodak ke belakang kepalanya kebentur. sering jg jatuh dr mobil-mobilan yg bisa dinaikin itu. heleh..heleh… moga2 gpp lah ya…

    • kayaknya kalo dah 5 tahunan insya Allah ngga papa mba rini, soalnya leher dan kepala mereka sudah kuat, wallahu a’lam

      hehe.. ketoke nek kebentur, kejeduk, lan sapanunggalane kuwi emang gaweyane bocah yo mba?ki Khansa wae hawane pengen ta wenehi helm, lha wis kejeduk kok sering banget.. mbuh kejeduk kursi, tembok, meja *hadeh*
      mugo2 ora popo n sehat2 wae ya mba rin anak2e dewe *amin*

  2. mau tnya klw ank 2 thn d lempar”ke udara, trz dblik kaki di atas kepala dbwh bhya g.kluarga dri suami sy sllu seperti itu sm ank sy.alasany karna gemas ny.sy sm ayh ny sj g prnh brbuat seperti itu.sy sdh mlrang.tp ttp aj stiap brtmu ank sy dperlakukan seperti itu.sbnrny sy mrsa kesal.tp ga tau hrs gmn.tp stlh sy bc artikel tntng SBS ini.sy akn berusaha trs agar kluarga menanggapi klw perlu akan sy jlskn SBS ini.tp apa yg hrs sy lkukan mengingat kmrin”ank sy sdh dprlakukan seperti itu.apa sy hrs priksa kdkter.mlht skrg.ank sy jd ssh mkn.tq jwbn ny

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s