Berat Badan Ideal Balita Perempuan

Minggu lalu – sepulang dari liburan- , saya dan zauji sepakat untuk memeriksakan Khansa ke dokter. Hal ini berawal dari kecemasan kami akan adanya pringkilan kecil di leher belakang kiri Khansa. Kami khawatir karena tante zauji yang bidan mengatakan bahwa salah satu gejala flek pada anak adalah adanya benjolan pada leher. Kekhawatiran kami bertambah mengingat bahwa sudah 3 bulan ini berat badan Khansa tidak mengalami kenaikan, bahkan cenderung turun :'(

Berat badannya stabil di kisaran 10 kg, dan kemarin ketika kami timbang di tempat adik di Purwokerto malah berkisar 9 kg *sedih*. Memang sih, geraknya Khansa itu banyak banget, kesana kemari, ngga bisa liat tempat luas sedikit hawanya pengen lari-lari, sehingga bisa jadi menyebabkan beratnya stabil. Tapi sebagai orangtua ada baiknya kami melakukan tindakan pencegahan dini dan berharap smoga tidak terjadi hal yang buruk pada buah hati kami.

Kami membawa Khansa ke dokter anak yang biasa kami kunjungi (kapok coba-coba ke dokter anak lain) yaitu dokter A***, yang bertugas di Klinik dekat rumah. Beliau mendengarkan penjelasan dari kami (termasuk berat badan Khansa yang saat ditimbang di klinik 9,3 kg), kemudian gantian beliau memberikan penjelasan mengenai gejala flek. Sesudah itu bliau memeriksa kondisi Khansa (tentu saja Khansa dengan senang hati menangis kejer dan meronta ketika diminta tidur di bed -_-‘, padahal pas duduk senang-senang aja diberi bebek kecil mainan sama dokter A***).

Alhamdulillah dari hasil pemeriksaan sementara cukup baik. Dalam artian tidak ada radang, cek jantung baik, dan benjolan kecil yang ada di leher Khansa -insya Allah- bukan termasuk gejala flek karena bentuknya kecil, sedangkan kalo flek biasanya cukup besar.

Dokter A*** meresepkan obat untuk pencernaan, karena bisa jadi tidak adanya penambahan berat badan anak karena adanya gangguan pencernaan. Beliau juga minta agar 10 hari lagi kami kembali untuk pemeriksaan lanjut. Mudah-mudahan hasilnya baik sehingga Khansa tidak perlu menjalani tes mantoux dan sebagainya.

Saat ini PR saya adalah bagaimana agar asupan Khansa tercukupi dengan baik. Aneka makanan tambahan saya berikan ke Khansa, termasuk jus, puding, buah, dan kacang hijau. Bismillah, smoga Allah melindungi Khansa dari penyakit yang membawa kemadhorotan.

Sebagai informasi pelengkap, berikut saya copas dari sini tabel berat badan ideal bagi balita perempuan (untuk balita laki-laki insya Allah juga ada di web tersenut). Smoga bermanfaat untuk memantau perkembangan kesehatan anak kita :)

*********

TABEL BERAT BADAN BALITA PEREMPUAN

1 Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s