Khansa 22 Bulan

Tidak terasa genduk Khansa sudah berusia hampir 2 tahun, tepatnya memasuki usia 22 bulan. Sebagai emak yang mengikuti gerak geriknya setiap hari, alhamdulillah sangat bersyukur bisa mendampingi dalam tiap tahap perkembangannya.

Insya Allah perkembangan motoriknya sudah lebih baik, motorik halus maupun kasarnya. Naik turun tangga sudah tidak perlu dibantu, naik turun kursi apalagi. Memegang pensil juga sudah benar caranya, tinggal mengarahkan pergerakan tangannya biar ngga asal corat coret seperti sekarang, ahemm.. dan juga mengarahkan media tulis dan gambarnya temtu saja. Beberapa items yang sudah menjadi korban yaitu tembok rumah (ingat masih ngontrak nduk.. ngontraak), sprei, baju dan celana panjang khansa, meja, bahkan monitor laptop -_-‘


Belajar memakai dan mengenakan pakaian sendiri juga sudah dilakukan sejak beberapa bulan yang lalu, walaupun masih kesulitan  terutama kalo memasukkan lengan. Makan dan minum juga sudah bisa sendiri, tapii.. kalo sudah mulai buat mainan (ditumpahin, diecret-ecret), giliran emaknya ambil alih hehehe..


Menghafal anggota tubuh insya Allah sudah lulus (utk yang rumit-rumit macam usus, ginjal, jantung belum yaa xixixi), tinggal menambah hafalan berbagai macam binatang, buah, sayur. Biasanya utk buah dan sayur saya kenalkan kalo sambil belanja di warung ato pas belanja bulanan. Untuk binatang prefer foto asli daripada gambar, biasanya saya perlihatkan via google image.


Pengenalan warna juga sudah mulai saya lakukan waktu usianya sekitar 20 bulan. Alhamdulillah sekarang sudah mengenali warna,walopun kadang masih asal.. pertama bilangnya meyah, kalo ditanyain lagi baru bener (paling apal warna merah lah).


Alhamdulillah utk huruf hijaiyyah -bi idznillah- Khansa sudah hafal, huruf abjad kadang masih tertukar (ex: J dan L, Y dan W), angka 0-9 sudah bisa. Ini dilakukan tanpa paksaan, dan juga diluar perkiraan saya. Tadinya mulai usia 15 bulan saya perkenalkan puzzle utk melatih motorik halusnya, alhamdulillah lama kelamaan kok hafal dengan sendirinya. Tapi ya itu, harus telaten hampir tiap hari main puzzle hehe.. *dan emaknya pun harus telaten memungut puzzle yang berceceran -_-‘


Toilet training masih setengah-setengah, karena kalo pas capek masih saya kenakan clodi, juga karena training pantsnya terbatas *alesan, padune mbokne kesed ;p .

Hmm.. memasuki usia 2tahun sepertinya akan semakin banyak tantangannya, bagaimana menanamkan berbagai hal (terutama kaitannya dengan agama) dengan lebih banyak dan lebih baik lagi. Adab dan akhlak sesuai tuntunan Rasulullah -sholallahu ‘alaihi wasallam- yang selama ini kami ajarkan dan dipraktekkan sehari-hari oleh Khansa harus teteup dilanjutkan. Start from simple things seperti memakai baju dan sepatu mulai dari tangan kanan dan melepasnya mulai dari kaki kiri; makan dan minum dengan tangan kanan sambil duduk, dll.

Satu hal lagi yitu bahwa anak-anak itu menyerap cepat sekali apa yg ada di lingkungannya. Jadi sebagai orangtua kita harus berhati-hati memilihkan lingkungan yang terbaik bagi mereka,  apabila tidak bisa mendampingi ya kita delegasikan kepada seseorang yg kita percaya, dan kita beritahukan kepada mereka prinsip parenting yang menjadi pegangan kita . Ini masih menjadi PR bagi saya karena selama ini  saya dibantu oleh ummu bima -walaupun hanya setengah hari-.  Pernah terjadi hal yang kami hindari ternyata diajarkan oleh ummu bima, tapi alhamdulillah setelah saya beritahukan bahwa kami tidak mengajarkan hal tersebut pada Khansa beliau memahaminya dan -insya Allah- tidak mengulangi hal tersebut. Beliau pun selama ini sudah menjadi partner yang baik, misalnya saya mengajarkan warna, buah, anggota tubuh, maka beliau juga mengulang-ulangnya ke Khansa.


Semoga Allah memudahkan jalan kami sebagai orangtua untuk membimbing anak (-anak) kami, dan tentunya memberkahi kami kesabaran untuk melalui proses tersebut *hiks, seringkali masih suka esmosi menghadapi genduk , maapkeun ummuha ya nduk.. :'(


Nah, dear parents berikut cuplikan perkembangan anak usia 22 bulan-24 bulan. Smoga bermanfaat yaa ^^

********************

Tumbuh Kembang Anak 22-24 bulan
Sonya Tampubolon

Menjelang dan memasuki usia 2 tahun beberapa hal ini dapat Anda temukan dalam tumbuh kembangnya. Jari-jari tangannya akan semakin cekatan, dia akan belajar berpakaian sendiri, dan dia akan siap untuk Toilet Training.

Jari-jari Kecil yang Cekatan

Pada usia 22 bulan kemampuan motorik halus anak akan semakin dilatih dan disempurnakan. Batita Anda akan sangat bersemangat menggunakan jari-jari kecilnya untuk menyusun balok, merangkai beads menjadi kalung, atau memasukkan dan mengeluarkan tali sepatu dari lubangnya seperti sedang menjahit.
Untuk mendukung perkembangan ini, Anda dapat menyediakan berbagai mainan dengan bahan empuk yang mudah dibentuk seperti bahan-bahan dough, clay atau lilin mainan. Si kecil akan menikmati aktivitas yang menyibukkan jarinya seperti menekan, meremas, atau menggulung.

Lebih jauh lagi, bukan hanya jari-jarinya yang akan terlatih. Seluruh otot tangan dan pergelangan akan turut bergerak. Selain meningkatkan kemampuan motorik halusnya, hal ini juga mendukung pertumbuhan fisik dan mental anak. Misalnya saat akan menyusun balok menjadi suatu bangunan, maka sebelumnya batita Anda akan terlatih untuk berpikir kreatif dalam menentukan bentuk bangunan yang akan disusun.

Belajar berpakaian sendiri

Sekitar usia 23 bulan, batita Anda akan mulai ingin berpakaian sendiri. Biasanya dia akan mulai dengan mencoba menepis tangan Anda dan membuka pakaiannya sendiri. Biarkan anak melakukannya, meskipun dia akan menghabiskan waktu lebih lama. Perhatikan cara anak saat melepaskan pakaiannya, karena dia bisa saja mengalami beberapa kesulitan.

Setelah bisa membuka pakaian, biasanya anak juga akan mencoba memakai pakaiannya sendiri. Untuk memudahkan dia (dan Anda juga sebenarnya), pilih pakaian yang relatif lebih sederhana dan mudah, misalnya dengan kancing yang besar dan tidak terlalu banyak, atau dengan retsleting. Kaus dan t-shirt yang loose atau siap pakai sebaiknya agak longgar agar tidak menyusahkan saat digunakan. Bukan hanya baju, batita Anda juga dapat bereksperimen dan bereksplorasi dengan berbagai aksesoris sederhana seperti topi yang lucu-lucu atau scarf.

Toilet Training

Memang tidak ada patokan umur bagi seorang anak harus mulai melakukan toilet training. Namun umumnya sekitar usia 2 tahun bisa menjadi usia yang ideal untuk mencoba mengajari anak mengontrol BAB dan BAK-nya, serta belajar menggunakan toilet untuk buang air.
Jangan terburu-buru dan terlalu memaksakan si kecil, karena toilet training adalah proses yang memerlukan waktu yang tidak sama pada masing-masing anak. Sebaliknya, Anda justru harus memperhatikan kesiapan si kecil. Karena bagaimanapun, itulah kunci utama keberhasilan toilet training. Semakin siap anak maka akan semakin mudah juga untuk melatihnya.

Langkah paling sederhana bagi batita dalam belajar ialah melalui imitasi. Biarkan anak mengamati Anda saat ke kamar mandi dan menggunakan toilet. Sebaiknya anak laki-laki melihat ayahnya dan sebaliknya anak perempuan melihat ibu, agar mereka tidak dibingungkan dengan perbedaan jenis kelamin.

Sekali-kali Anda juga dapat mendudukkannya di atas toilet, membukakan celananya dan memberitahunya bahwa nanti dia akan bisa menggunakan toilet sendiri untuk pipis, sama seperti Anda. Jangan ada unsur paksaan dan ekspektasi berlebihan, anggap hal ini sebagai permainan yang mendidik baginya.

Agar anak lebih mudah untuk mengontrolnya, bantulah ia untuk mengenali timbulnya keinginan untuk buang air. Pada beberapa anak, tanda-tanda bisa berupa: muka memerah, mengejan, berhenti bermain sejenak dan lain-lain. Permudah proses belajar toilet training si kecil dengan membelikannya celana dan pakaian yang mudah dibuka. Bahkan Anda juga dapat menyediakan potty chair dan membacakan potty books baginya

Sumber : di sini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s