Olshop Story : Kembalikan Hak Buyer!

Weiss.. judul yang kelihatannya sangat berapi-api, soalnya pake tanda pentung segala hehehe…

Ini satu hal yang sepertinya sepele, tapi sangat PENTING, karena menyangkut urusan hal orang lain, yang pertanggungjawabannya bisa dibawa hinga ke akhirat. Nah lho, ati-ati :)

Hal apakah yang saya maksud? yaitu mengembalikan sisa dana buyer yang ada di tempat kita, walaupun hanya sebesar 100 rupiah pun.

Yup, sebagai seorang seller, saya sudah seringkali mengalami adanya deposit dana buyer di tempat saya. Ada yang merupakan kelebihan ongkir (misalnya perkiraan ongkir saya dua kilo, ternyata hanya kena sekilo), ataupun buyer yang sengaja melebihkan pembayaran untuk memudahkan transfer.

Apabila ada kejadian seperti itu, insya Allah saya pasti akan mengkonfirmasi ke yang bersangkutan bahwa akan merefund dana tersebut (alhamdulillah via internet banking mandiri memudahkan saya untuk mentransfer dana dengan nominal kecil). Reaksi buyer bermacam-macam,  ada yang sebagai simpanan untuk orderan berikutnya, mengikhlaskannya, atau meminta saya untuk menshodaqohkannya. Dengan begini maka hati saya lebih lega karena sudah ada keridhoan dari sang empunya hak :)

Sangat tidak terpuji dan SALAH kalau kita menyimpan sisa dana buyer untuk diri kita sendiri. Mungkin hanya 100 rupiah, tapi kalau itu bukan merupakan hak kita, maka ini berarti kita mengambil hak orang lain tanpa ijin darinya. Satu hal kecil yang dapat menghilangkan keberkahan rizki bahkan bisa menyeret kita ke api neraka (na’udzubillahi mindzalik).

Allah pun sudah mengatur hal ini yang tercantum dalam firman-Nya :

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama suka di antara kamu…” [an Nisaa/4 : 29].

Bahkan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah mengingatkan :

“Setiap muslim terhadap muslim yang lain adalah haram darahnya, harga dirinya, dan hartanya”. [HR Muslim].

So, para agan dan aganwati, berhati-hatilah terhadap hal yang satu ini. Well.. it’s a reminder for me too ^_^

2 Comments

Leave a Reply

