Durusul Lughoh Bab 3

Lanjut ke BAB selanjutnya, sebagai tambahan info kalo mau download kamus Al Munawwir bisa cek di sini >>

Kamus almunawir aplikasinya :

ebook : http://www.4shared.com/office/AycZA1Ii/Kamus_al-Munawwir_Arab-Indones.htm

versi kamus digital buka ini : http://kaahil.wordpress.com/2013/01/13/bagus-gratis-kamus-al-munawwir-indonesia-arab-download-kamus-al-munawwir-pdf-karya-achmad-warson-munawwir-kamus-al-munawwir-digital-verbace/

**********

BAB 3

Dari bab 3 diambil faidah:

1. Isim ditinjau dari sisi ta’yin  (penunjukkannya), ada 2: isim nakiroh dan isim ma’rifah.
Nakiroh (umum), belum jelas penunjukkannya. Ma’rifah , sudah jelas penunjukkannya
seperti, baitun > nakiroh (rumah, scr umum)
Al baitu > rumah itu (sdh jls “rumah yg itu”)

Tambahan “al” membuat isim nakiroh jadi ma’rifah

2. Macam isim ma’rifah yang telah kita kenal:

– isim ma’rifah karena tambahan alif lam “al” seperti al baitu

– isim dhomir (kata ganti), contohnya ana (aku), anti (kamu), antunna (kalian), smua dhomir ma’rifah

– isim isyaroh jg trmsk ma’rifah (hadza, dzalika, dll)

– al ‘alam (nama org), spt muhammadun, yasiirun, dll

3. Ketentuan berkaitan dengan nakiroh ma’rifah sesuai bab ini:

– nakiroh > ditanwin akhirnya

– ma’rifah > pake alif  lam

Catat: setiap kata yg didahului “al” ato alif lam dilarang ditanwin. Ga boleh al baituN.

4. Kita menemukan susunan mubtada khobar lagi. Seperti, al baabu maftuuhun (pintu itu terbuka). Al baabu mubtada, maftuuhun khobar. Smua contoh pada halaman 14 ini susunan mubtada khobar

>> Tambahan faidah bab 3:

# Dalam bahasa arab ada 28 huruf, 14 huruf syamsiyah, sisanya huruf qomariyah.
Huruf syamsiyah adalah huruf yg jika diawali ال (al), mk al akan berpadu dg huruf syamsiyah tersebut (al tdk terbaca). Misal: ﺍﻟﺸﻤﺲ (asy syamsu). Perpaduan ini ditandai dengan syaddah (tasydid) pd syin (ش). Sdgkn pd huruf qomariyah tdk ada perpaduan. Jadi al tetap diucapkn. Misal: ﺍﻟﻘﻤﺮ (al qomaru). Lbh jelas huruf apa saja yg masuk syamsiyah maupun qomariyah lihat pd hal 19

Faidah lain:

Dr bab 3 kita temukan antonim (lwn kata). Seperti:

 ﺣﺎﺭ >< ﺑﺎﺭﺩ (panas >< dingin)

ﻭﺳﺦ >< ﻧﻈﻴﻒ (kotor > < bersih).

dll.  

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s