Review >> Kereta Api Menoreh dan KRL

1. Experiencing the Menoreh

Idul Fitri tahun 2013 ini alhamdulillah seperti biasanya kami mudik ke Semarang dan Demak (plus keliling ke kota lainnya seperti Salatiga dan Tegal). Tiap tahun ketika pulang beragam moda transportasi yang kami gunakan. Kami pernah mudik menggunakan kereta, pesawat dan mobil, dan untuk tahun ini kami memilih menggunakan kereta api.

Oleh karena menyesuaikan dengan kondisi keuangan, maka perjalanan mudik kami dari Jakarta ke Semarang kali ini menggunakan kereta ekonomi AC yaitu Menoreh. Tentu saja kereta ini kami pilih berdasar harganya yg lebih murah (lebaran kemarin harganya 200rb) jika dibandingkan kereta argo (lebaran harganya 400rb-an ke atas). Utk tiket balik ke Jakarta alhamdulillah mendapat argo sindoro dengan harga tiket per orang 225rb (khansa kena biaya 50rb, begitu juga ketika naik menoreh)

Sebelum membeli tiket Menoreh, zauji sudah browse terlebih dahulu.. dan ternyata hasil browsingannya tidak jauh berbeda dengan kenyataan yang ada.

Two  thumbs up buat PT KAI yang sudah melakukan buanyaak perubahan menuju kebaikan dalam hal pelayanan penumpang. Misalnya saja utk kereta bisnis dan ekonomi dimana sudah tidak ada lagi penumpang gelap yang “berserakan” di koridor gerbong yg sangat mengganggu kenyamanan penumpang lainnya.

Khusus review kereta AC ekonomi menoreh, IMHO :

AC-nya -alhamdulillah- dingin, jadi penumpang merasa nyaman dan tidak kegerahan.

Kamar mandi/wc-nya bersih dan layak pakai (tidak seperti jaman baheula yg pesing dan jorok, bahkan dulu banyak penumpang yg memenuhi depan kamar mandi)

Kursinya berbantalkan sofa bahan kanvas dengan busa tipiss… tapi bagi kami sekeluarga masih merasa nyaman menggunakannya.

Yang menjadi kekurangannya yaitu kursinya yang modelnya berhadapan sehingga kami merasa kurang nyaman karena harus berhadapan dengan penumpang lain, sehingga agak mengganggu privacy kami. Ditambah lagi jarak antar pihak yang berhadapan itu agak sempit jadi posisi kaki kurang nyaman.

Secara garis besar, kereta menoreh bisa dijadikan alternatif moda transportasi yg baik dan cukup terjangkau ^^

2.  Goes to Bojong with KRL

Ketika kembali ke Jakarta, kami sekeluarga menggunakan argo sindoro. Utk sarana transportasi sesudah sampai di stasiun tujuan menuju ke Bojonggede Bogor, kami memilih menggunakan KRL dari stasiun Jatinegara (sesudah pilihan lain yaitu naik taxi, naik bus, naik KRL dari stasiun gondangdia)

Kereta Argo sindoro sampai di stasiun Jatinegara pukul 11.25, dan jadwal KRL ke bogor pk 11.35 (yang  realitanya baru datang pada pukul 11.45, dan berangkat pk. 12.00).

Pada awal berangkat naik KRL kami rasakan cukup nyaman, walaupun ACnya sama sekali tidak terasa. Wallahu a’lam apakah berbeda-beda tiap gerbong kereta, karena zauji pernah naik dari gondangdia ke Bogor dan AC kereta lumayan dingin.

Ternyata perjalalanan begitu panjaaang dan laaamaaaa…Apalagi sesudah sampai di stasiun Duri penambahan penumpang sangat banyak sehingga harus berdesak-desakan dan menyebabkan hawa ruangan semakin pengap dan panas. Inilah yg menyebabkan Khansa mulai rewel dan menangis. Mungkin karena kondisi kereta kurang nyaman ditambah dia ngantuk, plus sedang kena flu.

Alhamdulillah akhirnya sampai juga di stasiun Bojong setelah melalui perjalanan selama 2 JAM SAJA hiks.. Saya tidak mengira akan selama itu, saya pikir hanya 1 jam.

Utk KRL memang merupakan alternatif transportasi yang cukup murah, karena dari stasiun jatinegara menuju stasiun bojong kami hanya dikenakan tiket per orang 4.000 (khansa tidak dikenakan biaya).

IMHO, mungkin kalau hanya orang dewasa oke-oke saja menggunakan transportasi ini, tapi kalo dengan anak kecil (apalagi bayi dan balita), sepertinya agak kurang nyaman. Apalagi kalau di jam sibuk yg padat penumpang. Eh, padahal kami diluar jam sibuk tapi teteup aja padat ya.

That’s all my review. Smoga moda transportasi Indonesia semakin baik dikemudian hari ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s