Solusi Hemat Listrik ala StarkLED

banner-blog-kontes-250x250

Beberapa tahun terakhir masyarakat dihadapkan pada kenaikan tarif listrik. Pada tahun 2013 ini Pemerintah memutuskan menaikkan tarif tenaga listrik sebesar 15% yang dibagi menjadi 4 tahap. Kenaikan per tiga bulan dengan rata-rata sebesar 4,3% tetap berlanjut di tahapan ke-4 pada bulan Oktober ini.

Oleh karena listrik merupakan salah satu kebutuhan primer, maka masyarakat harus menyiasatinya dengan melakukan efisiensi energi listrik. Selain untuk penghematan biaya juga untuk menghemat energi, mengingat bahwa antara kebutuhan dan pasokan listrik saat ini belumlah seimbang.

Sering kita mendengar di media massa kemampuan PLN sebagai penyedia pasokan listrik sangat terbatas. Kenyataan yang harus kita akui bahwa belum semua masyarakat Indonesia sudah menikmati aliran listrik.

Bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan, pasokan listrik bukanlah suatu masalah besar karena selama ini rata-rata kebutuhan listrik dapat terpenuhi dengan baik. Tapi bagaimana dengan saudara kita yang tinggal di daerah pelosok dengan pasokan listrik terbatas? Atau penduduk yang tinggal di pulau-pulau kecil yang sama sekali belum menikmati aliran listrik?

Mereka harus jeli memanfaatkan sumber energi yang ada di lingkungannya, salah satunya dengan memanfaatkan energi air dengan menjadikannya Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH). Sesuai dengan namanya maka PLTMH hanya menghasilkan energi listrik skala kecil, yaitu kurang dari 200 kW.

Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (Foto:dok/ovalezoval.blogspot.com)

Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro
(Foto:dok/ovalezoval.blogspot.com)

Menilik terbatasnya energi yang dihasilkan PLTMH tidak sebanding dengan banyaknya rumah tangga yang membutuhkan aliran lisrik, tentu diperlukan strategi cerdas untuk mengatasinya. Salah satunya dengan menghemat pemakaian energi listrik. Penduduk yang menggunakan PLTMH membutuhkan penerangan yang hemat energi sekaligus hemat biaya. Diperlukan lampu dengan cahaya terang tapi konsumsi listrik kecil sehingga tidak membebani daya listrik. Salah satu alternatif produk yang bisa digunakan yaitu StarkLED, dengan jargonnya “StarkLED, Lampu LED murah berkualitas hematnya dari hari pertama”

Konsumsi listrik starkLED lebih rendah sehingga hemat konsumsi energi. Lampu StarkLED dengan daya 7 watt setara dengan lampu pijar (75 watt) atau jenis LHE (16 watt). Memang harga StarkLED yang dibandrol Rp. 42.500 lebih mahal dibanding dengan lampu pijar (Rp. 7500) maupun Lampu Hemat Energi (LHE) Rp.28.000. Eits, jangan khawatir…jika kita asumsikan pemakaian harian selama 12 jam maka usia pakai StarkLED mencapai 15 tahun. Jauh lebih lama dibanding lampu pijar yang hanya  kurang dari 1 tahun maupun lampu hemat energi (LHE) dengan masa pakai 2 tahun. Analisa sederhanapun mampu memberi jawaban tepat. Penggunaan lampu LHE selama 15 tahun kira-kira membutuhkan 7,5 lampu berarti 7,5 x Rp. 28.000 maka kita perlu menganggarkan Rp 210.000. Sedang StarkLED hanya 42.500 untuk kurun waktu yang sama.

Yup, dengan usia penggunaan yang lebih lama dibanding dua jenis lampu lain maka akan didapatkan bahwa StarkLED lebih menghemat biaya lebih dari 50% dari LHE. Belum lagi berapa rupiah yang bisa kita hemat dengan konsumsi energinya yang lebih kecil. Wow, berapa anggaran yang bisa kita hemat dan bisa dimanfaatkan untuk keperluan yang lain.

Berikut ini skema perbandingan antara LED, lampu Pijar dan LHE :

Ditambah keunggulan lain yaitu cahaya lampu StarkLED tidak panas dan tidak memancarkan sinar UV (ultra violet) yang dapat merusak mata, serta -insya Allah- aman bagi kesehatan karena tidak mengandung merkuri maupun bahan beracun lainnya. Selain itu juga adanya garansi satu tahun jika lampu mengalami kerusakan. Jadi bila lampu StarkLED bermasalah dan masih dalam masa garansi, dapat ditukarkan ke toko dimana kita membeli StarkLED, dan akan segera diganti dengan lampu StarkLED baru saat itu juga.

 Jika saja starkLED ini dipergunakan secara luas di wilayah pedesaan dengan pasokan listrik terbatas, maka insya Allah akan semakin banyak masyarakat yang terbantu dalam hal penerangan. Dan hal ini membuktikan keunggulannya, yaitu “StarkLED, Lampu LED murah berkualitas hematnya dari hari pertama”. Mantap…

2 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s