Wisata Murah Meriah di Seputaran Bogor

KRB

Hari minggu yg lalu kami bertiga piknik dadakan. Tempatnya tidak jauh dari rumah kami, dan yang penting murah meriah euy hihi.. *liat kalender*,  tempatnya adalah Taman Ade Irma Suryani atau dikenal dengan Taman Topi.

Sebenarnya di seputaran Bogor ini banyak tempat wisata yang murmer. Akan saya coba mengupasnya satu per satu beberapa spot yang pernah kami kunjungi.

1. Kebun Raya Bogor (KRB)

Tempat yang satu ini tentunya tidak asing bagi warga Bogor. Didalamnya terdapat taman yang super luass berisi aneka macam tumbuhan, dikelilingi pohon-pohon besar yang rindang, cocok banget untuk area piknik dan kumpul keluarga. Selain itu juga ada museum zoologi yang menarik untuk dikunjungi, didalamnya terdapat aneka hewan yang diawetkan. Harga Tiket Masuk KRB hanya 15rb/orang utk sabtu-minggu, dan 10rb/orang utk hari kerja.

KRB

foto/dok : aztama.com

Beberapa minggu yang lalu kami berkunjung ke Kebun Raya Bogor. Berangkat jam 7 pagi dari rumah, serta tidak lupa mempersiapkan bekal terlebih dahulu yaitu teh hangat dalam termos kecil, air putih, snack, dan bekal sarapan pagi. Khansa tentu saja merasa senang, karena dia memang pasti akan tertarik ketika mendengar kata “tindak yuk” (tindak=pergi,jawa). Sebelum masuk KRB kami berhenti sejenak di luar pagar KRB untuk melihat dan memberi makan rusa yg dipelihara di Istana Bogor. Harga kangkung dan wortel yg dijual utk memberi makan Rp.1000 saja *murmer tapi anak syenang, #makirit*.

Begitu sampai di KRB, kami mencari tempat yang nyaman dulu untuk makan. Kami pilih tempat di pimggir danau dekat Istana Bogor dengan pemandangan cantik berupa teratai yang mekar. Usai sarapan, kami melanjutkan perjalanan menuju sebuah taman nan luass *lupa nama tamannya*. Khansa dengan senang hati berjalan kaki dari danau menuju taman, padahal jaraknya lumayan jauh lho. Sepanjang jalan isinya pepohonan yang rimbun, segerr.. apalagi kalo datangnya pagi.

Menghabiskan waktu lumayan lama di Taman, pilih tempat yang adem kemudian main bola sama Khansa (sudah prepare membawa bola yang dikempeskan jadi disana tinggal tiup) dan makan snack. Ternyata banyak kelompok-kelompok yg membuat acara di taman tersebut. Ada acara keluarga, keagamaan, sekolah, dan lain-lain. Kebanyakan memasang tenda terpal karena di bagian tengah taman lumayan panas.

Sebelum pulang, mampir dulu di museum zoologi, jangan khawatir it’s free hihi.. Kids love animals, jadi insya Allah mereka akan senang jika dibawa kemari, walaupun melihat binatangnya dalam bentuk yang diawetkan.

Kalau ke Kebun Raya Bogor jangan lupa siapkan bekal, payung/topi dan minuman secukupnya. Bila perlu membawa baju ganti terutama untuk anak, karena berjalan mengelilingi Taman lumayan membuat keringat mengucur. Hari Minggu mobil dan motor dilarang masuk.

2.  Taman Ade Irma Suryani (Taman Topi)

Kami berkunjung ke Taman Topi hari Minggu yg lalu. Edisi penasaran ceritanya, soalnya sudah beberapa kali lewat disana tapi belum sempat mampir.

Ternyata ketika hari Minggu Taman Topi lumayan ramai pengunjung. Ada yang sekedar “nongkrong” dan makan di foodcourt depan area bermain, ataupun masuk ke dalam area bermainnya. Kami memutuskan untuk masuk ke area bermain. Dengan harga tiket per orang 9.000 (Khansa gratis, karena bayar tiket untuk usia 3 th ke atas), tempat di dalamnya lumayan menghibur. Mengingatkan saya dengan Wonderia di Taman Budaya Raden Salah (TBRS) Semarang.

foto/dok : panoramio.com

foto/dok : panoramio.com

Ada berbagai permainan disana, naik kuda, komidi putar, kereta Thomas, flying fox, kincir angin mini, dan lain-lain. Rata-rata tiket untuk tiap permainan 5.000. Lumayan murah juga *penting*. Khansa hanya main komidi putar, sesudah itu menuju area jungkat jungkit, perosotan, ayunan. Dia malah lebih suka berlama-lama disitu.

Sebelum pulang berhenti sebentar untuk mencicipi es krim durian seharga 5.000. Rasanya lumayan lho, ada es krim plus durian asli. Nyam..nyam..

3. Ecopark Cibinong

Kalau yang satu ini letaknya di Cibinong, Kab Bogor. Berada di dalam komplek LIPI, di km 46 jalan raya bogor.  Harga tiket masuk? gratisss…cukup bayar parkir aja 2 ribu.

foto/dok : yellashakti.wordpress.com

foto/dok : yellashakti.wordpress.com

Memang disana tidak ada area bermain yang ditawarkan. Tapi dengan pemandangan Setu/danau kecil yang indah (apalagi kalau pas teratainya mekar) dan rerumputan yg hijau, cukup menyegarkan pikiran. Ramai pengunjung biasanya hari Sabtu sore, Minggu pagi dan Minggu sore. Banyak yang berolahraga ataupun sekedar piknik kecil-kecilan, gelar tikar dan makan bekal. Aneka jajanan dijual di sekitar Ecopark (siomay, mie ayam, burger, tahu sumedang, lonting, dll).

Sebelum pindah ke Bojonggede, kami lumayan sering berkunjung ke Ecopark. Biasanya kami olahraga dulu sebentar, dan selebihnya..makan hihi.. Olahraga yang ringan-ringan saja seperti badminton atau jogging. Dilarang berenang di Setu ya. Sesudah makan bekal, biasanya Khansa minta melihat ikan, kemudian pulang.

4. Taman Billabong Permai

Ini adalah tempat yang sering kami kunjungi sesudah pindah ke Bojonggede, karena tempatnya dekat dari rumah kami, yaituuu.. di dalam komplek rumah hihi..

Terletak di dalam komplek perumahan Bilabong Permai dengan sekelilingnya pohon pinus,  taman ini menjadi tempat piknik kecil-kecilan bagi warga sekitar. Waktu yang ramai pengunjung biasanya Minggu pagi. Banyak pedagang menggelar aneka dagangan, mulai dari makanan, mainan, baju, obat-obatan.. pasar kaget istilahnya.

Tidak ada tiket masuk, cukup bayar parkir saja (kalau pas ada tukang parkirnya hihi). Anak-anak biasanya senang bermain di area bermain yang disediakan. Cukup membayar 4000 saja untuk tiap mainan. Ada memancing ikan (dari plastik), kereta mini, istana balon, kolam bola, dan mobil-mobilan.

Selain permainan tersebut, asik juga kalau membawa bola dan bermain bersama anak di lapangan, ataupun sekedar duduk santai di bawah pohon pinus sambil menikmati bekal. Mau order makan di tempat juga bisa. Di seputaran taman ada pedagang mie, siomay, ketoprak, soto bogor, batagor, dan lain-lain. Kalau agak pagi biasanya masih ada nasi uduk. Juga ada foodcourt di seberang lapangan yang buka tiap hari, dengan tempat makan berupa gazebo-gazebo dan dilengkapi dengan sarana bermain (ayunan, kursi putar, jungkat jungkit).

Nah, itu dia 4 tempat piknik murah meriah yang ada di seputaran Bogor yang pernah kami kunjungi. Tidak perlu mengeluarkan ongkos mahal untuk menyenangkan keluarga. Nyaman di kantong, senang di hati *wink wink*

8 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s