Untuk Anakku, Tentang Pernikahan..

marriageOleh karena sering datang ke pernikahan saudara dan tetangga, khansa jadi tahu kata menikah. Hampir tiap hari yang dibicarakan tentang menikah. Dia bilang, “Ummi, Khansa mau menikah ya, nanti pakai mahkota, pake titik (sambil pegang ditengah dahi), pake kebaya”. Kemudian dia ambil taplak meja yang warna pink dan model panjang, dan dia belitkan di pinggangnya sambil berujar, “Khansa pake kebaya” . Owalah, ternyata selama ini dia memperhatikan dandanan pengantin wanitanya. Mudah-mudahan ketika menikah nanti dengan proses walimatul ‘ursy yang syar’i ya Nduk.

Awalnya dia memang belum begitu mengerti, karena ketika ditanya mau menikah dengan siapa, dia bilang dengan ummi. Kami sudah berusaha menjelaskan kalau Khansa menikahnya nanti kalau sudah dewasa, sekarang belum dulu.  Kami juga berikan contoh, kalau abi menikah dengan ummi, kalau yangti dengan yangkung, dst.

Kemudian beberapa waktu yang lalu ketika dia sedang asyik main, tiba-tiba Khansa mengajukan calon..

K : Ummi… Khansa mau menikah.. sama mas *****..
U : *hening* (bingung, antara geli dan mau menjawab apa)

Belum sempat dijawab Khansa udah ganti topik cerita yang lain..*lap kringet*

Ya Allah nduk..ummuki (ibumu) ngerti, mas ***** itu walopun selisih usia cukup jauh (umurnya 10th-nan), tapi -insya Allah- dia anak yg sholih, ngemong sama Khansa, rajin ngaji, kalem, lan manut, tur yo bocahe bagus. Pinter milih awakmu nduk..hihi..

Nanti, kalo Khansa sudah dewasa dan cukup usia (mudah-mudahan ummu wa abu diberkahi Allah usia dan kesehatan agar bisa mendampingi genduk), pilihlah lelaki dengan agama yang baik, secara ilmu dan amal tentunya. Karena dengan adanya pemahaman agama yang baik maka -insya Allah- dia akan melakukan kewajibannya dan menghormati hak-hakmu sebagai istri, serta memperlakukan keluarganya dengan baik sesuai dengan syariat. Menuntunmu menuju ridho Allah meraih jannah. Jika dia menyukaimu maka akan memuliakanmu, dan apabila hal yang ia tidak sukai darimu, maka dia tidak akan mendzolimimu. Berusaha sebaik-baiknya menjaga amanah akan hal yg telah diperjanjikan dihadapan Allah.

Nduk, raihlah surga dengan taat pada suamimu (selama tidak bertentangan dengan syariat Allah), karena Rasulullah -sholallahu ‘alaihi wasallam- bersabda :

“Bila seorang wanita telah mengerjakan shalat lima waktu dan berpuasa pada bulan Ramadhan dan memelihara kemaluannya serta taat kepada suaminya, maka kelak dikatakan kepadanya: “masuklah dari pintu surga mana saja yang engkau inginkan.” (diriwayatkan oleh Ibnu Hibban,di shahihkan oleh Al-Albani)

Smoga Allah memilihkan lelaki terbaik dari sisi-Nya utkmu. Tapi nanti ya..insya Allah. Kalau sekarang Khansa main sepuasnya dulu sama abu dan ummu..

*curahan hati seorang ibu yang anaknya (33 bulan) bilang kalau mau menikah* -_-‘

2 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s