Review : Kereta Fajar Utama Semarang

201220131745

201220131745Minggu lalu kami pulang ke Semarang. Acaranya cukup mendadak dan tanpa sepengetahuan keluarga. Kami bertiga pulang karena waktu itu papa mau melakukan operasi kecil di kota Salatiga. Kami sudah dihubungi mama dan beliau bilang tidak usah pulang, tapi sebagai anak yang patuh pada orangtua, kami tetap pulang hehehe.. Mana tega membiarkan kedua orangtua kami hanya pergi berdua saja keluar kota, dalam keadaan papa kondisi kurang fit :'(

Kami pulang ke Semarang dari Cibinong, Bogor dengan menggunakan bis zentrum ekonomi AC (toilet dalam). Alhamdulillah mendapat tempat paling depan (belakang supir), jadi bisa leluasa melihat pemandangan depan, jarak dengan depan kami juga jadi lebih luas daripada kursi belakang. Harga tiket 100rb/orang.

Nah, yang akan saya review disini adalah moda transportasi yang kami gunakan ketika kembali lagi ke Jakarta yaitu kereta bisnis Fajar Utama. Tadinya saya sudah ogah-ogahan naik kereta Fajar Utama, karena membayangkan keretanya belum ber-ac, pastinya akan gerah, apalagi perjalanan siang hari. Kasihan Khansa tidak bisa istirahat di kereta, apalagi dia sedang dalam masa pemulihan dari sakit cacar. Tapi sesudah googling, sepertinya ada peluang bahwa kereta bisnis sudah ber-ac. Akhirnya zauji pergi ke stasiun dan membeli tiket 2 buah plus tiket anak (10% dari harga tiket). Ketika kami tanyakan ke petugas katanya sekarang semua kereta sudah ber-ac. Oleh karena kami membeli waktu weekend dan mepet dengan jadwal keberangkatan, jadi mendapat tiket yang harga agak mahal dari biasanya yaitu 200rb (range harga weekend 150rb-25orb).

201220131740

201220131742

Jumat pagi kami berangkat ke stasiun Tawang di Semarang, dan ketika di tiba atas kereta ternyata penampakan di dalam kereta Fajar Utama sudah lumayan bagus (saya sudah cukup lama tidak naik kereta ini). Di dalam satu gerbong dipasang 6 ac rumahan, sehingga cukup dingin walau dipasang di suhu 23-24. Kemudian di tiap bangku disediakan 2 buah colokan listrik. Lumayan buat yang mau buka laptop atau nge-charge hp tidak usah bingung lagi karena kebutuhan listrik bisa terpenuhi.

201220131739

Mengenai ketidaknyamanan penumpang karena adanya penumpang lain yang duduk dan tiduran di lorong kereta sudah tidak ada lagi. Semua rapi dan duduk di kursi masing-masing. Untuk wc juga sudah lebih baik daripada diwaktu dulu. Lebih bersih, air juga tersedia, dan sabun cuci tangannya serta tissue ada, dilengkapi dengan tempat sampah.

201220131748

Thumbs up buat PT KAI. Kereta juga berangkat dan sampai sesuai jadwal. Alhamdulillaah.. puas ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s