Umrah Berhati Nyaman

Taken from bestislamicimages.wordpress.com
Taken from bestislamicimages.wordpress.com
Taken from bestislamicimages.wordpress.com

Taken from bestislamicimages.wordpress.com

Suatu hari, putri kecilku (3,5 tahun) dengan tangan imutnya menggenggam beberapa uang koin dan memasukkan ke lubang kecil celengan kesayangannya. Saya tersenyum dari arah dapur dan menghampirinya, “Tabungannya mau buat apa nduk?”. Putriku menjawab, “Mau buat pergi haji”. Masya Allah, padahal saya pikir dia akan menjawab buat naik kereta ke Semarang/ Karangawen (tempat eyangnya), karena beberapa waktu sebelumnya kalau ditanya tabungannya buat apa selalu dijawab itu.

 Memang selama ini kalau ada gambar Ka’bah, Masjidil Haram atau menjelaskan tentang Rukun Islam, saya bilang “Insya Allah nanti kita haji ya dek, bareng-bareng abi, ummi, Khansa”. Ternyata hal itu terserap dalam ingatannya.

Baitullah, tempat yang kami sekeluarga sangat merindukannya. Labbaika Allahumma labbaik…seruan yang sering kali membuat hatiku bergetar mendengarnya, Ya Allah mudahkan kami memenuhi panggilanmu. Yup..semua orang di negeri ini pun paham bahwa untuk pergi haji memerlukan dana yang tak sedikit. Apakah cukup dengan modal uang..? tidak, waktu tunggu keberangkatan yang panjang rasanya sangat menguji kesabaran. Panjangnya waktu tunggu haji bisa 10 sampai 15 tahun. Entahlah..disatu sisi kita hendaknya bersyukur karena berarti banyak saudara kita yang berniat ibadah haji tapi disisi lain kita dituntut bersabar atas lamanya keberangkatan haji.

Kala rasa rindu ke Baitullah sangat besar dan menunggu haji masih sangat lama, tentu ibadah umrah bisa menjadi salah satu pilihan meskipun tidak bisa menggugurkan kewajiban haji. Banyak keutamaan yang diperoleh ibadah haji dan umrah.

Allah Ta’ala berfirman:

وَأَتِمُّواْ الْحَجَّ وَالْعُمْرَةَ لِلّهِ

“Dan sempurnakanlah haji dan umrah untuk Allah.” (QS. Al-Baqarah: 196)

 

Dari Abu Hurairah, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

الْعُمْرَةُ إِلَى الْعُمْرَةِ كَفَّارَةٌ لِمَا بَيْنَهُمَا ، وَالْحَجُّ الْمَبْرُورُ لَيْسَ لَهُ جَزَاءٌ إِلاَّ الْجَنَّةُ

Antara umrah yang satu dan umrah lainnya, itu akan menghapuskan dosa di antara keduanya. Dan haji mabrur tidak ada balasannya melainkan surga.” (HR. Bukhari no. 1773 dan Muslim no. 1349)

Alhamdulillah saat ini salah satu maskapai penerbangan nasional kita yaitu Garuda Indonesia telah memberikan beberapa kemudahan bagi muslim yang ingin menjalankan ibadah umrah. Kalau maskapai penerbangan lain hanya ada satu titik keberangkatan yaitu dari Jakarta, maka Garuda menawarkan 4 titik keberangkatan yaitu Jakarta, Surabaya, Makassar, dan Medan. Tentu saja ini mempermudah keberangkatan umrah bagi umat Islam yang tinggal di wilayah sekitar Sumatera, Sulawesi, dan Jawa Timur.

Kabar baik lainnya yaitu penerbangan non stop tanpa transit, sehingga kita tidak perlu khawatir tertinggal pesawat atau kehilangan bagasi saat transit. Good news buat jama’ah umrah berusia lanjut atau yang hendak membawa anak. Tidak perlu ribet dengan segala tetek bengek ketika transit mulai dari mengurus bagasi, menunggu jam keberangkatan berikutnya, pindah pesawat, dan lain-lain. Tinggal duduk anteng, dan wuss.. sampai di Tanah Haram.

Belum lagi kenikmatan layanan Garuda Indonesia Plus mulai dari kursi yang lebih lega dengan jarak kaki yang luas sehingga lebih nyaman, hingga aneka pilihan hiburan (audio video entertainment di semua kursi dan gratis pilihan bacaan terkini). Insya Allah semua fasilitas tersebut menjamin kenyamanan penumpang selama perjalanan. Sekali lagi tidak perlu ribet bawa aneka gadget mulai dari Iphone, Ipad, PS3, Nintendo, Gimbot (yang tahu gadget terakhir berarti seumuran).

Peserta umrah pun tidak perlu khawatir dengan makanan yang disediakan karena terjamin kehalalannya dan sesuai dengan lidah Indonesia. Berbeda dengan maskapai asing yang mungkin hidangannya kurang sesuai dengan selera kita. Selain itu penumpang juga mendapat fasilitas gratis minum sepuasnya. Alhamdulillah, tidak perlu khawatir haus dan lapar selama penerbangan.

Taken from Video Garuda Plus Umrah

Taken from Video Garuda Plus Umrah


Oya, satu informasi penting. Buat penumpang yang kurang menguasai bahasa Inggris, jangan khawatir akan adanya kendala bahasa untuk berkomunikasi dengan para pramugari. Tentu saja awak Garuda semua bisa berbahasa Indonesia, jadi tidak perlu susah-susah bawa kamus, klak klik google translate, atau pake “bahasa Tarzan” jika ada hal penting yang mau ditanyakan, misalnya “Sekarang sudah sampai dimana mbak?”.

Masih ada fasilitas plus lainnya lho. Kalau yang ini sangat menggiurkan bagi yang suka belanja dan ingin membeli souvenir selepas melaksanakan umrah, yaitu gratis ekstra bagasi 10 kg untuk penerbangan internasional. Lumayan banget kan 10 kg, masuk deh itu semua air zam-zam, sajadah, abaya, scarf ke dalam tas tanpa dikenakan charge tambahan.

Dengan adanya beberapa fasilitas pelayanan plus dari Garuda Indonesia di atas, insya Allah maskapai kebanggaan Indonesia ini dapat menjadi penerbangan pilihan bagi muslim yang ingin menjalankan ibadah umrah dengan nyaman. Nah, sekarang tinggal menyiapkan budget untuk umrahnya *ngelirik celengan Khansa*


 

4 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s