Help Others = Help Yourself

bannermuslim

bannermuslimTersebutlah cerita dari salah seorang ummahat di grup whatsapp yang saya ikuti yaitu Ummu Abdillah yang saat ini sedang bermukim di Riyadh. Ini adalah kisah dari teman suami ummu Abdillah, sebut saja Fulan.

Fulan berasal dari Nigeria, dia tidak mempunyai banyak uang ketika sedang menjadi seorang mahasiswa di sebuah Universitas di Arab Saudi karena dia juga harus membiayai adiknya yang sedang kuliah kedokteran di Nigeria. Akan tetapi dia mempunyai mobil butut (di Arab Saudi mempunyai mobil itu wajib, kata Ummu Abdillah). Nah, dengan mobil bututnya tersebut dia selalu mengantar teman-temannya yang belum mempunyai mobil. Si Fulan bilang, dia tidak bisa menolong orang dengan uang/harta tapi dia bisa menolong dengan tenaga. Orangnya juga selalu tangan terbuka ketika diminta tolong. Pernah suatu ketika Ummu Abdillah ditinggal suaminya ke Jeddah selama seminggu dan suaminya lupa membeli beberapa barang kebutuhan. Suami Ummu Abdillah lalu menghubungi Fulan dan meminta tolong, dan Fulan kemudian langsung belanja. Tiba-tiba ada yang mengetuk pintu rumah Ummu Abdillah, ketika dibuka tidak ada orang, tapi ada barang belanjaan.

Masya Allah, dalam hidupnya banyak diberi kemudahan oleh Allah karena kebaikannya tersebut.

Salah satu kemudahan yang dia dapatkan yaitu ketika anaknya mendaftar sekolah negeri. Bayangkan, dia tidak mempunyai banyak uang, anaknya tidak terlalu bisa berbahasa Arab, dan masuk sekolah negeri itu susah, apalagi anaknya terlambat daftar (dia mendaftar sesudah diberitahu oleh suami Ummu Abdillah). Dan… anaknya langsung diterima begitu saja, padahal yang lain banyak yang ditolak (yang non-Saudi).

Kemudian suatu saat dia pernah ke Mekah bersama keluarganya dengan mobil bututnya. Ditengah jalan mobilnya mogok. Biasanya susah mencari bantuan. Seringnya memakai mobil derek dan diderek ke bengkel terdekat. Tiba-tiba ada mobil berhenti menawarkan bantuan sehingga semua keluarganya diangkut dulu sama penolong tersebut, kemudian Fulan dan orang yang menolongnya kembali lagi ke mobilnya untuk menarik mobilnya. Masya Allah.. padahal saat itu tengah malam di gurun pasir. Selalu ada kemudahan baginya.

Begitu juga dengan penelitian-penelitiannya. Ketika ada kesulitan selalu ada jalan, dan ketika selesai kuliah juga langsung mendapatkan pekerjaan yang bagus.

Masya Allah, what a beautiful story.. (jazaahallah khaira Ummu Abdillah sudah berbagi cerita)

Lalu apa hikmah yang bisa kita dapat dari cerita si Fulan tersebut?
Jawabannya ada pada hadits berikut..

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Barangsiapa yang melapangkan satu kesusahan dunia dari seorang Mukmin, maka Allâh melapangkan darinya satu kesusahan di hari Kiamat. Barangsiapa memudahkan (urusan) orang yang kesulitan (dalam masalah hutang), maka Allâh Azza wa Jalla memudahkan baginya (dari kesulitan) di dunia dan akhirat. Barangsiapa menutupi (aib) seorang Muslim, maka Allâh akan menutup (aib)nya di dunia dan akhirat. Allâh senantiasa menolong seorang hamba selama hamba tersebut menolong saudaranya. Barangsiapa menempuh jalan untuk menuntut ilmu, maka Allâh akan mudahkan baginya jalan menuju Surga. Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah Allâh (masjid) untuk membaca Kitabullah dan mempelajarinya di antara mereka, melainkan ketenteraman akan turun atas mereka, rahmat meliputi mereka, Malaikat mengelilingi mereka, dan Allâh menyanjung mereka di tengah para Malaikat yang berada di sisi-Nya. Barangsiapa yang diperlambat oleh amalnya (dalam meraih derajat yang tinggi-red), maka garis keturunannya tidak bisa mempercepatnya.” [HR Muslim no. 2699]

So, help others = help yourself. Just do it.
*Pengingat bagi diri sendiri*

4 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s