Optimasi Fanpage Facebook

fanpagezea

Bicara tentang dunia online shop, beberapa waktu belakangan alhamdulillah ada peningkatan jumlah likers dan post reach di Fanpage (FP) Zona Edukasi Anak yang tadinya mentok di angka 2000-an sekarang sudah bertambah hingga 2.500an dalam waktu kurang dari sebulan. Memang jika dibandingkan dengan Fanpage toko lain yang likers dan post reach-nya sudah ratusan ribu bahkan jutaan maka punya saya ngga ada seujung kukunya *malu tutup muka*. Tapi dengan niat berbagi pengalaman (walaupun masih seiprit) maka saya membuat postingan tentang optimasi fanpage facebook ini, yang diharapkan ada yang bisa diambil manfaatnya bagi pelaku usaha online.

Begini ceritanya..

Fanpage ZEA selama ini memang kurang mendapat perhatian dari saya. Apa yang saya post disitu adalah foto-foto dagangan yang tidak pernah diupdate harga dan keterangan produknya karena saya fokus dagang di media lain (grup reseller zeatoys, akun pribadi zea edushop, whatsapp, BBM dan web -yang kini web pun jarang dipegang hiks-). Hingga kemudian ada beberapa rekan bakulers yang mulai kena sweeping fesbuk. Akun pribadi mereka menghilang karena terindikasi untuk berdagang. Sebenarnya dilemma juga bagi seller tentang penggunaan akun pribadi buat ngelapak. Di satu sisi tidak diperbolehkan FB bahwa akun pribadi untuk kepentingan komersil tapi disisi lain proses penjaringan customer lebih efektif via akun  pribadi karena lebih mudah diakses daripada FP.

Untuk berjaga-jaga dari hal-hal yang tidak diinginkan (berasa PKL yang was-was ada trantib) maka saya mulai rajin ngoprek FP dan mengupdate produk-produk disana. Sampai disini belum ada perkembangan significant dari jumlah likers dan post reach di FP ZEA yang masih kisaran puluhan saja tiap bulannya.

Hingga kemudian saya menemukan postingan beberapa kosakata Bahasa Inggris di akun salah satu teman. Tadinya mau save untuk pribadi bahan belajar buat Khansa, tapi kemudian saya berpikir bahwa gambar-gambar ini in sya Allah sesuatu yang bermanfaat juga bagi emak-emak yang lain, hingga kemudian saya buat sebuah album di FP ZEA yaitu Kosakata Bahasa Inggris. Ketika saya share album tersebut sambutan teman-teman saya cukup bagus dan bahkan banyak yang re-share.

Tambah semangatlah saya untuk mengoptimalkan FP ZEA. Sesudah itu saya “bertemu” dengan sebuah program belajar bahasa Arab. Sama dengan yang English, pada awalnya saya hanya berniat mendokumentasikan untuk file pribadi kosakata harian bahasa Arab yang saya dapatkan dari program BISA (Belajar Islam dan Bahasa Arab/ Belajar Ilmu Sharaf), namun karena di fanpage itu diperbolehkan menyebarluaskan content/ gambar maka kemudian saya membuat album Kosakata Bahasa Arab di FP Zona Edukasi Anak (ZEA) yang berisi kosakata Arabic harian dengan menyertakan sumbernya yaitu fanpage BISA. Tak disangka ternyata album tersebut mendapat sambutan yang hangat dari likers ZEA hingga post reachnya di angka 6ribuan.

Berawal dari situ muncullah ide untuk membuat album-album lain yang masih ada hubungannya dengan pendidikan dan tumbuh kembang anak, sesuai dengan nama FP yaitu Zona Edukasi Anak.

Untuk melengkapi materi belajar bahasa, maka saya juga membuat album Kosakata Bahasa Jepang. Kemudian saya juga mulai browsing tentang kegiatan untuk kreativitas anak yang bisa dipraktekkan di rumah dengan membuat album Kids Activities , Lets Play Origami, dan Colouring Pages.  Alhamdulillah album-album tersebut mendapat perhatian yang cukup besar dari fesbukers. Ditambah lagi saya upload Video Belajar Bahasa Arab untuk anak yang saya dapat dari ummahaat, tentu saja sumbernya saya sertakan, yang saat ini mencapai 10ribuan post reach. Alhamdulillah dengan pembuatan album-album tersebut terdapat peningkatan yang cukup tajam untuk beberapa point di FP ZEA. Bahkan untuk yang album baru yaitu Colouring Pages post reachnya hingga 32ribuan.

fanpagezea

fanpagezea1

fanpagezea2

Nah, dari tulisan di atas bisa diambil kesimpulan bahwa salah satu cara untuk optimasi Fanpage Facebook adalah dengan posting album, status, notes, gambar yang sekiranya menarik dan bermanfaat bagi orang banyak. Tentu saja isi postingan disesuaikan dengan content Fanpage itu sendiri, ngga nyambung atuh misalnya FP tumbuh kembang anak tiba-tiba berisi postingan bagaimana membedakan lipstik yang 50K dan 500K hehe..

Selain cara di atas, ada beberapa cara lain untuk optimasi fanpage yang saya rangkum dari berbagai sumber :

  1. Buat postingan terjadwal, caranya :
    Masuk ke akun Facebook Anda dan buka fan page yang ingin Anda gunakan, ketikkan status apapun, bebas, bisa teks, gambar, atau URL kemudian klik tanda panah kecil pada kotak publish dan klik schedule (tentukan tanggal dan klik lagi schedule).
  2. Promosikan FP dengan FB Ads (bisa melalui jasa penyedia atau pribadi), bila pribadi bisa dilakukan dengan pembayaran menggunakan ATM bersama.
    Caranya (sumber disini):
    a. Klik promote page, isi content yang menjadi materi promosi, klik durasi (berapa lama iklan ditayangkan), klik add payment method, klik atm bersama.
    b. Lalu akan muncul pertanyaan untuk membuat akun prabayar, klik BUKA AKUN PRABAYAR. Setelah di pilih lalu abaikan pilihan selanjutnya, kita tinggal masuk ke ads manager dan menu billing di link : https://secure.facebook.com/ads/manage/funding.php , dan pilih tombol TAMBAH UANG -> Pilih ATM BERSAMA.
    c. Lalu Masukan Jumlah yang mau di transfer. Kemudian pilih Lakukan Pembayaran–> dan masukan rincian pembayaran -> Lanjutkan.
    d. Lalu akan muncul pop up pembayaran dari pay.doku.com, berisi invoice dan no rekening yang akan di transfer, lakukan transfer sebelum batas akhir pembayaran.

    e. Setelah transfer dengan benar maka akan ada notofikasi via email dan facebook, dan saldo telah terisi. Setelah Terisi saldo, akun facebook ads prabayar sudah siap untuk beriklan.
  3. Buat kuis berhadiah.
    Yup, mana ada sih yang ngga mau hadiah gratis? sesekali atau secara berkala mari bikin kuis di fanpage untuk meningkatkan likers (semakin banyak likers maka semakin banyak potensi buyer bukan?). Tentu saja salah satu syarat kuis adalah nge-like FP kita dan share info kuis tersebut di wall FB masing-masing supaya semakin banyak fesbukers yang tahu.

Post reach dan post engagement memang banyak, tapi ngaruh ngga ke omzet? Sabaar.. namanya juga masih berusaha memperbanyak penyuka FP, jadi sekarang fokus untuk memperbanyak content yang bermanfaat (disamping promo dagangan). Diharapkan dengan semakin banyak orang yang mengunjungi FP maka akan semakin dikenal pulalah lapak kita sehingga semakin banyak yang order *aamiin*. Kalau untuk saya pribadi pengaruh banget pada saat promo produk. Kalau biasanya post reach per status/ gambar dikisaran angka puluhan, maka sekarang sudah ratusan.

Baiklah pemirsa, demikian yang bisa bagi mengenai optimasi Fanpage Facebook bagi bakulers. Mohon maaf kalau “jebule ngono thok” hehe.. maklum masih belajar. Mudah-mudahan bermanfaat yaa..

Leave a Reply

