Writing for Sharing

Quote-Paulo-Coelho
credit : debbieinshape.com

credit : debbieinshape.com

Awal menulis di blog ini adalah ketika saya menikah di tahun 2008 karena ingin mendokumentasikan cerita keluarga saya, hingga kemudian saya bertemu dengan komunitas Kumpulan Emak Blogger. Disitu saya baru tahu kalau menulis blog itu ternyata juga bisa menghasilkan uang yaitu melalui job review, ikut lomba penulisan blog, dan lain-lain.

Di komunitas tersebut juga dibagikan berbagai info lomba menulis baik diselenggarakan oleh member , instansi resmi pemerintah maupun perusahaan swasta. Salah satu member yang suka berbagi info lomba yaitu blog Emak Gaoel. Saya yang suka menulis (serta ences dengan hadiah-hadiahnya) langsung mantengin berbagai lomba yang ada dan mencoba mengikutinya. Alhamdulillah belum satupun menang haha.. lalu curhat sama suami, “Bi, kok belum ada yang nyantol menang ya lomba blognya?”, kemudian mulai kendor semangat dan males ngeblog. Suami yang mendengar keluhan saya lalu bilang “Lha tujuan ummi ikut lomba blog apa? jangan cuma incar hadiahnya. Diniatkan untuk memberikan informasi yang bermanfaat ke banyak orang”.

Aha! Pencerahan.

Langsung deh ingat sebuah hadits “Innamal a’malu binniyyat..”, amal itu tergantung niatnya. Kalau saya niatnya cuma buat menang lomba ya itu aja yang saya dapat (ya kalau menang), kalau engga ya gigit jari saja. Tapi ketika diniatkan untuk memberikan informasi yang sekiranya bermanfaat bagi sesama, maka ketika orang lain membaca dan merasa “tercerahkan”, maka in sya Allah manfaat dunia akhirat kita dapatkan.

Alhamdulillah sesudah mendapat suntikan semangat dari suami lalu kembali mulai rajin menulis apa saja yang sekiranya ada sisi informatif, tidak hanya sekedar curhat ngga jelas. Kalaupun mulai ikut lomba menulis diniatkan selain untuk berbagi informasi juga mengasah ketrampilan menulis. Kata para suhu bloggers sih salah satu cara mengasah kemampuan menulis adalah mengikuti berbagai lomba penulisan. Biasanya yang saya tulis seputar dunia parenting, rumah tangga dan tidak lupa  cerita seputar online shop.

Kok ada cerita tentang online shop segala? Yup, sejak resign dari sebuah BUMN kehutanan tahun 2012 yang lalu saya mulai merintis usaha online. Alhamdulillah ada peningkatan significant dari yang melayani orderan keluarga dan teman dekat, berkembang menjadi “customer beneran” yang tersebar di seluruh Indonesia. Bahkan produk kami sudah ada terbang ke luar negeri (Malaysia, Riyadh, Qatar, Belgia). Saya berkeinginan suatu saat mempunyai toko offline dan bisa membuka lapangan kerja bagi orang lain. Seems imposible? NO. When we have a dream we just have to GO FOR IT.

Pada awal usaha saya hanya mengandalkan Facebook, email dan sms saja untuk berkomunikasi. Seiring perkembangan teknologi maka semakin banyak media chatting yang tersedia seperti whatsapp dan bbm. Untuk memperluas jaringan maka saya pun mulai install Whatsapp di HP jadul saya yang berbasis OS Symbian dengan kapasitas memori terbatas. Ketika customer mulai banyak, ditambah ikut beberapa grup WA, browsing ini itu, kemudian hp-pun mulai error.

Alhamdulillah ada lungsuran smartphone (dengan cicilan lunak) dari adik saya berbasis OS Android dengan  RAM lebih besar yaitu 1 GB.  Kegiatan operasional OS dan ngeblog pun pun sangat terbantu dengan HP ini. Saya install dari Playstore aplikasi WordPress untuk mempermudah dalam menulis, juga install Picmix untuk edit foto dagangan seperti gambar di bawah ini.

cetakan silikon

koleksi pribadi

Selain itu juga install Picsart untuk menambah variasi pengolah gambar agar lebih menarik sebagai sarana promo usaha online saya.

parenting book

koleksi pribadi

Yup, dengan adanya berbagai aplikasi yang terdapat di smatphone sangat mempermudah saya dalam ber-online shop-ria. Hanya saja yang menjadi kendala adalah masalah jaringan yang sering naik turun sehingga ketika browsing untuk terhubung dengan web saya ataupun supplier loadingnya agak lama.

Nah, kemudian saya membaca ada teknologi baru yaitu 4G LTE yaitu teknologi jaringan internet super cepat yang membuat transfer data lebih cepat dan stabil. Kecepatan upload dan downloadnya 3x lebih cepat dibanding sebelumnya (3G). Wah, lumayan nih kalau punya smartphone dengan kemampuan mengakses jaringan 4G LTE. Bisa wus wuss ketika saya browsing dan melakukan kegiatan online lainnya yang bisa mensupport usaha saya.

Googling sana sini saya menemukan ada beberapa smartphone keluaran Smartfren yang mempunyai kemampuan tersebut. Smartfren mengeluarkan 5 buah smartphone berbasis 4G LTE dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan kompetitornya.

Bisa dibayangkan betapa ngibritnya ketika ber-internet-ria dengan menggunakan smartphone keluaran Smartfren tersebut. Saya bisa upload produk di web dengan lebih cepat dan live chat lebih lancar dengan keluarga. Satu lagi yaitu bisa lebih lancar ngeblog dan browsing untuk mencari sumber data tulisan agar bisa berbagi lebih banyak lagi. Writing for sharing.

Go For It Blog Competition

Leave a Reply

