Optimasi Fanpage Facebook dengan FBAds

Sesuai dengan yang saya ceritakan di postingan ini, saya sedang semangat untuk mengoptimalkan fanpage Zona Edukasi Anak untuk mengantisipasi terjadinya sweeping facebook karena promo dagangan di akun pribadi seperti yang dialami oleh beberapa teman online shop saya.  Akun mereka tiba-tiba menghilang dan tidak bisa login sehingga terpaksa mereka membuat akun baru dan memulai lagi dari nol untuk menambah teman dan masuk ke grup-grup yang dulu diikuti.

Beberapa keuntungan fanpage dibanding dengan penjualan di akun pribadi yaitu tidak terbatasnya jumlah followers/friends/likers dan juga postingan/ album bisa terdeteksi di google search.

Seperti yang sudah saya sebutkan di postingan tentang optimasi fanpage sebelumnya bahwa untuk meningkatkan jumlah likers bisa dilakukan dengan beberapa hal berikut :

  1. Posting informasi atau membuat album yang sekiranya bermanfaat dan bisa di-like and share oleh banyak orang, disesuaikan dengan tema fanpage masing-masing. Misalnya FPnya berjualan kebutuhan ibu dan balita, maka posting info berkaitan dengan hal tersebut, ex : tips menyusui, tumbuh kembang anak, dan lain-lain.
  2. Promo Fanpage dengan melalui FBAds.
  3. Membuat kuis berhadiah dimana yang ingin ikut harus like page, kemudian like, comment, and share postingan kuis yang kita buat.

Untuk poin yang pertama sudah saya lakukan dan peningkatannya alhamdulillah banyak sekali. Di page yang saya kelola, saya membuat album yang sekiranya bermanfaat untuk disimpan, serta dilike, comment, share (LCS) oleh pengunjung. Dengan cara seperti ini maka saya tidak perlu mengeluarkan sepeserpun untuk iklan. Ya, hanya modal googling gambar-gambar atau video untuk diposting di page. Tentu saja gambar dan video yang saya share yang berhubungan dengan page yang saya kelola, misalnya tentang aktivitas anak, halaman mewarnai, dan lain-lain. Metode LCS getok tular tersebut mendongkrak page likers saya dari yang 7ribuan ke 10ribuan sampai saat ini. Bahkan post reach pernah mencapai 1,1 juta, hal yang belum pernah saya alami sebelumnya.

Nah, pada tanggal 7 November yang lalu saya mencoba untuk menggunakan FBAds. Alhamdulillah sekarang FBads ada alternatif pembayaran menggunakan ATM Bersama jadi saya bisa menggunakannya. Sebelumnya saya tidak pernah berpikiran menggunakan FBAds karena hanya bisa melalui credit card dan paypal.

Ketika mencoba FBAds, saya posting gambar berupa promo “BUY 4 Toys Get Special Price, Cheaper!”. Saya utak utik gambar dan coba upload beberapa kali karena ternyata belum memenuhi ketentuan FBAds karena text pada gambar terlalu banyak. Saya baru tahu kalau ingin menggunakan FBAds maka persentase text tidak boleh lebih dari 20% dari keseluruhan gambar. Untuk mengetahui apakah gambar kita sudah memenuhi persyaratan FBAds maka bisa dicek dulu dengan menguploadnya di link ini >> https://facebook.com/ads/tools/text_overlay

Alhamdulillah hasil dari beriklan selama 4 hari dengan budget 60ribu hasil yang saya dapatkan adalah 1999 jempol di foto dan menjangkau 10ribu viewers.

hasilads

Sayangnya, waktu memasang iklan tersebut saya belum menguasai cara setting audience, jadi hanya mengandalkan default audience dari FBAds. Sehingga target dari jangkauan viewers saya kurang maksimal. Banyak yang ngelike adalah nama-nama alay yang masih abegeh. Bukannya saya ngga bersyukur dengan jempol mereka, tapi dijadikan pertimbangan bahwa kedepannya kalau ingin membuat iklan lagi harus tertarget audiencenya sehingga potensi membeli in sya Allah lebih besar.

Bberikut saya sertakan beberapa link yang sekiranya bermanfaat bagi yang ingin meningkatkan page likers melalui FBAds :

  1. Utk cara pembayaran FBAds via atm bersama bisa cek disini >> https://web.facebook.com/notes/agus-kristianto/cara-beriklan-di-facebook-dengan-menggunakan-sistem-pembayaran-bank-lokal/842134579210169
  2. Bagi yg sebelumnya belum pernah menggunakan FBAds tidak perlu membuat akun baru, cukup akun yang ada sekarang, kecuali sebelumnya pernah pakai dengan media pembayaran lain seperti kartu kredit.
  3. Utk pemasangan iklan bergambar, pastikan bahwa text yg tertera pada gambar max 20% agar iklan diapprove. Utk cek apakah sudah sesuai kebijakan FBAds bisa coba upload gambar dulu ke link ini >> https://facebook.com/ads/tools/text_overlay
  4. Utk meningkatkan potensi audience yg sesuai dgn target kita, bisa create/edit audience dulu disini sebelum membuat iklan >> https://web.facebook.com/ads/manager/audiences/manage/
  5. Utk menambah deposit saldo kita silakan klik disini >> https://web.facebook.com/ads/manager/billing , kemudian lakukan sesuai point 1
  6. Untuk membuat iklan baru, silakan klik disini >> https://web.facebook.com/ads/manager/creation/ , temans bisa memilih apakah ingin boost post, promote page, dll

Demikian sekilas info, semoga bermanfaat. Semangat Optimasi Fanpage!

#bakulstory

Leave a Reply

