Jangan Tergesa-gesa Dalam Berdoa

pray
credit : catatanmms.wordpress.com

credit : catatanmms.wordpress.com

Bulan lalu, saya belanja sebuah produk mainan yang digunakan pada bulan Ramadan. Qoddarullah ketika sudah ready stock dan mulai saya pasarkan, penjualan mainan tersebut berjalan agak lambat padahal sudah mulai mendekati Ramadan. Saya berpikir, kalau sampai Ramadan masih banyak stoknya maka mainan ini akan kehilangan moment dan mau tidak mau stock akan menumpuk. Padahal modal yang saya keluarkan cukup besar, sedangkan saya membutuhkan modal tersebut untuk belanja produk mainan yang lain.

Saya sudah coba segala cara mulai dari promo di facebook, upload di web, dan tokopedia.. namun penjualan tetap slow motion. Hingga seminggu sebelum Ramadan stok masih dalam kisaran 28 pcs. Waduh bingung juga ini bagaimana menghabiskan stok. Saya hubungi produsen minta keringanan untuk mendiscount harga produk untuk mendongkrak penjualan akan tetapi oleh produsen hanya diperbolehkan tambahan discount bagi reseller, bukan untuk ecer.

Semakin pasrah lagi, ketika ada video promosi produk tersebut oleh produsen, nama saya terlewat tidak tercantum di video tersebut hiks.. saya cuma bilang “ya wis ngga papa mba, mudah2an bisa habis sebelum ramadhan hehe..”. Padahal dalam hati kebat-kebit, piye iki kehilangan satu peluang pemasaran hihi..

Dalam masa tersebut tentu saja tak lupa saya berdoa kepada Allah. Sungguh-sungguh saya berdoa, ya Allah mohon tolong saya agar produk saya bisa terjual semua sebelum bulan Ramadan, hanya kepada-MU hamba memohon pertolongan. Akan tetapi saya merasa ya Allah kok doaku ngga dikabul-kabulkan ya. Iki wis cedak banget Ramadan mau tiba tapi masih ada 20-an lagi stoknya.

Hingga tibalah H-2 Ramadan, stok masih ada sekitar 15 pcs. Wis tawakal wae lah..

Kemudian waktu itu di grup agen ada salah satu agen yang mau mengoperkan orderan karena stok di tempat dia habis, qoddarulloh saya waktu itu lihat dan yang pertama nyaut “ada”. Alhamdulillah goal 10 pcs. Lalu saya hubungi reseller yang katanya mau ambil tapi ngga konfirm-konfirm, deal 3 pcs.

H-1 sisa 2 pcs diambil oleh reseller dan customer.

Maasya Allah.. doa saya dikabulkan. Pas.  Sebelum Ramadan stok sudah habis.

Tergesa-gesa dalam berdoa, itulah saya, manusia, yang sebelumnya sempat berpikir kok Allah ngga mengabulkan doa saya.

Padahal Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah bersabda,

Seorang hamba akan senantiasa dikabulkan doanya oleh Allah Jalla wa ‘Ala selama dia tidak berdoa yang mengandung kezaliman, tidak memutuskan tali silaturahmi, dan tidak tergesa-gesa. Kemudian ada sahabat yang bertanya, “Apa yang dimaksud tergesa-gesa di sini, wahai Rasulullah?” Lalu beliau menjawab, “Aku telah berdoa, aku telah berdoa, tetapi mengapa aku tidak melihat tanda-tanda doaku dikabulkan? Sehingga dia lelah dalam berdoa dan meninggalkan doanya tersebut” (HR. Muslim)

Syaikh Utsaimin rahimahullahu berkata dalam kitabnya, Syarh Riyadhus Shalihin ketika menjelaskan hadis ini,

“Tidaklah Allah Subhanahu wa Ta’ala menghalangimu dari terkabulnya doa kecuali karena ada hikmah di balik semua itu, atau karena adanya faktor penghalang dari terkabulnya doa tesebut.

Akan tetapi, jika kamu berdoa kepada Allah, maka berdoalah dengan penuh keyakinan dan rasa harap yang besar bahwa Dia akan mengabulkan doamu tersebut. Teruslah berdoa sampai Allah mewujudkan apa yang kamu inginkan.

Dan jika Dia belum mewujudkan apa yang kamu inginkan, maka ketahuilah bahwa Dia menghindarkan dirimu dari banyaknya bahaya yang tidak kamu ketahui, atau doa tersebut akan disimpan oleh-Nya untukmu di hari kiamat nanti.

Maka dari itu, janganlah kamu berputus asa dan jangan berletih dalam berdoa. Teruslah berdoa karena doa adalah ibadah. Dan perbanyaklah doa, maka Allah akan mengabulkan doamu. Jika belum dikabulkan, maka jangan lelah dari doamu dan janganlah kamu berburuk sangka kepada Allah. Karena sejatinya Allah Maha Bijaksana. Allah Tabaraka wa Ta’ala berfirman pada surat Al-Baqarah ayat 216 yang artinya, “…Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui”.

Satu pelajaran telah diambil, jangan tergesa-gesa dalam berdo’a.
#note to myself

2 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s