Pelaku dibalik ZEATOYS

logozeatoys

logozeatoysBeberapa waktu yang lalu, di grup whatsapp agen produk el Hana Learning Kit, para agen diberikan tugas untuk mengenali bisnis masing-masing, meliputi kondisi, visi misi, SDM, hambatan dan solusi, manajemen bisnis serta jumlah follower. Selain untuk lebih mengenal terhadap bisnis yang sedang digeluti, tugas ini sekaligus juga untuk personal branding.

So, here’s my story..

*********

Saya, mbokne Khansa. Pelaku dibelakang layar zeatoys.com

Aktif mulai Juli tahun 2011, sebagai rintisan usaha saat resign dari Perhutani pada tahun 2012, meninggalkan hutan menuju packingan. Dari wanita karir menjadi wanita kurir.

Bermodal 750rb melamar menjadi distributor mainan kayu omochatoys. Qoddarullah suatu hari melihat teman bakuler upload produk tapi lupa menghilangkan watermark suppliernya, saya pun langsung manfaatkan blunder itu dan melakukan “tendangan bebas” menuju gawang suppliernya tersebut. Kemudahan datang lagi dari Allah, ketika ada seseorang menanyakan produk mainan pada sebuah grup dan ada yg menyebutkan satu web, lagi-lagi langsung cuss ke tkp. Alhamdulillah keduanya kini menjadi supplier utama ZEA. Maka dari itu pasang mata baik-baik di newsfeed pemirsa, siapa tahu ada jalan menuju supplier.

Visi misi ZEA sesuai dengan singkatannya yaitu Zona Edukasi Anak. Di fanpage Zona Edukasi Anak dengan likers 15.600-an kami berbagi info seputar anak, kreativitas, serta menyediakan aneka mainan edukatif. Sebut saja beberapa produk andalan kami yaitu elhana learning kit, abaca flashcard, saiko logika, pasta kreatif mentari, celengan masjid qubaku, pasir kinetik, mainan kayu dan masih banyak lagi. Salah satu goal kami yaitu menjadi “one stop shopping center” untuk berbagai mainan edukatif anak.

Dulu toko hanya mengandalkan saya dan suami. Berdua berbagi tugas. Saya melayani customer, upload produk ke web dan fp facebook (sekarang plus instagram dan tokopedia), cek transaksi, packing hingga hampir tengah malam agar pagi bisa diangkut suami yg berperan sebagai kurir pribadi, sekalian berangkat ke kantor. Alhamdulillah sekarang sudah dibantu saudara sebagai mitra kerja ZEA di toko, sehingga ketika saya bepergian atau mudik operasional toko tetap berjalan. Stok barang dan laporan keuangan sudah mulai tertata, sehingga memudahkan saya memantau omzet bulanan serta berapa asset yg saya miliki.

Hambatan tentu saja ada. Melayani komplain dari customer, mengganti produk yg rusak, mendapati barang cacat produk, paket yang tertukar, bahkan jatuh dari motor ketika kulakan pun pernah. Apalagi sekarang ZEAtoys merambah dunia offline maka semakin banyak tantangannya. Cibiran dari sesama bakul bahwa kami takkan bertahan lama, atap toko bocor, air mati berbulan-bulan, bahkan mitra kerja kecurian dua kali di awal buka toko kami alami.

Apa yang kami lakukan? Berhenti (saat ini) bukan jalan yang kami ambil. Instead of looking at the hundred reasons to quit, look at the thousand reasons not to give up. Daripada melihat ratusan alasan untuk menyerah, lihatlah ribuan alasan untuk terus bertahan.

Salah satu hadits Rasulullah -shalallahu ‘alaihi wasallam- ini cukup menjadi penyemangat kami :

“… Bersemangatlah atas hal-hal yg bermanfaat bagimu. Minta tolonglah pada Allah dan jangan lemah..” [HR. Muslim]

Dan bukankah putus asa bukan merupakan bagian dari seorang muslim?

Dan d’nasip pun telah berkata..”jangan menyerah..jangan menyerah..”

Dan satu yang pasti, Allah tidak akan membebani diluar kesanggupan hamba-Nya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s