Liburan ke Bandung

Pada tanggal 25 Desember 2016 yang lalu, kami sekeluarga bersama bapak ibu dan adik-adik Abu Khansa pergi berlibur bersama ke daerah Bandung.

Berangkat dari rumah Om di Bekasi pukul 07.00, sampai di daerah Cikole, Lembang sekitar pukul 11.00. Kami mampir di Grafika, Cikole. Tiket masuk 15.000/ orang. Tiket bisa ditukar light meal yaitu pisang goreng atau mendoan, atau dapat juga digunakan untuk masuk ke kebun strawberry, naik ATV, dan flying fox (pilih salah satu).

Sementara kami menikmati santapan dan teh hangat di saung yang telah disediakan, Khonsa bersemangat naik rumah pohon dan ber-out bond ria. Tiket outbond anak 50.000, termasuk mendapat segelas juice strawberry.

Lumayan menantang outbond untuk anak tersebut. Ada meniti jembatan (tali jala), meniti jembatan potongan kayu, meniti tali, panjat tebing mini, flying fox, dan lain-lain.

Saya tadinya mengira Khansa akan kesulitan, tapi ternyata bi idznillah dia bisa melewatinya tanpa kendala. Hmm.. at that moment I realized, there’s me inside her haha..

Perjalanan dilanjutkan ke Farm House. Macetnyaa..warbyasak.. 3 jam perjalanan dalam jarak 3 km. Sebelum sampai Farm House mampir dulu di warung jagung bakar/sate yang banyak berdiri di sepanjang jalan. Harga jagung bakar 8.000/buah. Sekalian isi perut makan siang dengan perbekalan yang kami bawa dari rumah.  Pukul 16.30 kami baru sampai ke Farm House, daan.. rame sekale pemirsah. Tempat parkir dalam sudah penuh sehingga terpaksa kami parkir di luar (banyak yang menyediakan lahan parkir), dengan biaya 25.000/ mobil.

Sampai di dalam, membeli tiket seharga 15.000/ orang. Tiket dapat ditukar segelas susu segar, atau sepaket susu kemasan kecil (isi 3 botol).

Apa saja yang ada di dalam Farm House?

Ada rumah Hobbit, dimana di dalamnya menjual aneka gift dan handicraft.

Di dekat rumah Hobbit tersebut ada Taman dengan gerbang love.

Arena yang menjadi favorit Khansa yaitu Petting Zoo. Di tempat tersebut kita bisa memberi makan hewan dengan membeli terlebih dahulu wortel (untuk memberi makan domba) dan sebotol susu (untuk memberi minum anak sapi). Dombanya maasya Allah gemuk, putih, dan bersih..serta nggragas-nggragas haha.. Ngga bisa lihat wortel diacungkan di depan mereka, langsung deh diserbu. Sesudah memberi makan domba kemudian memberi minum susu dalam dot untuk anak-anak sapi. Anak-anak sapi itu juga bersih-bersih serta lahap juga menghabiskan susunya. Selain itu ada juga kandang kelinci dan burung. Kids love it!

Selain itu juga terdapat beberapa bangunan dengan arsitektur menarik yang menjual berbagai makanan atau pernak-pernik, serta beberapa caravan tempat menjual berbagai merchandise.

Di bagian atas ada tempat makan terbuka dengan dihiasi taman-taman bunga.

Di sana pengunjung juga bisa menyewa pakaian ala Holland (saya tidak tahu berapa harga sewanya) dan dipakai berkeliling Farm House.

Setelah capek berkeliling area Farm House, ba’da Maghrib kami pun meninggalkan Lembang menuju kota Bandung. Mampir makan sebentar di RM Ampera kemudian langsung cuss ke penginapan Pele Backpacker House di daerah Cihampelas yang sudah kami pesan sebelumnya via Traveloka.

Keesokan harinya, perjalanan dilanjutkan dengan keliling Bandung. Kami ke Kartika Sari lebih dahulu untuk membeli bolen dan oleh-oleh, kemudian lanjut ke lapangan Masjid Raya Kota Bandung. Ceritanya adik ipar ingin mendatangi landmark kota Bandung yang satu ini, dan merasakan serunya main di rumput sintetis yang ijo royo-royo di lapangan Masjid. Khansa seperti biasa, menyalurkan energi dengan berlari-lari di lapangan.

Perjalanan dilanjutkan ke Rumah Mode. Sementara adik ipar dan ibu berkeliling, saya, suami, dan Khansa “bertapa” di playground Rumah Mode. Khansa puas main-main di sana selama kurang lebih satu jam. Tiket masuk 35.000/anak, pengantar diperbolehkan masuk.

Beranjak dari Rumah Mode, kami lanjutkan perjalanan untuk pulang ke Bogor. Tadinya sempat ada rencana untuk naik lagi ke Lembang dan mampir ke Dusun Bambu, tapi melihat kemacetan arah Lembang akhirnya rencana itu secara bulat dibatalkan hehe..

Alhamdulillah perjalanan pulang lancar dan selamat sampai di rumah. Mudah-mudahan lain waktu ada rizki bisa kembali menjelajah Bandung dan sekitarnya (bapakne Khansa sing mumet hihi..)

#preinan

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s