Ghibah Berjama’ah

“Diet yang paling susah yaitu diet makan daging saudaranya sendiri”

Suatu kalimat yang saya baca di wall FB seseorang. Kalimat sarkas tapi ada benarnya, terlebih di era saat ini dimana berjamur akun-akun ghibah yang notabene banyak followernya .

Cerita pengalaman pribadi, ketika melewati beranda FB seringkali saya temui status ataupun artikel berita yang membicarakan keburukan orang lain dan sesudah itu bermunculan pada kolom komentar olokan-olokan serta hinaan yang tidak sepatutnya pada orang yang diposting tersebut.

Saya belum paham dimana sisi menyenangkannya ketika kita membicarakan hal yang buruk tentang orang lain dan mengoloknya beramai-ramai.  Siapa sih kita kok teganya menghakimi massal? Padahal kita pun belum tentu lebih baik dari dia. Terlebih jika yang dikomentari adalah urusan pribadinya. Haduh, opo dewe ki turah-turah lambe dan turah-turah wektu sehingga sempat-sempatnya mencari-cari aib orang lain dan menyebarluaskannya.

Sepertinya sekarang ini media sosial kita sedang gandrung dengan ghibah berjama’ah. Terlebih dengan munculnya akun-akun medsos yang sarat dengan ghibah seperti yang saya sebutkan di awal. Saya pun pernah penasaran dengan akun yang ramai dibicarakan tersebut tapi tak lama saya unfollow karena ngga kuat dengan isi beritanya. Kebanyakan isine mung ngrasani, ya Allah tiba-tiba pening pala bebi. Pun waktu saya bisa habis dengan hal yang sia-sia apabila terus-terusan membacanya.

Kalau ada yang berkilah, “Tapi kan isi beritanya benar”. Hellow.. ghibah itu ya memang kemungkinan benar apa yang diberitakan, kalau tidak benar namanya fitnah.

Mari kita lihat definisi ghibah dari penjelasan Rasulullah -sholallahu ‘alaihi wasallam-

Al Imam Muslim meriwayatkan dalam kitab Shahihnya dari shahabat Abu Hurairah -radhiallahu anhu-, sesungguhnya Rasulullah -sholallahu ‘alaihi wasallam- bersabda: “Apakah kalian mengetahui apa itu ghibah? Para shahabat berkata: “Allah dan Rasul-Nya yang lebih tahu.” Kemudian beliau bersabda:

ذِكْرُكَ أَخَاكَ بِمَا يَكْرَهُ ، إِنْ كَانَ فِيْهِ مَا تَقُوْلُ فَقَدِ اغْتَبْتَهُ وَإِنْ لَمْ يَكُنْ فِيْهِ مَا تَقُوْلُ فَقَدْ بَهَتَّهُ

Engkau menyebutkan sesuatu yang ada pada saudaramu yang dia membencinya, jika yang engkau sebutkan tadi benar-benar ada pada saudaramu sungguh engkau telah berbuat ghibah, sedangkan jika itu tidak benar maka engkau telah membuat kedustaan atasnya.”

Jadi misalnya nih kita pasang status di medsos :

“Oh, ternyata si A (menyebut nama) palakor (perebut laki orang)”, kemudian berduyun-duyun orang berkomentar “ulekin sambal aja”, “dasar otaknya di dengkul” , dan komentar nyinyir lainnya.. maka berhati-hatilah kita sudah terjebak ke dalam forum ghibah berjama’ah.

Padahal sudah ditetapkan oleh Allah larangan ghibah dalam firmannya..

Dan janganlah sebagian kalian mengghibahi sebagian yang lain. Sukakah salah seorang dari kalian memakan daging bangkai saudaranya yang telah mati, pasti kalian membencinya. Maka bertaqwalah kalian kepada Allah, sungguh Allah Maha Menerima taubat dan Maha Pengasih”. [Al Hujurat :12]

Yuk mari, dimulai dari diri sendiri, stop membicarakan keburukan orang lain yang tidak ada manfaatnya. Kembali ke urusan masing-masing, sibukkan dengan kegiatan positif dan amal ibadah untuk bekal akhirat kelak, dimana kehidupan akan berlangsung selama-lamanya disana.

Tutuplah aib saudara kita, tahan lisan dan tangan untuk membicarakan keburukannya. Ingatlah bahwa kita pun masih tampak baik dimata orang lain karena Allah yang menutup aib kita.

Tidak akan menjadi mulia diri kita dengan menjatuhkan harga diri dan nama baik orang lain.

Bukankah Rasulullah pun telah bersabda, “Berkata yang baik atau diam”.

#menulis sebagai pengingat diri sendiri#

Advertisements

2 Comments

  1. Aku pribadi punya kecanduan jg akan browsing berita gosip. Meski bukan baca di IG atau forum. Dan aku berusaha bgt memberantas kecanduan tsb krn aku merasa bahwa tiap abis baca berita gosip, kok lgsg ada sesuatu yg gak mengenakkan terjadi padaku. Sepertinya memang teguran Alloh begitu lekas datangnya. Meski begitu, yg namanya kecanduan, sesekali muncul lg. Tp aku berharap abis ini sembuh deh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s